PEREMPUAN DAN PENDIDIKAN (Analisis Pola Asuh Perempuan Pedagang di Pasar Sentral Sinjai)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman terkait pola pengasuhan yang diterapkan pedagang perempuan di pasar sentral Sinjai. Untuk metode yang dipakai dalam penelitian ini yakni metode kualitatif dengan penelitian lapangan sebab dilaksanakan dengan mencari ataupun mengumpulkan data secara langsung dengan menerapkan metode observasi ataupun wawancara. Penelitian ini dilakukan di pasar sentral Sinjai. Selain itu, dilakukan pula analisis pada artikel-artikel ilmiah untuk dijadikan sebagai sumber referensi yang dapat mendukung hasil penelitian. Semua jurnal ataupun buku yang dikutip bersumber dari Google Scholar dan disitasi melalui aplikasi Mendeley. Adapun yang menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini yakni perempuan pedagang yang terdiri atas 9 orang. Informan diwawancarai untuk mendapatkan data mengenai pola asuh yang diterapkan oleh perempuan pedagang. Hasil penelitian menunjukkan jika perempuan pedagang menerapkan tiga jenis pola asuh yaitu demokratis, otoriter, serta permisif pada anak. Data wawancara menunjukkan jika pola asuh demokratis masih mendominasi praktik pola asuh perempuan pedagang di pasar tersebut. Hal ini karena, orang tua lebih memberikan kebebasan kepada anak dalam menentukan setiap tindakan ataupun perbuatan yang dibarengi dengan pemberian nasihat yang positif.
Kata Kunci: Perempuan Pedagang, Pendidikan, Pola Asuh
References
Afifah, M., & Hasanah, U. (2022). Pola Asuh Karyawati Rokok Muslimah dalam Membina Karakter Anak Usia Dini di Kabupaten Sumenep Madura Indonesia. BIIS: Bulletin of Indonesian Islamic Studies, 1(2), 130–139.
Ali, M., Prasetiya, B., & Halili, H. R. (2022). Pengaruh Pola Asuh Dan Motivasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa MI Miftahul Jannah. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(2), 20–29. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i2.692
Aminullah, Nurhayati, R., Amin, A., & Ningsih, D. A. (2023). Pendidikan Pranatal Menurut Prespektif Pendidikan Islam. AL-QALAM : Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 15(1), 13–20. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i1.1713
Aprily, N. M., Setiawan, D., Elan, & Pratama, Y. A. (2021). Implementasi Metode Mau`izhotul Hasanah dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter: Suatu Studi Kasus Longitudinal. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 121–137. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6824
Arming, Faridah, Nurhayati, R., Mulkiyan, & Ningsih, D. A. (2023). Strategi Dakwah Dalam Membina Kesadaran Beragama. MIMBAR: Jurnal Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 9(2), 59–67.
Aslan. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20–34. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269
Camelia Sahalessy, Y. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Keterampilan Sosial Remaja di Kota Depok. Global Health Science, 5(4), 204–206.
Djollong, A. F., Sari, A., Junizar, Pramanik, N. D., Kustanti, R., & Lubis, A. A. Z. (2023). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Panduan Komprehensif) (Sepriano (ed.)). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Habibi, M. (2020). Seni Mendidik Anak Nukilan Hikmah Menjadi Orang Tua Efektif. Penerbit Deepublish.
Hajrah, S., Fatmawati, F., & Firdaus. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 1(2), 61–75. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v1i2.538
Hanifah, U. N. (2020). Tipologi pola pengasuhan ibu bekerja, kemandirian dan adversity quotient anak. An Nisa’, 13(1), 717–722.
Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2025 (Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21) (R. M. Ramdhan (ed.)). Nusaputra Press.
Iqbal, M., & Fawzea, K. (2020). Psikologi Pasangan: Manajemen Konflik Rumah Tangga. Gema Insani.
Juhaeni, Ifain, A., Kurniakova, A. S., Tahmidah, A., Arifah, D. N., Friatnawati, S. F., Safaruddin, & Nurhayati, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 2(3), 126–134. https://doi.org/10.53621/jider.v2i3.74
Julyyanti, Y., Yusuf, N. W., Saldika, S. D., Syahrul, & Ramlah, S. (2022). Dilema Usaha Rasional Orangtua dalam Menumbuhkan Kesadaran Pendidikan pada Anak di Nusa Tenggara Timur. Journal On Teacher Education, 4(1), 555–563.
