PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL UNTUK PENGEBANGAN UMKM DI DESA LAMATTI RIATTANG KEC.BULUPODDO
Pemanfaatan Media Digital Untuk Pengebangan UMKM di Desa Lamatti Riattang Kec. Bulupoddo
Abstract
Perkembangan teknologi telah mengubah cara dalam berbisnis. Hal tersebut menjadi peluang bagi pengusaha untuk memanfaatkannya sebagai potensi penjualan, di mana masyarakat dapat melakukannkegiatannsepertiiberjualan di dalammmaupunndi luar rumah. Penjualan melalui pemasaran digital dapat meningkatkan jangkauan pemasaran dan memenangkan pelanggan baru dalam skala yang lebih besar. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum memahami cara memasarkan produk melalui digital, salah satunya adalah pengusaha-pengusaha di Desa Lamatti Riattang. Sehingga tujuan PkM ini adalah untuk melakukan pelatihan dan pendampingan pemasaran produk berbasis digital di Desa Lamatti Riattang, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai. Metode pengabdian yang digunakan adalah Asset Based Comunitiy Development (ABCD) yang berfokus pada pengembangan potensi masyarakat yang ada dalam masyarakat. Peserta kegiatan meliputi pengusaha-pengusaha Desa Lamatti Riattang. Hasil kegiatan memberikan dampak positif pada penguatan ekonomi masyarakat khusunya dalam pemasaran produk. Peserta mampu memanfaatkan media sosial secara lebih produktif dibanding sebelumnya. Peserta memahami pentingnya pemasaran online, mereka juga sudah mengetahui langkah-langkah menggunakan marketplace dan sudah dapat mendirikan toko online sendiri. Penggunaan digital dalam pemasaran produk memperluas pangsa pasar mereka, hal tersebut dilihat dari beberapa peserta yang telah menerima orderan produk melalui toko online yang dibuatnya.
References
Achmad, Z. A. (2020). pemanfaatan media sosial dalam pemasaran produk UMKM dikelurhan Sidokumpul, kabupaten gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10, 1.
Arum Wahyuni Purbohastuti. (2017). efektifitas media sosial sebagai media promosi. Junal Tritayasa EKONOMIKA, 2, 12.
Hapsari, M. T., & Santoso, B. R. (2021). Pengolahan Makanan Berbasis Potensi Desa sebagai Sumber Ekonomi Kreatif Masyarakat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 17–24. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4364
Hartanti, & Oktiyani, R. (2020). Pengembangan Strategi Pemasaran Ayam Barokah Melalui Digital Marketing. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 183–190. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8791
Husein Umar. (2005). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Granedia Pustaka utama.
jasri. (2022). penerapan digital marketing dalam upayah peningkatan pedapatan usaha mikro kecil dan menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6, 212.
Kusuma, V. A. M., Sahabuddin, Z. A., & Hutasoit, P. S. J. K. (2022). Strategi digital marketing pada usaha mikro dan menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19 melalui pendekatan pemberdayaan ekonomi rakyat. Jurnal Cafetaria, 3(1), 24–35. https://doi.org/https://doi.org/10.51742/akuntansi.v3i1.492
Noerrachman, R., Berry, Y., & Hastuti, I. P. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN EKONOMI KELUARGA. An-Nizam, 1(2), 29–37. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v1i2.3575
R, Nurhayati., inar, febriyanti w., D, I. (2022). kesalehan digital(analisis fenomena popularisasi hadis pada status). Proocedig University of Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Converence, 2, 1.
Shiratina, A., Indika, D. R., Komariyah, I., Kania, D., & Solihin, E. H. (2020). Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 15–23. https://doi.org/https://doi.org/10.51977/sainsm.v2i1.184
SYAIFULLAH. 2020. PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN BATU AJI KOTA BATAM. Jurnal ABDIKMAS UKK, 1.
Tanjung, Y., Saputra, S., & Hardiyanto, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial Untuk Pemasaran Produk Inovasi Jeruk Siam. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3091–3103. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5435
Copyright (c) 2024 Nurhasanah Nurhasanah, R Nurhayati Nuri, Diarti Andra Ningsih, Kusnadi Kusnadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.