Analisis Pendekatan Budaya dan Psikologi dalam Bimbingan Konseling PAI
Abstract
Pendekatan budaya dan psikologi dalam Bimbingan dan Konseling PAI sangat penting karena mempertimbangkan nilai-nilai, keyakinan dan praktik spiritual yang khusus untuk setiap individu dan msyarakat. Selain itu, bidang psikologi dapat membantu siswa dalam hal sikap, emosi dan perkembangan psikologi, serta memberikan strategi konseling yang dapat membantu siswa menyelesaikan masalah atau tantangan yang mereka hadapi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini antara lain: (1) Pendekatan budaya dalam bimbingan Konseling PAI, (2) Pendekatan psikologi dalam bimbingan Konseling PAI, (3) Keseimbangan antara pendekatan budaya dan psikologi dalam menangani dan memahami berbagai permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan kepercayaan yang benar dalam bimbingan dan konseling PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dimana peneliti mengumpulkan data dari literatur yang relevan untuk mendukung atau mengembangkan argumentasi dalam penelitian. Hasil penelitiannya adalah pada pelatihan Bimbingan dan Konseling Islami (PAI), sebuah pendekatan yang mengintegrasikan budaya dan psikologi mempunyai posisi krusial. Pendekatan Budaya memungkinkan konselor menyadari dan menghormati nilai-nilai spiritual dan konteks budaya siswa. Sementara itu, pendekatan psikologis membantu dalam memahami aspek psikologi siswa. Hal ini memberikan landasan yang kokoh bagi bimbingan yang relevan dan berdampak dalam konteks pelatihan spiritual Islam. Pendekatan kultural dan psikologis pada Konseling PAI diharapkan dapat membawa pemahaman individu secara utuh dalam konteks ajaran Islam.
References
Abdurrahman, & Siregar, A. (2021). Bimbingan Konseling Pendidikan Islam: Kajian Praktis di Pondok Pesantren.
Afifah, N., & Nasution, F. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri dan Kesejahteraan (Well Being) Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 368–380. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.458
Ahmad, M., & Sulaiman, R. (2023). Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Siri’Na Pacce Dalam Mengurangi Kenakalan Siswa Sma Negeri 14 Kota Makassar. 1(1), 12–22.
Andriyani, W. D., Salsabila, I., Suparmika, Y., Syammach, H. K., & Azizah, N. (2022). Ragam Pendekatan Bimbingan Konseling. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(5), 9. https://doi.org/10.59818/jpi.v2i4.234
Aulia, N. I. P., & Araniri, N. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Al-Mau’izhoh, 3(1), 9–22. https://doi.org/10.31949/am.v3i1.3194
Baskoro, P. K. (2020). Landasan Psikologi Pendidikan Kristen dan Relevansinya dalam Pendidikan Kristen Masa Kini. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 1(1), 47–67. https://doi.org/10.52489/jupak.v1i1.6
Damayanti, S. (2023). Analisis Praktik Bimbingan Konseling Islami Sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Belajar Siswa Pada Pendidikan Agama Islam Di Smp Al – Multazam Sepatan Kabupaten Tangerang. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 19(1). https://doi.org/10.31000/rf.v19i1.8167
Darussalam, F. I. (2021). Siri’ Na Pacce Dan Identitas Kebudayaan. An-Nisa’, 14(1), 1–5. https://jurnal.iain-bone.ac.id
Dewita, E. N. (2021). PENERAPAN TEKNIK EKSPERIENTIAL LEARNING MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 SEKADAU HILIR TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(1), 1–42.
Erida. (2019). Bias Budaya dalam Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 24–31.
Farida, F. (2019a). Bimbingan Konseling Agama Dengan Pendekatan Budaya (Membentuk Resiliensi Remaja). KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(1), 285. https://doi.org/10.21043/kr.v7i1.1701
Farida, F. (2019b). referensi 1. KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(1), 1. https://doi.org/10.21043/kr.v7i1.1701
Foreva, V. J. (2021). Pentingnya Budaya dalam Bimbingan Konseling Islam bagi Remaja. Al Qolam Jurnal Dakwah Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 81–104.
