Efektivitas Tata Tertib Pesantren dan Sanksi dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Biroro

  • Sultan Sultan Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai
  • Ismail Ismail Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai
  • Madalle Agil Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai
Keywords: Kedisiplinan, Pondok Pesantren, Sanksi, Tata tertib

Abstract

Pesantren berperan penting dalam membentuk karakter generasi muda melalui nilai-nilai Islam dan kedisiplinan. Namun, perkembangan teknologi, gaya hidup modern, dan globalisasi memengaruhi perilaku generasi muda, dan berdampak pada menurunnya kepatuhan terhadap aturan di lingkungan pesantren, salah satunya di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Biroro. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan tata tertib dan sanksi di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Biroro, mengetahui kedisiplinan santri, dan mengetahui efektifitas pelaksanaan tata tertib dan pemberian sanksi dalam meningkatkan kedisiplinan santri di pondok tersebut. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan sebanyak 40 siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan uji T menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, tata tertib dan sanksi di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Biroro diterapkan melalui sosialisasi yang melibatkan seluruh komponen sekolah, seperti kepala sekolah, guru, dan staf. Tata tertib mencakup aturan perilaku, seperti kewajiban shalat berjamaah, pemakaian seragam sesuai ketentuan, dan menjaga kebersihan lingkungan. Prosedur sosialisasi dilakukan sejak awal melalui MOS, banner, dan papan tata tertib. Sanksi diterapkan secara bertahap, seperti membersihkan WC untuk pelanggaran serius, hingga konseling bagi siswa yang membully teman, serta barang-barang yang tidak sesuai aturan disita. Kedua, kedisiplinan memberikan dampak positif pada pembentukan kepribadian meski masih ada pelanggaran. Penegakan disiplin dilakukan melalui pengawasan, nasihat, dan pembinaan. Ketiga, berdasarkan tabel paired sample correlation terdapat korelasi kuat antara tata tertib dan kedisiplinan santri sebesar 83,8%, serta antara sanksi dan kedisiplinan sebesar 76%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan tata tertib dan sanksi di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Biroro berkontribusi dalam meningkatkan kedisiplinan santri. Namun, berdasarkan nilai N-gain, efektivitas tata tertib dalam meningkatkan kedisiplinan hanya mencapai 0,06, sedangkan efektivitas sanksi berada pada 0,12, keduanya tergolong rendah. Dengan demikian, pelaksanaan tata tertib dan sanksi memiliki kontribusi peningkatan kedisiplinan yang rendah.

References

Achsin, A. (2020). Pengelolaan Kelas dan Interaksi Belajar-Mengajar.
Aslamiyah, S. S. (2020). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Penanaman Budaya Disiplin Siswa. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 183–194. https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.2053
Demilia, F., & Rozie, F. (2023). Pola Penerapan Sanksi Berjenjang Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Belajar Siswa Kelas II SDN Mundusewu III Jombang. JOURNAL OF EDUCATION FOR ALL, 1(3), 195–204. https://doi.org/10.61692/edufa.v1i3.53
Dewi, E., Muhsin, M., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar, Kompetensi Sosial Guru, dan Kesiapan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 302–317. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29778
Dilla, R., Jalil, Z. A., & Musfiana, M. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Economica Didactica, 4(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.17529/jed.v4i2.34578
Hardi, E., & Mudjiran, M. (2022). Diversitas Sosiokultural Dalam Wujud Pendidikan Multikultural, Gender dan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 8931–8942. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9780
Harni, S., & Tarjiah, I. (2018). Implementasi Teori Behaviorisme dalam Membentuk Disiplin Siswa Sdn Cipinang Besar Utara 04 Petang Jatinegara Jakarta Timur. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 127–138. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6458
Hidayat, L., & Marwiji, M. H. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 24–52. https://doi.org/10.70287/epistemic.v1i1.3
Karmilah, M. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Di Politeknik Al Islam Dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 4(1), 12–21. https://doi.org/10.38215/jutek.v4i1.60
Lestari, W. O. (2017). Pengaruh Keteladanan Orang Tua dan Guru Terhadap Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Bengkulu Selatan. Al-Bahtsu, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/btu.v2i1.333
Putra, A. W., Suyahman, S., & Sutrisno, T. (2019). Peranan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ), 1(1), 18–23. https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.361
Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa ddi Sekolah/Madrasah. Ihya Al-Arabiyah, 4(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v4i1.1467
Romli, M., & Khotimah, H. (2023). Pemberian Hukuman di Dunia Pendidikan Perspektif Islam (Didikan Vis-A-Vis Hak Asasi Manusia). Journal of Islamic Education, 9(2), 73–86. https://doi.org/10.18860/jie.v9i2.23095
Salsabila, A., Affifah, A. N., & Cahyati, S. Y. (2020). Penanaman Karakter Disiplin Pada Siswa Sdn Jelupang 01. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 318–333. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Samsudin, S. (2020). Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Woha. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4), 286–293. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1505
Sari, R. I. (2023). Tata Tertib Sekolah dan Kedisiplinan Belajar di MA Yayasan Pendidikan Kalangsari Cijulang. Journal of Islamic Education, 1(1), 37–49. https://doi.org/10.61231/jie.v1i1.44
Takdir, M. (2018). Modernisasi Kurikulum Pesantren. IRCISOD. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=f72-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=Pendidikan+pesantren+telah+lama+menjadi+salah+satu+pilar+penting+dalam+membentuk+karakter+generasi+muda+di+Indonesia,+khususnya+dalam+menginternalisasi+nilai-nilai+keislaman+dan+k
Tantowi, A. (2022). Pendidikan Islam di Era Transformasi. Pustaka Rezki Putra.
Triastuti, W., & Utami, R. D. (2015). Pengaruh Pemberian Sanksi Terhadap Kedisiplinan Siswa Dalam Mematuhi Tata Tertib Sekolah Di Min Kragan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015 [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/35237/
Yanti, F. (2022). Komunikasi Pesantren. Agree Media Publishing.
Zuhri, A. M. (2020). Hukuman dalam Pendidikan Konsep Abdullah Nasih ‘Ulwan dan B.F. Skinner. Ahli Media Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=68P_DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=teori+behaviorisme+oleh+B.F.+Skinner,+yang+menyatakan+bahwa+perilaku+manusia+dapat+dibentuk+melalui+sistem+penguatan+dan+hukuman+yang+konsisten.&ots=8OuiclXU6k&sig=JTfmuchBHLdsIxg_Rl7Cu0Myzlo&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Published
2025-03-21
How to Cite
Sultan, S., Ismail, I., & Agil, M. (2025). Efektivitas Tata Tertib Pesantren dan Sanksi dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Biroro. Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam, 6(1), 24-35. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v6i1.3373
Section
Articles