Manajemen Kurikulum Pendidikan Dasar di Era Digital

Curriculum Management of Primary Education in the Digital Era

  • R Nurhayati iaim Sinjai https://orcid.org/0000-0002-6372-4968
  • Nadia Ulfa Sir Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Afdal Arifin Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Diarti Andra Ningsih Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Syarifuddin Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Indirwan Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Agus Suwito Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Nurul Annisa Sudarsifa Universitas Islam Ahmad Dahlan
Keywords: Pendidikan Dasar, Era Digital, Manajemen Pendidikan

Abstract

Artikel ini mengkaji manajemen kurikulum pendidikan dasar di era digital dengan fokus mengintegrasikan teknologi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan data dari berbagai sumber untuk menunjukkan bahwa manajemen kurikulum yang baik penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang adaptif. Pemanfaatan teknologi digital seperti pembelajaran daring dan media digital meningkatkan interaksi dan partisipasi siswa. Pelatihan guru mengenai penggunaan teknologi dan perhatian terhadap keamanan informasi juga penting. Teknologi yang terintegrasi memperkaya materi pembelajaran dan membentuk pola berpikir kreatif dan inovatif pada siswa. Singkatnya, pengelolaan kurikulum pendidikan dasar di era digital memerlukan pendekatan inklusif untuk mendukung pengembangan siswa dan memenuhi tuntutan industri yang terus berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

R Nurhayati, iaim Sinjai

DosenTetap Prodi PAI IAIM Sinjai

References

Adawiyah, R. (2022). Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis (Moh.Nasrudin (ed.)). PT. Nasya Expanding Management.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 975. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ahmad, A., & Nurhidaya. (2020). Media Sosial dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial. Avant Garde : Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 137. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1158

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184.

Amini, R. (2020). Schoology IPA. Penerbit Deepublish.

Andriani, K. M., Maemonah, & Wiranata, R. R. S. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik B. F. Skinner dalam Pembelajaran : Studi Analisis Terhadap Artikel Jurnal Terindeks Sinta Tahun 2014 - 2020. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 5(1), 81–82. https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.263

Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, R., Mertayasa, I. G. A., & Nugraha, A. R. (2024). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran di Era Society 5.0: Sebuah Literatur Review. Edunomika, 5(02), 1–10.

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peran Teknologi dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar di dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 4.

Hikmawati, N., Sufiyanto, M. I., & Jamilah. (2023). Konsep dan Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Manajemen Kurikulum SD/MI. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 6.

John W. Santrock. (2009). EDUCATIONAL PSYCHOLOGY.

John W. Santrock. (2020). PSIKOLOGI PENDIDIKAN (EDUCATIONAL PSYCHOLOGY). Salemba Humanika.

Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 Di Era Ggenerasi Z: Tantangan Dan Solusinya. Pros.Semnas KPK, 2(1), 13.

Mahrus, & Itqon, Z. (2020). Implikasi Teori Humanistik dan Kecerdasan Ganda dalam Desain Pembelajaran PAI. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 78–85.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–50.

Muzaki, F. I. (2021). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Berbasis Artificial Intelegence di Desa Digital. Universitas Negeri Malang.

Nurhayati, Y., Ulpah, G., Muhtadin, Huda, M., & Mabruri, K. A. K. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai (Studi Kasus di Kelas 5 SD Darul Hikam Bandung). GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 2(1), 105.

Perdana, R. P. (2023). Buku Ajar Pengantar Ilmu Pendidikan (N. Duniawati (ed.)). Penerbit Adab.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3090.

Pustikayasa, I. M., Permana, I., Kadir, F., & Zebua, R. S. Y. (2023). Transformasi Pendidikan: Panduan Praktis Teknologi Di ruang Belajar (Sepriano & Efitra (eds.)). PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Sanam, Veronika, R., Prassetiawan, S., & Iman, A. (2022). Vocational Education National Seminar ( VENS ). Vocational Education National Seminar ( VENS ), 1(1), 1.

Sihaloho, W., Pratiwi, R. U., Sari, I. P., Aini, I. Q., Yunita, Z., & Winanda, T. (2023). Perkembangan Konsep Pendidikan dan Klasifikasi Pendidikan. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 756. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4169

Sugiarti, Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). Desain Penelitian Kualitatif Sastra. In Вестник Росздравнадзора (Vol. 4, Issue 1). Universitas Muhammadiyah Malang.

Suriyati, S., Nurhayati, R., Judrah, M., & Suwito, A. (2021). Madrasah Dan Pertumbuhan Ilmu-Ilmu Islam. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(1), 169. https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.21114

Suryani, A. I. (2024). Inovasi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Dasar (A. Sofatunisa (ed.)). CV. Mega Press Nusantara.

Urva, M., Nurhayani, Nurhayati, R., & Nur, M. J. (2024). Pendampingan Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) di SMPN 11 Sinjai. MOSAIC: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18.

Uswatiyah, W., Argaeni, N., Masrurah, M., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Implikasi Kebijakan Kampus Merdeka Belajar terhadap Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Pendidikan Menengah Serta Pendidikan Tinggi. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 28. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i1.299

Wardani, I. R. W., Putri Zuani, M. I., & Kholis, N. (2023). Teori Belajar Perkembangan Kognitiv Lev Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 339–340. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.92

Wibowo, S. H., Wahyuddin, S., Permana, A. A., Sembiring, S., & ... (2023). Teknologi Digital Di Era Modern (D. P. Sari (ed.)). PT Global Eksekutif Teknologi.

Zetha, A. N., Triwoelandari, R., & Asmahasanah, S. (2018). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Nida Suksa Thailand Selatan. Annual Conferences on Madrasah Studies, 1(1), 130.

Published
2025-05-01
How to Cite
R Nurhayati, Ulfa Sir, N., Arifin, A., Ningsih, D. A., Syarifuddin, Indirwan, Suwito, A., & Sudarsifa, N. A. (2025). Manajemen Kurikulum Pendidikan Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1), 108-116. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3273

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>