Kontribusi Sinjai TV Sebagai Pusat Syiar Komunikasi Pendidikan Agama Islam
Abstract
Artikel ini membahas mengenai kontribusi Sinjai TV sebagai pusat syiar komunikasi pendidikan agama islam, dimana Stasiun televisi lokal Sinjai, yang berlokasi di Sinjai, Sulawesi Selatan, telah berperan penting dalam menyebarkan informasi tentang pendidikan agama Islam di daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kontribusi Sinjai TV terhadap penyebaran nilai-nilai pendidikan Islam melaluai media terfisi (2) Peran sinjai TV dalam meningkatkan pemahaman Masyarakat tentang ajaran-ajaran islam melalui program-programnya, (3) tantangan yang dihadapi sinjai TV di era perkembangan TIK. Dengan Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus untuk mengumpulkan informasi yang mendalam tentang peran dan kontribusi Sinjai TV sebagai media dakwah Islam dalam menyebarkan nilai-nilai keagamaan, pendidikan Islam, dan pemahaman ajaran Islam kepada masyarakat Sinjai melalui program-program yang disiarkan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung program keagamaan di Sinjai TV dan wawancara dengan pengelola stasiun. Selain itu, peran Sinjai TV sebagai sarana komunikasi pendidikan agama Islam tercermin dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan ajaran Islam dan nilai-nilainya. Dengan memberikan penjelasan menyeluruh tentang konsep-konsep pendidikan agama Islam, Sinjai TV membantu memperluas wawasan dan pemahaman masyarakat Sinjai tentang agama Islam serta memberikan petunjuk tentang cara menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Sinjai TV beradaptasi dan berinovasi dengan perkembangan teknologi informasi dan trend konsumsi media dalam menghadapi tantangan media massa kontemporer. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola Sinjai TV terus menerus mengembangkan program-program yang informatif, mendidik, dan menghibur, serta memperluas jangkauan audiens melalui penerapan strategi digital dan kehadiran online, terutama di kalangan generasi muda yang cenderung mengkonsumsi konten melalui media digital. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan kajian Pustaka.
References
Hatta dan Herdianto Fakultas Dakwah dan Komunikasi, H., & Alauddin Makassar, U. (n.d.). Televisi dan Pola Pikir Remaja Perempuan… (Harmin dam Herdianto) TELEVISI DAN POLA PIKIR REMAJA PEREMPUAN SINJAI SELATAN.
Juhaeni, Safaruddin, R Nurhayati, & Aulia Nur Tanzila. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 34–43. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.11
Kusumawati, K. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan. Jurnal Limits, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.59134/jlmt.v5i1.311
Muhammad Anis Yahya. (2022). NILAI-NILAI DAKWAH dalam TRADISI PERNIKAHAN MUBENG GAPURA MASJID AT-TAQWA DESA LORAM.
Mujahidin, I. (2021). Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pengembangan Dakwah. Syiar | Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.54150/syiar.v1i1.33
Mukhlis, I., & Munir, M. S. (2023). Konsep Tasawuf Dan Psikoterapi Islam. 7(1), 62–74.
Musliadi, M., & Suriati, S. (2021). Strategi Komounikasi Dakwah Masjid Nujumul Ittihad. RETORIKA : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(2), 106–125. https://doi.org/10.47435/retorika.v3i1.710
Nurhayati, R., Qadrianti, L., & Islamiah, N. (2023). Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah Dalam Berpakaian Syar’I. Journal of Islamic Education and Social Science, 2(2), 22–31.
Rahmawati. (2021). Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V Terhadap Q . S At-Tin Menggunakan Model Make A Match. 1(1), 991–997.
Rozie, F. (2021). pendekatan studi islam.
Suci, A. K. (2023). Dalam Mengatasi Perilaku Tercela Program Studi Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di MTS Negeri 2.
Suhendi, M. Y. W. P. A. (2023). Analisis Strategi Manajemen Komunikasi (Studi pada Pusat Dakwah Islam Jawa Barat). Jurnal At - Talim Studi Al-Quran Dan Hadist, Pendidikan Islam, Hukum Islam, Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 91–101.
Suriyati, Nurqadriani, Nur, M. J., & Mustamir. (2022). Implementasi Metode Ummi Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an Hidayatul Haq Sinjai. 6(2), 185–192.
Sutamaji, & Ahmad Abdulloh Irsyad Al-Baihaqi. (2020). Strategi Komunikasi Takmir Masjid Dalam Syiar Islam. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(2), 53–62. https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i2.185
Syafei, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning Untuk Menangkal Radikalisme Pada Pendahuluan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(I), 137–158.
Syarifuddin, S. (2018). Pendekatan Historis Dalam Pengkajian Pendidikan Islam. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 13(2), 121–133. https://doi.org/10.52266/kreatif.v13i2.91
Ushuluddin, F., & Komunikasi, D. A. N. (2022). Strategi komunikasi dalam mengembangkan Sinjai TV skripsi.
Copyright (c) 2024 RETORIKA : Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.