The Effectiveness of Using the Wordwall Application in the Indonesian Language Course

The Effectiveness of Using the Wordwall Application in the Indonesian Language Course

  • Laeli Qadrianti IAI Muhammadiyah Sinjai
  • Nurul Islamiah Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Muhammad Kadir Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Nurhasanah Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Hasmiati Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Nur Adriani Auliyah Universitas Islam Ahmad Dahlan
Keywords: Aplikasi Wordwall, Bahasa Indonesia

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia pada perguruan tinggi memiliki posisi yang strategis dalam melakukan tramisi pengetahuan, trasformasi sikap dan juga perilaku mahasiswa melalui pembelajaran. Upaya meningkatkan mutu lulusan dan pembentukan karakter bangsa perlu dilakukan perbaikan materi yang dinamis untuk mengikuti perkembangan dan materi pembelajaran harus dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Oleh karena itu, pembelajaran perlu ditunjang dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk digunakan, dalam hal ini penggunaan aplikasi wordwall. Adapun tujuan penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia menggunakan aplikasi wordwall Program Studi PGMI Semester II dan 2) mengukur efektivitas penggunaan aplikasi wordwall dalam mata kuliah bahasa Indonesia Program Studi PGMI Semester II.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (pre-experimental) dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Adapun sampel dalam penelitian ini yakni mahasiswa semester II kelas A yang berjumlah 18 orang.  Instrumen yang digunakan yakni instrumen observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi wordwall efektif digunakan pada mata kuliah bahasa Indonesia Program Studi PGMI semester II dengan mengacu pada taraf signifikansi α = 0,05 artinya p < α = 0,000 < 0,05 maka iH1iditerima dan iH0 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 161–174. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133

Apreasta, L., Amril, U., & Dwi, Y. (2019). Pengembangan E-Lkpd Berbantu Situs Word Wall Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 8 Subtema 2 Di Kelas Iii Sdn 146/Viii Rejosari Kabupaten Tebo. 253 | Jurnal CONSILIUM (Education and Counseling Journal) CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling, 253–261.

Hanum, O. F., Harahap, N. J., Hsb, E. R., & Hasibuan, M. N. S. (2023). Pentingnya Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Di Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 5(1), 65. https://doi.org/10.51933/jpma.v5i1.994

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162

Rahmah, R., Alimin, & Muthmainnah, A. (2023). Implementasi Games Wordwall (Wordsearch) dalam Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(20), 473–478.

Rahmayanti, I., & Abidin, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Wordwall Sebagai Mediai Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Siswa kelas X di MAN Kota Batu. Sustainable, 6(2), 349–358.

Saelan Malewa, E., & Al Amin, M. (2023). Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Zakat Di UPTD SD Negeri 65 Barru. Jurnal Educandum, 9(1), 22–30.

Sugiyono. (2017). Metedeologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Utami, F., Sheftyawan, W. B., Pratama, A. Y., & Supriadi, B. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 61. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i2.38890

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68–83. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20375

Widayanti, L., Kala’lembang, A., Adhariyanty Rahayu, W., Yulia Riska, S., & Arya Sapoetra, Y. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 91–102. https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813

Published
2025-05-01
How to Cite
Laeli Qadrianti, Islamiah, N., Kadir, M., Nurhasanah, Hasmiati, & Auliyah, N. A. (2025). The Effectiveness of Using the Wordwall Application in the Indonesian Language Course. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1), 117-124. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3366

Most read articles by the same author(s)