PENINGKATAN NILAI KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 9 KABUPATEN SINJAI

  • Jamaluddin Jamaluddin IAIM Sinjai
  • Muhammad Judrah IAI Muhammadiyah Sinjai
  • Muhammad Judrah IAI Muhammadiyah Sinjai
  • Harmilawati IAI Muhammadiyah Sinjai
  • Laeli Qadrianti IAI Muhammadiyah Sinjai
Keywords: Nilai Kemandirian, Advance Organizer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai kemandirian peserta didik dengan
menggunakan model pembelajaran Advance Organizer pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Kabupaten Sinjai. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (classroom action research) yang melibatkan peserta didik kelas XI IPS 2
SMA Negeri 9 Kabupaten Sinjai sebagai subjek. Data penelitian diperoleh melalui observasi
dan angket dengan menggunakan instrumen lembar observasi peserta didik dan lembar
angket/respon peserta didik terhadap tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Penggunaan model pembelajaran Advance Organizer pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Kabupaten Sinjai, dapat meningkatkan
nilai kemandirian peserta didik. Ini dapat diukur berdasarkan hasil observasi dan lembar
angket yang diisi pada siklus I dan siklus II, dimana pada siklus I hasil observasi
peningkatan nilai kemandirian peserta didik yaitu 49,56%, kemudian pada siklus II
observasi peningkatan nilai kemandirian peserta didik yaitu 86,31%. Jadi kemampuan
peningkatan nilai kemandirian peserta didik berdasarkan hasil observasi dari siklus I ke
siklus II meningkat sebanyak 36,75%. Adapun hasil lembar angket yang diisi oleh masingmasing peserta didik pada siklus I mencapai rata-rata 68,50%, kemudian pada siklus II hasil
lembar angket peserta didik mencapai rata-rata 84,42%. Jadi kemampuan peningkatan nilai
kemandirian peserta didik berdasarkan hasil angket dari siklus I ke siklus II meningkat
sebanyak 15,92%. Adanya peningkatan nilai kemandirian peserta didik menunjukkan
efektifnya model pembelajaran Advance Organizer digunakan pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya
Howard, S. J. S. and. (2000). E. Book Ledakan EQ, Terjemahan Trinanda Rainy Januarsari
dan Yudhi Murtanto. Kaifa.
Joyce, B. (2009). Model-Model Pengajaran diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla
Mirza (I). Pustaka Pelajar.
Kompri. (2016). Manajemen Pendidikan (1st ed.). Ar-Ruzz Media.
Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan
Profesi Guru (V). PT RajaGrafindo Persada.
Lubis, M. (2008). Evaluasi Pendidikan Nilai. Pustaka Pelajar.
Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Alfabeta.
Munte, K. S. dan D. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis
Mind Map Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Besaran dan Satuan
di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2).
P D Lestar, Dwijanto, P. H. (2016). Keefektifan Model Problem-Based Learning dengan
Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian
Belajar Peserta Didik Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2).
Rahayu, S. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Advance Organizer Untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Koloid. Journal of
Innovative Science Education, 1(1).
RR Aliyyah, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal
Sosial Humaniora, 8(2).
Rusdiana, Q. Y. Z. dan A. (2014). Pendidikan Nilai : Kajian Teori dan Praktik di Sekolah.
CV. Pustaka Setia.
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. KORDINAT, XVI(1), 31.
Samani, M. (2014). Belajar dan Pembelajaran (IV). PT Remaja Rosdakarya.
Santrock, J. W. (2003). Adolesence Perkembangan Remaja. Erlangga.
Steinberg, L. (2002). Adolescence. McGraw-Hill.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (XXIII). Alfabeta.
Suhardjono, S. A. dan. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (VIII). Pt Bumi Aksara.
Sunendar, I. dan D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Rosda.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek (2007th ed.).
Prestasi Pustaka Publisher
Published
2019-12-28
How to Cite
Jamaluddin, J., Judrah, M., Judrah, M., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. (2019). PENINGKATAN NILAI KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 9 KABUPATEN SINJAI. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 11(2), 1-14. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v11i2.424