Pengaruh Problem Based Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

  • Andi Herawati Nur Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Syamsir Syamsir Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Akmal Akmal Universitas Islam Ahmad Dahlan
Keywords: Problem Based Learning, Kemandirian Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X MAN 2 Sinjai, (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X MAN 2 Sinjai, (3) Pengaruh problem based learning dan kemandirian belajar secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X MAN 2 Sinjai. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian excat vacto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X. adapun metode pengumpulan data yaitu dengan teknik angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, ada pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X MAN 2 Sinjai dengan nilai 0.004<0.05. Adapun besar pengaruh sebesar 11,1%. Ke dua, ada pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X MAN 2 Sinjai dengan nilai 0.000<0.05. Adapun besar pengaruh sebesar 43,0%. Ke tiga, ada pengaruh problem based learning dan kemandirian belajar secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X MAN 2 Sinjai dengan nilai 0.000<0.05. Adapun besar pengaruh sebesar 47,4%.

References

Abraham Harold Maslow. (1943). “A theory of human motivation”. Psychological Review.
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mnedesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Kurikulum 2013. Prenada Media Group.
Ambarita, A. (2006). Manajemen Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional.
Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630
Arends, R. I. (2008). Learning To Teach Buku 2. Penerbit Pustaka Pelajar.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.
Danuari. (1990). Hubungan antara Kemandirian, Motivasi Berprestasi, dan Intelegensi dengan Prestasi Belajar Siswa SMP di Bantul. Laporan Penelitian, 9.
Edora, M. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 1(1), 1. https://doi.org/10.23969/oikos.v1i1.242
Eko, B. & khasiruddin. (2010). Improving The Autodidact Learning of Student On Kalkulus Through Cooperative Learning “Student Teams Acievement Division” By Portofolio Programed. Jurnal Penelitian Pendidikan, 79.
Enggen, P. & K. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. PT. Indeks.
Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis For Measuring Critical Thinking Skills Education Leadership.
Evi, O. :, Wulandari, T., Guru, P., Dasar, S., & Yogyakarta, U. N. (2015). PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS III TEMON. BASIC EDUCATION, 5(12). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1137
Hadi, S. (2001). Metodologi Research Jilid III. Andi Offset.
J. W. Santrock. (2011). Psikologi pendidikan, edisi kedua. Diterjemahkan dari judul asli Educational psychologi, 2nd edition oleh Tri Wibowo B.S. Prenada Media Group.
Kurniasih, Imas & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. PT. Remaja Rosdakarya.
Made Wena. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Bumi Aksara.
Miftahul Huda. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu Metodis dan Pragmatis. Pustaka Belajar.
Misbahuddin, & Hasan, I. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. PT. Bumi Aksara.
Morissan. (2012). Metode Penelitian Survei. Kencana Prenada Media Group.
Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran. Parama Ilmu.
Nuridawani, N., Munzir, S., & Saiman, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2). https://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2815
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013. (n.d.). Implementasi Kurikulum.
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta.
Riduwan dan Akdon. (2007). Rumus dan Data dalam analisis Statistik. Alfabeta.
Robert E. Slavin. (2019). Educational Psychology: Theory and Practice.
Ruggerio, V. R. (2003). Beyond Feelings: a Guide to Critical Thingking. Mc Graw Hill.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.
Sadia, I. W. (2014). Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Graha Ilmu.
Saifuddin Azwar. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Belajar.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prena Media Grup.
Santock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Erlangga.
Siagian, R. E. F., Marliani, N., & Lubis, E. M. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1798–1805. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1597
Singgih Santoso. (1999). SPSS: Mengolah Data Statistik Secara Profesional. PT. Elex Media Komputindo.
Siregar. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.
Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129
Sitorus, E. H. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di Smp Negeri 6 Medan. Jurnal Inspiratif, 5(1), 12–36.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suharmisi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Revisi 5). Rineka Cipta.
Suharmisi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Ed. Rev. V). Rineka Cipta.
Susilowati, A. (2018). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh PBL terhadap Kemandirian Belajar Siswa SD. © 2018-Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 72–77.
Suwarna, D. M. (2009). Suatu Alternatif Pembelajaran Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Matematika. Cakrawala Maha Karya.
Syafaruddin, I, N. (2005). Manajemen Pembelajaran. Quantum Teaching.
Syah, M. (2003). Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Synder, L. . (2009). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal.
Published
2023-10-09
How to Cite
Nur, A. H., Syamsir, S., & Akmal, A. (2023). Pengaruh Problem Based Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik . Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam, 4(1), 1-18. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v4i1.2228