Kiranantika, A. (2020). Perempuan, anak dan keluarga dalam arus perubahan. CV Nas Media Pustaka.
Nadhifah, I., Kanzunnudin, M., & Khamdun. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.852
Nauli, V. A., Karnadi, & Meilani, S. M. (2019). Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak ( Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi ). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 241–253. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.179
Ningsih, F., Setyaningsih, K., & Fahmi. (2023). Pola Asuh Orang Tua Muda Pada Anak Usia Dini Di Desa Sukaraja Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 693–704.
Nur, T., & Ar, A. (2020). Pengaruh Kekerasan Rumah Tangga Terhadap Kepribadian Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Songing. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 12(1), 38–51. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v2i1.368
Nurhayati, R., Muslimah, A. St., Kadir, M., Ningsih, D. A., Suwito, A., & Amin, A. (2022). Pembinaan Metode ACQ (Aku Cinta Al-Qur’an) Dalam Menghafal Dan Memahami Asmaul Husna. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 8–13. https://doi.org/10.47435/pendimas.v1i2.1419
Nurhayati, R., Ningsih, D. A., Kahar, Musdalifah, Rahma, M., Hakiki, A. M. N., & Suwito, A. (2023). Telaah Manajemen Pendidikan Modern Dan Penerapan Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Journal on Education, 6(1), 1123–1132.
Nurhayati, R., Qadrianti, L., & Islamiah, N. (2023). Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah Dalam Berpakaian Syar’I. Journal of Islamic Education and Social Science, 2(2), 22–31.
Primayana, K. H., & Dewi, P. Y. A. (2021). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Intensitas Penggunaan Gawai pada Anak Usia Dini Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 710–718. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.697
Qalbi, Z., & Delrefi. (2023). Pola Pengasuhan Anak Usia Dini Di Desa Pulau Panggung Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Abdi PAUD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Rahman, M. H., Kencana, R., & Faizah, N. (2020). Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini (R. Astuti (ed.)). Edu Publisher.
Rijkiyani, Rike Parita, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. JURNAL BASICEDU, 5(3), 4905–4912.
Sandi, A., Kurniati, A., Program, D., Pendidikan, S., & Artikel, I. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Ekonomi Anak Di Dusun Due Desa Parangina Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 203–211.
Saputra, F. W., & Yani, M. T. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 1037–1051.
Saputri, I., Syamsir, & Rahman, H. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan Islam dalam Meminimalisir Perilaku Konsumtif pada Remaja. Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 3(1), 19–27. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v3i1.1272
Sindy Deni Febnasari, Zainal Arifin, & Eka Sari Setianingsih. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3).
Siswantara, Y., Tribakti, I., Nuraini, N., Oktavia, N., Hasni, K., Nurbayani, Sari, N. W., & Sadriani, A. (2022). Pendidikan Keluarga (Y. Novita & D. Adry (eds.)). PT Global Eksekutif Teknologi.
Subqi, I. (2019). Perilaku Agresif Remaja dalam Tinjauan Pola Asuh Keagamaan Orang Tua di Desa Baleadi Pati. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2), 186–214. https://doi.org/10.18326/ijip.v1i2.186-214
Sunarso, B. (2022). Merajut Kebahagiaan Keluarga (Perspektif Sosial Agama). Penerbit Deepublish.
Suriyati, Nurhayati, R., & Takdir. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. CV Latinulu.
Umar, Puadi, N., & Judrah, M. (2021). Bagaimana Menginternalisasi Karakter “Mappatabe” Pada Anak Usia Sekolah Dasar?, Studi Fenomenologi Peran Orang Tua. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(1), 49–60. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i1.619
Wida, E. K., Istiningsih, S., & Nurwahidah. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kondisi Mental Anak. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 72–77.
Widodo, H. (2019). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini (Y. Winarti (ed.)). Alprin.
Wulan Sari, F., & Jamrizal, J. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Journal of Educational Research, 2(1), 61–78. https://doi.org/10.56436/jer.v2i1.219
Copyright (c) 2024 Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.