Pendampingan BTA (Baca Tulis Al Qur’an) Dan Pembagian Mufrodat (Kosa Kata Bahasa Arab Pada Santri TK/TPA Di Desa Ancu
Abstract
BTA (baca tulis Al qur’an) adalah melafalkan dan menulis ayat-ayat Al qur’an dengan mengetahui aturan-aturan yang sudah ditetapkan seperti, makhorijul huruf, panjang pendek, kaidah tajwid dan ghorib sehingga tak terjadi perubahan makna. Melalui pendampingan Bahasa Arab yang dikemas dalam bentuk pelajaran yang kreatif dan inovatife, diharapkan mampu mengurangi bahkan menghapus opini negatif di tengah masyarakat tentang Bahasa Arab itu sendiri. TKA/TPA Al-Mujahidin di Desa Ancu, Kecamatan Kajuara, sebagai lembaga pendidikan agama Islam menjadi salah satu objek untuk melakukan pendampingan Bta dan Bahasa Arab sejak dini. Hal tersebut dilakukan agar anak-anak dapat mengenal dan mengetahui bahwa mmembaca dan menulis Al qur’an serta mempelajari Bahasa Arab tidak sesulit yang dipikirkan oleh kebanyakan orang. Hasil menunjukkan bahwa pendampingan Bahasa Arab melalui game edukatif meningkatkan ketertarikan santri untuk mempelajari bahasa Arab.
References
Fadjryana Fitroh, S., Jannah, R., Wulani Fajar, Y., Faridatun Nisa, T., & Busyro Karim, M. (2018). Penggunaan Metode Iqro’ untuk Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(1), 16–26.
Fawzani, N., & Nurjannah, N. (2022). Pengenalan dan Pembinaan Bahasa Arab melalui Game Edukatif di TKA/TPA. Mangente: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 160–166. https://mail.iainambon.ac.id/ojs/ojs-2/index.php/PN/article/view/2676
Jamil, H., & Sardiyanah, S. (2020). Eksistensi Metode Qawaid Tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Revolusi 4.0. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.289
Juhaeni, Safaruddin, R Nurhayati, & Aulia Nur Tanzila. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 34–43. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.11
Khasanah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia). An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 39–54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16
Mahlani, M. (2017). Analisis Kemampuan Pengucapan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa. Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/2397
Musfira, M., Hasmiati, H., Muhlis, M., Amir, R. M., Wahidayanti, W., & Mytra, P. (2022). PENDAMPINGAN KARAKTER REMAJA MELALUI BUDAYA LITERASI SEKOLAH. INKAMKU: Journal of Community Service, 1(1), 22-27.
Ramadhan, M. R. (2019). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 56–63.
Takdir, T. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 40–58. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290
Copyright (c) 2023 R Nurhayati, Wardania Urba, Suriyati Suriyati, Diarti Andra Ningsih, Al Amin, Agus Suwito, Sartina Sartina, Burhanuddin Burhanuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.