Pengaruh Profesionalisme Dan Kedisiplinan Guru Pai Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik

  • Sofyan Gani
  • Mustamir Mustamir Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Muhammad Zulkarnain Mubhar Universitas Islam Ahmad Dahlan
Keywords: Profesionalisme Guru, Kedisiplinan Guru, Motivasi Menghafal Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme dan kedisiplinan guru PAI terhadap motivasi mengahafal al-qur’an peserta didik di MIS ikhwanussafa sengkang. Dalam penelitian ini telah dilakukan uji statistik regresi linear berganda untuk uji hipotesis dan diperoleh kesimpulan bahwa profesionalisme dan kedisiplinan guru PAI terhadap motivasi mengahafal al-qur’an peserta didik di MIS ikhwanussafa sengkang terdapat pengaruh. Jenis penelitian ex post facto. Adapun populasi pada riset ini adalah seluruh peserta didik MIS Ikhwanussafa Sengkang yang berjumlah 30 orang. Langkah teknis pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket/kuesioner, dokumen. Selanjutnya untuk analisis data digunakan program Spss versi 22. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa 1) Profesionalisme guru terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik di MIS Ikhwanussafa Sengkang terdapat pengaruh. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi sederhana diperoleh hasil uji T dengan menggunakan SPSS menunjukkan t hitung 3,490 > t tabel 2,048 dan besaran pengaruh berdasarkan uji R- Square  yaitu 74,5 % sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha  diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa profesionalisme guru PAI berpengaruh terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik. 2) Kedisiplinan guru terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik di MIS Ikhwanussafa Sengkang terdapat pengaruh. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi sederhana diperoleh hasil uji T dengan menggunakan SPSS menunjukkan nilai t hitung 4,026 > t tabel 2,048 dan besaran pengaruh berdasarkan uji R-Square  adalah 74,5 % sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti kedisiplinan guru PAI berpengaruh terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik. 3) Profesionalisme dan kedisiplinan guru PAI terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik berpengaruh secara simultan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi berganda diperoleh nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan nilai F hitung 39,345 > F tabel 3.55 sedangkan besaran pengaruh berdasarkan uji R-Square adalah 74,5 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti profesionalisme guru dan kedisiplinan guru PAI secara simultan berpengaruh terhadap motivasi menghaafal Al Qur’an peserta didik

References

Dea Kiki, N. Z. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran.
Fadli Padila Putra, Khadijah, F. A. (2021). Pengaruh motivasi menghafal al- qur’an terhadap kualitas hafalan al- qur’an santri. Cerdas Mahasiswa, 2, 160–172.
Faishal, M. (2013). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur ’ An Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur ’ An. Univertas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik : Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap.
Imam Suwardi Wibowo, R. F. (2018). No Title. Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa.
Mentari, S., & Guru, K. (2017). Profesionalisme Kinerja Guru Di Sd Negeri 22 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 138.
Moh. Uzer Usman. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.861
Rahman, H., Mytra, P., Yusuf, F., & Syamsuddin, A. F. (2023). ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN VIRTUAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR DAN PERGURUAN TINGGI. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 8(1), 1-6.
Sari, F. M. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Menghafal Al-Quran Pada Santri Pondok Pesantren Al Fatah.
Sari, M. D. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru.
Sarnoto, A. Z. D. S. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Siswa. Profesi.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tabrani Rusyan. (2006). Pendidikan Budi Pekerti. Bandung: PT. Sinergi Pustaka Indonesia.
Thomas, T. R. P. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening.
Published
2024-03-29
How to Cite
Gani, S., Mustamir, M., & Mubhar, M. Z. (2024). Pengaruh Profesionalisme Dan Kedisiplinan Guru Pai Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik. Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam, 4(02), 63-76. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v4i02.2705
Section
Articles