Metode IQRA Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Bagi Anak-Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Mangarabombang

Abstract

 Keterbatasan pengetahuan usia sekolah dasar di desa Mangarabombang tentang metode pembelajaran Al Quran secara tidak langsung berdampak pada rendahnya kemampuan anak-anak dalam membaca Al Quran. Permasalahan tersebut adalah tantangan dan tanggung jawab kami sebagai bentuk pengabdian masyarakat di lingkungan Mangarabombang. Pengabdian kami dilatarbelakangi dengan adanya kemampuan anak-anak dalam membaca Al-qur’an yang masih kurang tepat. Maka dari itu, tujuan pengabdiaan penulis adalah meningkatkan kemampuan dan mengatasi kesulitan membaca Al Quran serta diharapkan mampu menjadikan anak-anak  menjadi lebih tepat dan sesuai dalam membaca Al-Qur’an di desa Mangarabombang, penulis menerapkan metode iqra’ dalam pembelajaran membaca Al Quran. Metode Iqra’ adalah suatu metode membaca Al Quran yang menekankan langsung pada latihan  membaca menggunakan buku panduan iqra’. Metode Iqra’ merupakan proses membaca Al Quran yang memusatkan terhadap pelatihan membaca yang mengaplikasikan buku podoman Iqra. Metode iqra adalah terobosan proses pengajaran yang baik untuk mencapai pengembangan kemahiran membaca Al Quran bagi kanak-kanak di desa Mangarabombang. Faktor pendukung penerapan metode Iqro’ bagi anak-anak usia SD di desa Mangarabombang, yaitu: 1. Penerapan metode Iqra sudah dilaksanakan dari dulu. 2. Metode iqro pengaplikasiannya lebih mudah dibanding metode lainnya. 3. Tidak memerlukan kecakapan khusus dan pelatihan. 4. Masyarakat sudah mendukung pengaplikasian metode Iqra. 5. Metode Iqra sudah banyak diaplikasikan dan mudah pengucapan huruf-hurufnya.

Author Biography

R Nurhayati, iaim Sinjai

DosenTetap Prodi PAI IAIM Sinjai

References

Aktifa, A. F., Dianita, E., Darmayanti, S., Firda, S., Akhadah, L., Sania, Z., & Fatimah, S. (2023). Pengabdian kepada Masyarakat melalui Kegiatan Pendampingan TPQ di Dusun Krajan Desa Sumberngepoh. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol., 4(1).
Ali Mahfud, & Sobar Al Ghazal. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro di TPQ X Rengasdengklok Karawang. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 109–114. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1482
Ikbal, M., & Pratami, F. (2022). Penerapan Metode Al-Hira Dalam Optimalisasi Membaca Al-Qur’an Di Kelas II SD Islam Terpadu Al-Husnayain. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 954. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1226
Juhaeni, Safaruddin, R. N. A. N. T. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 38–46.
Kasmar, I. F., & Anwar, F. (2021). Metode Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Alquran Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam E-ISSN:, 1(4), 617–629.
Masrikah, A., & Rusdiana, F. K. (2021). Implementasi Metode Iqra ‟ Dalam Pengajaran Al- Qur ‟ an Di Madrasah Diniyah Awaliyy ah “ Al - Ikhlas ” Bendosukun Desa Slaharwotan Lamongan. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 87–94.
Nur, I. R., & Aryani, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 2(3), 100–110. https://doi.org/10.37481/jmh.v2i3.474
Nurhayati, R., Qadrianti, L., Islamiah, N., Nurhayati, R., Qadrianti, L., & Islamiah, N. (2022). PEDOMAN HIDUP ISLAMI WARGA MUHAMMADIYAH DALAM BERPAKAIAN SYAR ’ I. Journal of Islamic Education and Social Science, 10, 22–31.
Nurhayati, R., Sudirman, P., Qadrianti, L., Islamiah, N., Hidayat, I., & Amal, M. (2023). Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan Guna Menumbuhkan Motivasi Belajar di MTs Muhammadiyah Balangnipa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 58–64.
Samadri. (2020). 15422136 Samadri. Efektivitas Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqra’ Di Tpa Al-Furqon Dusun Rejosari, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.
Sauri, S., Amri, N., Jumadi, A., Najwa, S., & Hapsah, S. (2021). Implementasi Metode Iqra ’ Dalam Pembelajaran Membaca Al Quran Di Tpq Dusun Lelonggek Desa Suntalangu. 1(1).
Solong, N. P., & Adrian, A. (2020). Penerapan Iqra Talaqi Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Oleh. Directory of Elementary Education Journal ISSN, 1(2), 156–173.
Subhan Adi Santoso. (2019). mplementasi Metode Iqra’ Dan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Al-falah Modung Bangkalan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 2–18. https://doi.org/10.37286/ojs.v4i1.32
Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., & Kamala, I. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 44. https://doi.org/10.30659/jpai.2.2.44-54
Yana, R. F., Syawaluddin, F. A., Sagala, A. H., & Siagian, T. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Quran. Pena Cendikia, 4(2), 23–28.
Published
2024-10-12