Korelasi Prososial Dan Religiusitas Dengan Perilaku Remaja Dalam Gerakan Menghafal “100 Hadits Populer Untuk Hafalan” Pada Pondok Pesantren Syiar Islam

  • Arifah Yahya Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Hardianto Rahman Universitas Negeri Makassar
  • Burhanuddin Burhanuddin Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Rahmatullah Rahmatullah Universitas Islam Ahmad Dahlan
Keywords: Prososial, Religiusitas, Perilaku Remaja

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah ada korelasi prososial dengan perilaku remaja dalam gerakan menghafal “100 Hadits Populer untuk Hafalan” pada Pondok Pesantren Syiar Islam, 2) mengetahui apakah ada korelasi religiusitas dengan perilaku remaja dalam gerakan menghafal “100 Hadits Populer untuk Hafalan” pada Pondok Pesantren Syiar Islam, dan 3) mengetahui apakah ada korelasi prososial dan religiusitas dengan perilaku remaja dalam gerakan menghafal “100 Hadits Populer untuk Hafalan” pada Pondok Pesantren Syiar Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua remaja Pondok Pesantren Syiar Islam yang berjumlah 140 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 110. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada korelasi prososial dengan perilaku remaja dalam gerakan menghafal “100 Hadits Populer untuk Hafalan” pada Pondok Pesantren Syiar Islam, dengan kriteria hubungan adalah lemah dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0, 369 > 0,186 dan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti H1 diterima H0 ditolak, 2) ada korelasi religiusitas dengan perilaku remaja dalam gerakan menghafal “100 Hadits Populer untuk Hafalan” pada Pondok Pesantren Syiar Islam, dengan kriteria hubungan adalah sangat kuat dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0, 958 > 0,186 dengan signifikansi 0,000 < 0,05  yang berarti H1 diterima H0 ditolak, dan 3) ada korelasi prososial dan religiusitas dengan perilaku remaja dalam gerakan menghafal “100 Hadits Populer untuk Hafalan” pada Pondok Pesantren Syiar Islam, dengan kriteria hubungan adalah sangat kuat dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,958 > 0,186 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti H1 diterima H0 ditolak.

References

Ali Moh, dan Asrori Moh, Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2006.
Alwi, S. Perkembangan Religiusitas Remaja. Jakarta: Erlangga. 2014.
Ancok, D & Suroso, F. Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.
Andisti, M. A., & Ritandiyono. Religiusitas dan Perilaku Seksual Pada Dewasa Awal. Jurnal Psikologi Universitas Gunadarna. 1, 2, 2008.
Aridhona, Julia, Hubungan Perilaku Prososial dan Religiusitas dengan Moral pada Remaja, Jurnal Konselor, 7, 1, 21-25, 2018.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.
Baron, R.A & Byrne, D. Psikologi sosial. Edisi: 10. (Terjemahan Djuwita). Jakarta: Erlangga. 2005.
Bierhoff, Hans W. Prosocial Behaviour. New York: Taylor & Francis. Inc. 2002.
Crain, William. Teori Perkembangan. (Penerjemah: Yudi Santoso). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2007.
Dahriani. Perilaku Prososial terhadap Pengguna Jalan Raya. Jurnal Psikologi, 2, 65-67. 2007.
Daradjat, Z. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang. 2014.
Dayakisni, Tri & Hudaniah. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press. 2009.
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2012.
Faturochman. Pengantar Psikologi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Book Publishing. 2006.
Fetchenhauer,Detlef., Flache, Andreas., Buunk, Bram.,Lindenberg, Siegwart (Eds). Solidarity and Pro-social Behavior: An Integration of Sociological and Psychological Perspectives. USA; Springer Science Business Media, Inc. 2006.
Gerungan, W.A. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama. 2004.
Gunarsa, Singgih D. Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta. 2004.
Gusti, A. Y., & Margaretha, P. M. Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan. Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi. 9, 3, 56-78. 2010.
Hair, Joseph F., et.al. 2010. Multivariate Data Analysis, 7th Edition. New York: Prentice Hall International, Inc.
Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang. Kehidupan. Jakarta: Erlangga. 2011.
Jalaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: PT.Grafindo Persada. 2005.
Kartono, K. & Gulo. Kamus Psikologi. Bandung: PT. Eresco. 2003.
Kassin, S., Fein, S., & Markus, H. R. Social Psychology, Eight Edition. Belmont: Wadsworth Cengage Learning. 2011.
Matsumoto, David. Psikologi Pengantar Lintas Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2008.
Muryadi, & Matulessy, A. Religiusitas Kecerdasan Emosi dan Perilaku Prososial Guru. Jurnal Psikologi, 7, 544-561, 2012.
Muzakkir. Hubungan Religiusitas dengan Perilaku Prososial Mahasiswa Angkatan 2009/2010 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Diskursus Islam, 1, 3, 2013.
Myers, G. D. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika. 2012.
Narendra, M.B., dkk. Tumbuh Kemabang Anak dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto. 2010.
Nasikhah, D dan Prihastuti. Hubungan antara Tingkat Religiusitas dengan Perilaku Kenakalan Remaja pada Masa Remaja Awal. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2, 2, 69-72, 2013.
Notoatmodjo, Soekidjo. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.
Noya, Andris. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Perilaku Prososial Siswa di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2, 1, 28-34, 2019.
Rahman, A. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rajawali Grafindo Persada. 2014.
Riyanto, Yatim. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC. 2011.
Sanderson, Stephan K. Makrosiologi. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.
Santrock, J.W. Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga. 2003.
Sarwono, S. W. Psikologi sosial: Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Jakarta: Balai Pustaka. 2005.
Setiadi, E. M. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group. 2006.
Published
2023-10-09
How to Cite
Yahya, A., Rahman, H., Burhanuddin, B., & Rahmatullah, R. (2023). Korelasi Prososial Dan Religiusitas Dengan Perilaku Remaja Dalam Gerakan Menghafal “100 Hadits Populer Untuk Hafalan” Pada Pondok Pesantren Syiar Islam. Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam, 4(1), 19-32. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v4i1.2229

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>