PKM Pelatihan Penyusunan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bagi Guru Sekolah Dasar Di SDN 3 Mimika
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para guru di SDN 3 Mimika tentang penyusunan proyek profil pelajar Pancasila. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila sangatlah penting. Namun, seringkali guru di sekolah dasar mengalami kesulitan dalam menyusun proyek profil pelajar yang mencakup nilai-nilai Pancasila secara komprehensif. Melalui pengabdian ini, para guru dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam merancang proyek profil pelajar yang sesuai dengan prinsip-prinsip Pancasila. Metode pelatihan yang digunakan meliputi penyampaian teori, studi kasus, diskusi kelompok, dan simulasi. Sebanyak 25 guru menjadi peserta pelatihan dan satu pengajar. Hasil dari pengabdian ini adalah peningkatan pemahaman guru tentang nilai-nilai Pancasila serta kemampuan mereka dalam mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam proyek profil pelajar. Dengan demikian, terjadi peningkatan kualitas pendidikan karakter. Evaluasi dilakukan melalui observasi langsung terhadap implementasi proyek profil pelajar yang disusun oleh para guru setelah mengikuti pelatihan. Pengabdian masyarakat ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam memperkuat pendidikan karakter di sekolah dasar, serta meningkatkan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Pancasila di kalangan siswa
References
Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 3(2), 84–94. https://doi.org/10.47400/jiees.v3i2.47
Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru dalam Menumbuhkankembangkan kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(2), 105–118. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1719
Rifqi Hamzah, M. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04).
Rizal, A., Nur Arsyad, S., & Irwandi, A. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SDN Kalukuan IV Kota Makassar. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 6(2), 355–363. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i2.6519
Santoso, G., Damayanti, A., Murod, mun, Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(1), 84–90.
Trisnawati, W., Putra, R. E., & Balti, L. (2022). Tinjauan Aksiologi pada Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 286–294.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. REFEREN, 1(2), 189–203. https://doi.org/10.22236/referen.v1i2.10504
Copyright (c) 2024 Faidah Yusuf, Hardianto Rahman; Afdhal Fatawuri Syamsuddin, Muhammad Irfan; Sayidiman Sayidiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.