PERAN BK DAN PAI DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DIDIK DI SEKOLAH
PROGRAM BIMBINGAN KONSELING PAI SEBAGAI SOLUSI KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DIDIK DI SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bimbingan konseling Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai solusi kemandirian belajar anak didik di lingkungan Sekolah. Penelitian ini melibatkan analisis terhadap sejumlah penelitian terkini yang membahas aspek-aspek kritis dalam bimbingan konseling PAI dan dampaknya terhadap perkembangan kemandirian belajar anak didik. Faktor-faktor seperti motivasi intrinsik, pemahaman konsep Agama, dan penerapan nilai-nilai moral dalam bimbingan konseling PAI akan dievaluasi dalam konteks meningkatkan kemandirian belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi kepada sekitar analisis berbasis pustaka atau library-based qualitative research yang mengacu pada jenis penelitian yang menggunakan sumber-sumber tertulis sebagai basis utama untuk mengumpulkan dan menganalisis data terkait dengan bimbingan konseling PAI sebagai solusi kemandirian belajar anak didik di lingkungan Sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan konseling PAI adalah solusi dalam mewujudkan kemadirian belajar anak didik di Sekolah karena bimbingan konseling membantu anak didik dalam memecahkan masalahnya dan membantu anak didik untuk menemukan jati diri dan mampu membuat anak didik untuk terus berpikir positif di setiap dalam setiap tindakannya. Implikasi praktis dari temuan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi para konselor, guru, dan pembuat kebijakan pendidikan untuk lebih memahami dan menerapkan strategi bimbingan konseling PAI yang dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan kemandirian belajar anak didik di Sekolah.
References
Agus suryanto, T., & Fuadi. (2021). MEMAHAMI BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR. teori dan aplikasi dasar-dasar bimbingan serta konseling belajar (Andre). Penerbit Adab.
Alviah, S. N., Oktrifianty, E., & Huliatunisa, Y. (2023). Kemandirian Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1892–1898. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5827
Astuti, I., Haryati, E., & Atika, A. (2022). PENGEMBANGAN MODEL RESILIENSI AKADEMIK BERBANTUAN KONSELING KELOMPOK. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 15(2), 116. https://doi.org/10.24114/jtp.v15i2.39122
Aulia, N. I. P., & Araniri, N. (2021). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI KONSELOR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Al-Mau’izhoh, 3(1), 9. https://doi.org/10.31949/am.v3i1.3194
Fauza, W., & Chalidaziah, W. (2021). Konseling Individual dalam Mengatasi Prilaku Agresif Siswa.
Fitri, A., Nursikin, M., & Amin, K. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 05(03).
Ghufron, M., Santosa, H., & Sumiyem, S. (2022). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN METODE BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM: LITERATUR REVIEW. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 331–338. https://doi.org/10.32806/jkpi.v3i2.144
Hakiki, H. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Toleransi Beragama Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Journal of Educational Research, 2(1), 189–204. https://doi.org/10.56436/jer.v2i1.227
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF (Fitratun annisya&Sukarno). LEMBAGA PENDIDIKAN SUKARNOPRESSINDO (LPSP).
lesmana, G. (2021). BIMBINGAN DAN KONSELING: populasi khusus (irfan fahmi). kencana.
Mardani, M. (2019). PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL SISWA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 344–356. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.62
Muahor, M. (2021). PENINGKATAN PENGETAHUAN ORANG TUA MELALUI PROGRAM SMART PARENTING DENGAN PENDEKATAN HYPNOPARENTING TENTANG KEMANDIRIAN BELAJAR, GAYA BELAJAR DAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA DI ERA DIGITAL. GEOMATH, 2(1), 61. https://doi.org/10.55171/geomath.v2i1.776
Nugroho, P. W., & Maulana, M. A. (2021). Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 10. https://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1429
Permana, S. A. (2020). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 61–69. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v1i2.2425
R. Nurhayati, Sudirman P, Kahar, Qadrianti, L., Islamiah, N., Hidayat, I., Amal, M., Asisa, N., & Faizah, A. (2023). Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan Guna Menumbuhkan Motivasi Belajar di MTs Muhammadiyah Balangnipa. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 58–64. https://doi.org/10.47435/pendimas.v2i1.2174
R. Nurhayati, Sudirman P, Sartina, Suwito, A., Andra Ningsih, D., Janna, H., & Rahmat, F. (2023). Kendala-Kendala yang dihadapi Guru PAI dalam Menerapkan Self-Assessment di Madrasah Allyah Negri 4 Bone. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 2, 32–38. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1837
Rahayu, R. R. (2019). PERAN GURU PAI, WALI KELAS DAN KONSELOR BK DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEBERAGAMAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP AKHLAK SISWA (Penelitian di SMP Darul Hikam Bandung). Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(1). https://doi.org/10.15575/ath.v4i1.2962
Riska, R. K., & Ulfa, U. D. R. (2021). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH BANTUL. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 380–390. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.528
Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI PILAR PEMBENTUKAN MORAL DAN ETIKA. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249
Salahuddin, anas. (2016). Bimbingan dan konseling (tim redaksi pustaka setia). cv. pustaka setia.
Samsudin, U. (2020). Pendidikan Demokrasi dalam Kurikulum Bermuatan Ideologi pada Institusi Pendidikan Islam. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 261–277. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.37
Sulistianingsih, S., Fajar, I., & Muslimah, M. (2022). IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU BERBASIS KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA. Sociocouns: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 2(2), 119–132. https://doi.org/10.35719/sjigc.v2i2.76
suriyono, heru. (2017). BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR BAGI SISWA DI SEKOLAH (rajawali pers). PT. rajagrafindo persada.
Turham. (2022). Konsep dan Teori Belajar: Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Konseling. Ta’dib, 11(1), 14–22. https://doi.org/10.54604/tdb.v11i1.14
Zulfitria, & arif, zainal. (2019). PERAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI BIMBEL HIAMA– BOGOR. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2, 7.
Copyright (c) 2024 Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.