Pendampingan Pengembangan Keterampilan Bertanya Siswa
Abstract
Keterampilan bertanya sangatlah penting karena dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman baru bagi siswa. Keterampilan bertanya perlu dimiliki oleh seorang guru dan juga siswa karena dapat mengaktifkan pembelajaran. Dalam hal ini, dilakukan sebuah pengabdian pengembangan keterampilan bertanya siswa pada kelas yang di laksanakan di MTS Muhammadiyah Balangnipa kelas VIII. Tujuan yang mendasari dari kegiatan pengabdian ini diharapkan peserta didik di MTS Muhammadiyah Balangnipa mampu bertanya dengan baik dalam kelas, mampu mengutarakan hasil pemikiran dan dapat meningkatkan rasa percaya diri sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Indikator dalam keterampilan bertanya adalah adanya sebuah perancangan atau strategi untuk menarik perhatian dan memberikan jawaban atau pertanyaan umpan balik yang dilakukan oleh guru ke siswa, maupun sebaliknya. Di dalam pengabdian ini ada beberapa metode yang digunakan seperti perencanaan yaitu mengkomunikasikan kepada pihak sekolah tentang pengabdian yang akan dilaksanakan, pelaksanaan yaitu suatu proses dimana penulis melaksanakan kegiatannya, pengamatan yaitu suatu proses mengamati atau mengobservasi dan refleksi yaitu menguji kembali pemahaman siswa sampai mana siswa itu paham dengan materi pelajaran yang sudah diberikan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini, serta berani memberikan jawaban dengan hasil pemikirannya sendiri dan dapat berpendapat secara bebas.
Downloads
References
Ardiana, Nurazmi, & Ariana. (2021). PELATIHAN PENGEMBANGAN DIGITAL ASSESSMENT BAGI GURU-GURU DI MTs MUHAMMADIYAH MANDALLE KECAMATAN BAJENG BARAT KABUPATEN GOWA. Jurnal Pendidikan Kepada Mayarakat Membangun Negeri, 5(2), 183–192.
Aslan, & Wahyudin. (2020). Kurikulum dalam Tantangan perubahan. Bookie Indonesia.
Damanik, R., Sagala, R. W., & Rezeki, T. I. (2021). KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU. UMSU PRESS.
Irawati, H. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UAD. 9(1), 33–39. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41378
Iskandar, J., Engkus, Sakti, F. T., Azzahra, N., & Nabila, N. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA ( BUMDes ) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(2), 1–11.
Jamaluddin, & Hajar, A. (2022). Keterampilan Mengajar (1st ed.). Penerbit PT. Pena Persada Kertas Utama Redaksi.
Juhaeni, Safaruddin, Nurhayati, R., & Tanzila, A. N. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. JIEES: Journal Of Islamic Education At Elementary School, 1(1), 38–46.
Kasmawati, Suriyati, Ningsih, D. A., & Nurhayati, R. (2022). Penerapan Metode Active Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 14(1), 14–22.
Lisnawati, I., & Rohita. (2020). Keterampilan Mengajar Pada Guru Taman Kanak-Kanak: Tinjauan Pada Keterampilan Menjelaskan. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 1(1), 55–70.
Mursyid, E. M., Sarengat, & Muncarno. (2019). Hubungan Keterampilan Menjelaskan dan Keterampilan Bertanya dengan Hasil Belajar Tematik Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar 6.20, 6(20), 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/18061/12881
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.
Nurhayati, R., Musdiana, Jamaluddin, & Ahmad, N. I. (2021). PENGARUH KEPRIBADIAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA. 13(1), 7–15.
Oviana, W., & Raseuki, D. (2020). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH. 441–456.
RI, D. A. (2015). Al-Qur’an Terjemahan. CV Darus Sunnah.
Sudarman, & Ellyawati, N. (2021). Microteaching Dasar Komunikasi & Keterampilan Mengajar. Wineka Media.
Suriyati. (2019). GURU SEBAGAI JABATAN KARIR DAN PROFESIONAL. AL-Qalam Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 11(2), 52–62.
Syaripuddin. (2019). Sukses Mengajar Di Abad 21 (Keterampilan Dasar Mengajar dan Pendekatan Pembelajaran K13) (Fungky (ed.); 1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.
Wibowo. (2016). MANAJEMEN KINERJA. Rajawali Pers.
Yumriani, Maemunah, Samsuriadi, Tapa, M. A., & Burbakir. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Jounal of Islamic Elementary School, 5(1), 119–130.
Copyright (c) 2023 R Nurhayati Nuri, Nurul Hikma Dana, Nur Oktavianty, Muhammad Kadir, Diarti Andra Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.