EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PAI MELALUI MODEL CIPP DI UPT SMA NEGERI 4 SINJAI

EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PAI MELALUI MODEL CIPP DI UPT SMA NEGERI 4 SINJAI

  • Jamaluddin Jamaluddin IAIM Sinjai
  • Muh. Judrah
  • Ardianti IAI Muhammadiyah Sinjai
  • Dina Islamiah IAI Muhammadiyah Sinjai
  • Ferawati IAI Muhammadiyah Sinjai
  • Prima Mytra IAI Muhammadiyah Sinjai
Keywords: Kata Kunci : Evaluasi, Proses pembelajaran, Model CIPP.

Abstract

Abstrak

Proses pembelajaran dikatakan berhasil apabila dilakukan evaluasi secara terus-menerus, salah satu model evaluasi yang umum digunakan adalah model CIPP. Karena itu tujuan penelitian ini bertujuan untuk, 1) Menganalisis Proses Pembelajaran PAI, 2) Mengetahui Faktor penghambat dan pendukung Proses Pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif kualitatif, objek penelitian ini adalah UPT SMA Negeri 4 Sinjai dan subjek penelitian ini adalah Proses Pembelajaran PAI. Metode pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan beberapa alur yakni observasi, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran PAI telah berjalan sesuai dengan proses yang memuat: a) Kurikulum, b) Peserta Didik, c) Kegiatan Pembelajaran, d) Fasilitas, e) Tenaga Pendidik, dan d) Evaluasi. 2) Faktor Pendukung Proses Pembelajaran antara lain adanya kesiapan dan kesadaran pendidik dan peserta didik untuk saling melakukan perbaikan kualitas kearah yang lebih baik melalui proses pembelajaran. Sedangkan Faktor Penghambatnya Proses Pembelajaran adalah a). Tuntutan kondisi dan aturan pada rana pendidikan sehingga terjadi perombakan secara menyeluruh mulai dari kesiapan pendidik dan peserta didik tentunya tidak lepas dari kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana disekolah yang harus selalu dikontrol. b) Secara akademik terkhusus dalam proses pembelajaran cenderung kurang efektif yang disebabkan karena alokasi waktu masih terbatas. c) Secara administratif masih terdapat pendidik yang tidak sesuai dengan kualifikasi akademik yang dimiliki serta kesejahteraan bagi para pendidik belum merata.

 

Kata Kunci : Evaluasi, Proses pembelajaran, Model CIPP.

 

Abstrac

The learning process is said to be successful if it is evaluated continuously, one of the commonly used evaluation models is the CIPP model. Therefore, the purpose of this study is to, 1) Analyze the PAI Learning Process, 2) Determine the inhibiting and supporting factors of the PAI Learning Process. This research is qualitative descriptive research, the object of this research is UPT SMA Negeri 4 Sinjai and the subject of this research is the PAI Learning Process. Methods of collecting data through observation and interviews. The data were analyzed using several paths, namely observation, data collection, and drawing conclusions. The results of the study show that 1) The process of implementing learning in PAI subjects has been running according to a process that includes: a) Curriculum, b) Students, c) Learning Activities, d) Facilities, e) Educators, and d) Evaluation. 2) Supporting Factors for the Learning Process include the readiness and awareness of educators and students to make mutual improvements in quality towards a better direction through the learning process. While the inhibiting factors for the learning process are a). The demands of conditions and rules on the education shutter so that there is a complete overhaul starting from the readiness of educators and students, of course, cannot be separated from the completeness of facilities and infrastructure in schools that must always be controlled. b) Academically, especially in the learning process, it tends to be less effective due to the limited time allocation. c) Administratively there are still educators who are not in accordance with their academic qualifications and the welfare for educators is not evenly distributed.

 

Keywords: Evaluation, Learning Process, CIPP model

References

Abrar, andi muhammad. (2020). kompetensi paedagogik guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan interaksi pembelajaran peserta didik SD integral rahmatullah toli-toli. Al-Qalam, 12(1).
Alfianor. (2022). Pengelolaan Pembelajaran Maharah Istima’ Kalam Oleh Himpunan Mahasiswa Prodi PBA STIQ Amuntai. Al-Qalam, 16(2).
Amirullah, sigit hermawan dna. (2016). metode penelitian bisnis pendekatan kuantitatif dan kualitatif. media nusa creative.
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses Pembelajaran IPA,. JIPFRI:Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Llmiah, 1(2), 75.
Christiani, Y. (2018). penerapan Model CIPP dalam evaluasi implememtasi kurikulum. Jurnal Penerapan Model CIPP Dalam Evaluasi, 6(1), 3.
Darajat, Z. (2001). metodik khusus pengajaran agam islam. Bumi Aksara.
Daryanto. (n.d.). evaluasi pendidikan. rineka cipta.
elidawaty purba, bonaraja purba, ahmad syafi’i, fastabiqul khairad. (2021). metode penelitian ekonomi. yayasan kita menulis.
Elihami. (2018). penerapan pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter pribadi yang islami. Edumaspul, 2(1), 3.
Elis Ratnawulan, R. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia.
Emzir. (2010). metodologi penelitian kualitatif: analisi data. Pt Rajan Grafindo persada.
Huljannah, M. (2021). pentingnya proses evaluasi dalam pembelajaran disekolah. Educator, 2(2).
Hadi, M. J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mahasiswa PAI Berbasis WhatsApp. Al-Qalam, 15(1).
Ina Magdalena, Hadana Nur Fauzi, dan Raafiza Putri. (2020). pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat manipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2).
Jumari, & Suwandi. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Madrasah Ramah Anak. CV. Adanu Abimata.
Mahmudi, I. (2011). CIPP. Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan”. At, 6(1), 23.
Mulyana, S. (2017). cotext input process product (CIPP): model evaluasi layanan informasi,. Prosiding Seminar Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 345.
Mulyasa, E. (2006). kurikulum tingkat satuan pendidikan. remaja rosdakarya.
Muryadi, agustanico dwi. (2017). model evaluais program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(1), h.
Ni’matuzahroh, susanti prasetyaningrum. (2018). observasi: teori dan aplikasi psikologi. universitasmuhammadiyah malang.
Redy, P., & Jaya, Partus. Ndeot, F. (2018). Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif. PERNIK Jurnal PAUD, 1(1), 10–25.
Setiawan, A. (2014). prinsip pendidikan karakter dalam islam (studi komparasi pemikiran al-Ghazali dan Burhanuddin al-Zarnuji). Dinamika Ilmu, 14(1), 7.
Setiawan, A. (2016). relevansi pendidikan akhlak di masa modern perspektif bediuzzaman sai nursi. Syamil, 4(2), 107.
Smith, C.L., & Freeman, R. . (2020). Using Continuous System Level Assesment To Build Scool Capacity. American ,. Journal of Evaluation, 307–319.
Sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV.
Published
2022-10-14
How to Cite
Jamaluddin, J., Muh. Judrah, Ardianti, Dina Islamiah, Ferawati, & Mytra, P. (2022). EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PAI MELALUI MODEL CIPP DI UPT SMA NEGERI 4 SINJAI. Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam, 3(1), 62-74. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v3i1.1246

Most read articles by the same author(s)