Giri, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sebagai Solusi Degradasi Bangsa. PURWADITA: JURNAL AGAMA DAN BUDAYA, 4(1), 59–66.
Hartini, N., & Ariana, A. D. (2016). Psikologi Konseling Perkembangan Dan Penerapan Konseling Dalam Psikologi. In Airlangga University Press.
Izza, L. S. (2023). Pembentukan Dan Pencarian Identitas Budaya Indonesia. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 160–168. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24465
Khairul, Marbun, S. K., Helfinasyam Batubara, J., & Pasaribu, uliana P. (2021). METODE PENDEKATAN PSIKOLOGIS DALAM STUDI ISLAM. Al Mahyra, 02(01), 20–30.
Lejap, G. (2023). “Konselor Sadar Budaya”: Studi Tentang Teori Dan Implikasinya. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 47–54. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/9146
Mahdayeni, M., Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154–165. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.1125
Mardani, M. (2019). referensi 17. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 344–356. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.62
Meidy D. Ar Noya S.Th., M.Si1, Jenny M. Salamor S.Psi., M. S. (2020). PERAN KONSELOR SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH. Jurnal Psikologi Konseling, 16(1), 590–602.
Nashihin, H. (2019). Konstruksi Budaya sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 131–149.
NELISMA, Y., Fitriani, W., & Silvianetri, S. (2022). referensi 3. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 66–76. https://doi.org/10.33369/consilia.5.1.66-76
Nurhayati, N., Naqiyah, N., & Nursalim, M. (2023). Telaah Landasan Filsafat Ilmu Epistemologi dalam Perspektif Bimbingan Konseling dan Bimbingan Konseling Islam ( Sebuah Studi Komparasi ). 02(1), 23–36.
Purwakto, B. (2020). Pendekatan-Pendekatan Konseling 1. CV. Pena Persada.
R. Nurhayati, suriyanti, judrah, jamaluddin. (2019). Materi Pendidikan Islam. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Rahayu, A. (2020). Psikologi Konseling (Teori dan Praktik). In Psikologi.
Rahmawati, Afiati, E., & Wibowo, B. Y. (2020). Buku Ajar Bimbingan dan Konseling Multibudaya. In FEBS Letters (Vol. 185, Issue 1). https://eprints.untirta.ac.id/7250/
Sari, A. M. (2020). pengertian studi pustaka. Natural Science [Diakses 11 Juli 2022], 6(1), 41–53.
Sari, A., & Muslihah, E. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Bimbingan Konseling Dalam Menangani Kasus Bullying. Qathrunâ, 7(1), 83. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i1.3140
Sembiring, N., & Pradipto, Y. D. (2013). Psikologi Konseling Pastoral.
St. Clair, R. N. (2019). bk islami. In IALLT Journal of Language Learning Technologies (Vol. 14, Issue 1). https://doi.org/10.17161/iallt.v14i1.9040
Sukatin, Sabrina, H. F., Septiana, K., Aisyah, N., & Hafizi, N. (2023). ref 19. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 282–290.
Suriyati, Nurhayati, R., Suwito, A., Burhanuddin, & Sartina. (2022). Profesionalisme Guru PAI di SMU Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar 2022.
Suriyati, Nurhayati, R., & Takdir. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. CV. Latinulu.
Sutirna. (2021). Bimbingan Dan Konseling (Bagi Guru Dan Calon Guru Mata Pelajaran).
Tobroni, D. (2018). Memperbincangkan pemikiran pendidikan Islam dari idealisme substantif hingga konsep aktual.
Ulfah, U. (2022). Pelatihan Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6(2), 237–246. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/20244
https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/download/20244/14048
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). referensi 9. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357
Yuliyatun. (2019). Peranan Bimbingan dan Konseling Islam di Sekolah. Konseling Religi : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 343–370.
Copyright (c) 2024 R Nurhayati Nuri, Muh. Anis, Nurul Iftika, Nurya Tahir, Zhilla Salsanabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.