Pendampingan BTA (Baca Tulis Al Qur’an) Dan Pembagian Mufrodat (Kosa Kata Bahasa Arab Pada Santri TK/TPA Di Desa Ancu

  • R Nurhayati Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Wardania Urba Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Suriyati Suriyati Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Diarti Andra Ningsih Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Al Amin Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Agus Suwito Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Sartina Sartina Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Burhanuddin Burhanuddin Universitas Islam Ahmad Dahlan
Keywords: Pendampingan, BTA (baca tulis Al Qur’an, mufrodat (kosa kata) Bahasa Arab.

Abstract

BTA (baca tulis Al qur’an) adalah melafalkan dan menulis ayat-ayat Al qur’an dengan mengetahui aturan-aturan yang sudah ditetapkan seperti, makhorijul huruf, panjang pendek, kaidah tajwid dan ghorib sehingga tak terjadi perubahan makna. Melalui pendampingan Bahasa Arab yang dikemas dalam bentuk pelajaran yang kreatif dan inovatife, diharapkan mampu mengurangi bahkan menghapus opini negatif di tengah masyarakat tentang Bahasa Arab itu sendiri. TKA/TPA Al-Mujahidin di Desa Ancu, Kecamatan Kajuara, sebagai lembaga pendidikan agama Islam menjadi salah satu objek untuk melakukan pendampingan  Bta dan Bahasa Arab sejak dini. Hal tersebut dilakukan agar anak-anak dapat mengenal dan mengetahui bahwa mmembaca dan menulis Al qur’an serta mempelajari Bahasa Arab tidak sesulit yang dipikirkan oleh kebanyakan orang. Hasil menunjukkan bahwa pendampingan Bahasa Arab melalui game edukatif meningkatkan ketertarikan santri untuk mempelajari bahasa Arab.

References

Arafah Julianto, T. (2020). Metode Menghafal dan Memahami al-Qur’an bagi anak usia dini melalui Gerakan Isyarat ACQ. IQRO: Journal of Islamic Education Juli, 3(1), 2622–3201. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro
Fadjryana Fitroh, S., Jannah, R., Wulani Fajar, Y., Faridatun Nisa, T., & Busyro Karim, M. (2018). Penggunaan Metode Iqro’ untuk Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(1), 16–26.
Fawzani, N., & Nurjannah, N. (2022). Pengenalan dan Pembinaan Bahasa Arab melalui Game Edukatif di TKA/TPA. Mangente: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 160–166. https://mail.iainambon.ac.id/ojs/ojs-2/index.php/PN/article/view/2676
Jamil, H., & Sardiyanah, S. (2020). Eksistensi Metode Qawaid Tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Revolusi 4.0. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.289
Juhaeni, Safaruddin, R Nurhayati, & Aulia Nur Tanzila. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 34–43. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.11
Khasanah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia). An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 39–54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16
Mahlani, M. (2017). Analisis Kemampuan Pengucapan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa. Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/2397
Musfira, M., Hasmiati, H., Muhlis, M., Amir, R. M., Wahidayanti, W., & Mytra, P. (2022). PENDAMPINGAN KARAKTER REMAJA MELALUI BUDAYA LITERASI SEKOLAH. INKAMKU: Journal of Community Service, 1(1), 22-27.
Ramadhan, M. R. (2019). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 56–63.
Takdir, T. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 40–58. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290
Published
2023-05-30
How to Cite
Nurhayati, R., Urba, W., Suriyati, S., Ningsih, D. A., Amin, A., Suwito, A., Sartina, S., & Burhanuddin, B. (2023). Pendampingan BTA (Baca Tulis Al Qur’an) Dan Pembagian Mufrodat (Kosa Kata Bahasa Arab Pada Santri TK/TPA Di Desa Ancu. Jurnal Panrita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 6-12. https://doi.org/10.47435/jcs.v1i2.1696

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>