Penerapan Strategi Pembelajaran Direct Instruction Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Tuna Grahita Ringan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran direct instructionpada mata pelajaran PAI terhadap anak tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kabupaten Sinjai, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran PAI terhadap anak tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kabupaten Sinjai, mendeskripsikansolusi mengatasi faktor penghambat penerapan strategi pembelajaran direct instructionpada mata pelajaran PAI terhadap anak tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kabupaten Sinjai. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian naturalistik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalampenelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan anak tunagrahita ringan pada SLB Negeri 1 Sinjai. Adapun metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedanagkan analisis datanya menggunakan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan strategi pembelajarandirect Instruction pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap anak tunagrahita ringan di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Kabupaten Sinjai. Diberikan dengan cara: meningkatkan kepercayaan diri, memotivasi untuk berprestasi, memberikan umpan balik, Melatih keterampilan. Faktor pendukung penerapan strategi pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap anak tunagrahita ringan yaitu adanya lingkungan yang kondusif, adanya sarana dan prasarana, adanya bahan ajar pembelajaran, dan adanya media pembelajaran yang tersedia di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Sinjai. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap anak tunagrahita ringan di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Kabupaten Sinjai yaitu, keterbatasan anak tunagrahita ringan dalam mengingat pelajaran atau informasi, keterbatasan kemampuan berbahasa anak tunagrahita ringan, kurangnya kedisplinan anak tunagrahita ringan dalam masuk sekolah, Tidak adanya guru pendamping. (3) Solusi mengatasi faktor penghambat penerapan strategi pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap anak tunagrahita ringan di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Kabupaten Sinjai adalah guru harus bisa melakukan banyak pendekatan secara sosial dan emosional kepada anak tunagrahita karena dengan pendekatan tersebut guru bisa menemukan suatu strategi metode yang sangat bermanfaat guna mengatasi masalah pembelajaran pada anak tunagrahita.
References
Ahmadi dan Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya.1997. Strategi Belajar Mengajar (SBM), Bandung: CV. Pustaka Setia.
Anitah, Sri. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta :Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.
Arifin, M. 1993. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Asari, Hasan. 2017. “Strategi pembelajaran Pendidikan Islam Bagi Siswa Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara.”Tesis Pascarsarjana UIN Sumatera Utara. Diakses tanggal 2 Desember 2022.
Baharuddin.2017. Pendidikan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Bahri, Syaiful Djamarah dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Bonwell, Charles C, dan James A. Eison. 2012.“Active Learning: Creating Excitement in the Classroom.” http://www.Gwu.Edu/ eriche.Diaksespadatanggal 30 November 2022.
Daradjat, Zakiah. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
David,Fred R.2006. Manajemen Strategi, Edisi ke-10, Jakarta: Salemba Empat.
Departemen Pendidikan Nasional,, Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara Mengenai Anak Berkebutuhan Khusus.
Effendy. 2006. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Efferi, Adri. 2009. Materi Dan Pembelajaran Quran Hadist MTs-MA, Kudus: STAIN Kudus.
Evo,Blogger.2022. “Strategi Pembelajaran.” www.sarjanaku.com/diakses Tanggal 30 November 2022
Falah, Saiful. 2014. Parents Power. Jakarta: Republika Penerbit.
Garnida, Dadang. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif, Bandung:PT.Refika Aditama.
Geniofam. 2010. Mengasuh & Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus, Jogjakarta:Gerai Ilmu.
Hidayat,Sholeh. 2017. Pengembangan Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Hikmatul Mustaghfiroh, “Hidden CurriCulum dalam Pembelajaran PAI,” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.” 9, No. 1 (2014): 153, diakses pada 17 November 2022, https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/download/769/737.
Juni, Donni Priansa.2017, Menjadi Kepala Sekolah Dan Guru Profesional Konsep Peran Strategis, Dan Pengembangannya. Bandung: CV Pustaka Setia.
Kasi Penmad.2014. “Rumpun Mapel PAI dan Bahasa Arab Tetap Gunakan K13 Kemenag Siapkan PMA” Desember 16, 2014. https://mapendademak.org/?s=Rumpun+pai
Kasmadi & Sunariah. 2013. Panduan modern penelitian kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Kemis, dan Ati Rosnawati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita, Bandung:PT.Luxima Metro Media.
Kuncoro,Mudrajad. 2006. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, Jakarta: Erlangga.
Lexy, J. Maleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Rosda Karya.
Majid,Abdul.2013. Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Maksum, 2020. “Peran Guru PAI Dalam Meningkakan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 2 Cibinong.” Jurnal Akrab Juara 5, No. 1, (2020): 179-180, diakses pada 18 November 2022, http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/953
Mangunsong, F. 2009. Psikologi dan Anak Berkebutuhan khusus, Jilid 1, Depok: Lembaga Sarana Pengukuran dan Pengembangan Psikologi.
Matthew, B. Miles and A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis (e-book). California: Sage Publications, ed. 2.
Mulyadi, SK dan Risminawati. 2012. “Strategi Everyone is a Teacher Here, murid yang selama ini tidak mau terlibat aktif dalam proses pembelajaran akan ikut serta pada gilirannya dia harus memberikan gagasannya dalam pembelajaran secara aktif.” (Tesis: Progdi PGSD). Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Tidak diterbitkan).
Nur, Hany Hidayah. 2022. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Solusinya Bagi Peserta Didik Tuna Grahita di SMPLB PGRI Dlanggu Mojokerto.”Skripsi:UIN Sunan Ampel Surabaya program Studi pendidikan Agama Islam.Diakses tanggal 2 Desember 2022
Nur’aeni. 2004.Intervensi Dini bagi Anak Bemasalah, Jakarta:Rineka Cipta.
Peraturan Mentri Agama Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Guru Pendidikan Agama,” diakses 30 November, 2022. https://ngada.org/bn596- 2010.htm.
Rika Sa’diyah. 2020. “Strategi Pembelajaran PAI pada Peserta Didik Tunagrahita SD Kelas Awal di SDLB Pembina Tingkat I Cilandak Lebak Bulus Jakarta Selatan.”Tesis: Universitas Muhammadiyah Jakarta. Diakses tanggal 2 Desember 2022
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sanjaya,Wina.2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Santoso, Joko Surtikanti. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UMS.
Siagian, P. Sondang, 2004. Managemen Strategi, Jakarta, Bumi Aksara.
Smart, Aqila, 2010. Anak Cacat Bukan Kiamat: Metode Pembelajaran & Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta:Katahati.
Somantri, Sutjihati. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Jakarta: Refika Aditama.
Subadi, Tjipto. 2011. Inovasi Pendidikan. Surakarta : M U P.
Sufanti, M. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta : Yuma Pustaka.
Suyadi.2012. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Copyright (c) 2023 Andi Tenri, Syamsir Syamsir, Mustamir Mustamir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.