PENGARUH BUDAYA MADRASAH TERHADAP KARAKTER DISIPLIN DAN PEMBIASAAN LITERASI AL-QURAN

  • Ahmad Marzuki
  • Ismail Ismail Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Muh Anis Universitas Islam Ahmad Dahlan
Keywords: Budaya Madrasah, Karakter Disiplin, Literasi Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Budaya madrasah terhadap karakter disiplin peserta didik di MA Muhammadiyah Tengnga Lembang, mengetahui Pengaruh Budaya madrasah terhadap pembiasaan Literasi al-Quran peserta didik di MA Muhammadiyah Tengnga Lembang dan mengetahui Seberapa besar Pengaruh Budaya madrasah terhadap karakter disiplin dan pembiasaan Literasi al-Quran peserta didik di MA Muhammadiyah Tengnga Lembang. Jenis metode penelitian yakni jenis Ex Post Facto. Jenis pendekatan adalah pendekatan kuantitatif. Subyek dari penelitian ini peserta didik di MA Muhammadiyah Tengnga Lembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian yaitu, 1) berdasarkan hasil uji T, analisis memperoleh nilai t hitung sebesar (8,648) dengan nilai lebih besar dari t tabel (1,667), sehingga dikatakan terdapat pengaruh signifikan variabel Budaya Madrasah terhadap variabel Karakter Disiplin, maka Ha1 diterima dan Ho1 ditolak. 2) berdasarkan hasil uji T, analisis memperoleh nilai t hitung sebesar (8,777) dengan nilai lebih besar dari t tabel (1,667), sehingga dikatakan terdapat pengaruh signifikan variabel Budaya Madrasah terhadap Pembiasaan Literasi Al-Quran, maka Ha2 diterima dan Ho1 ditolak. 3) berdasarkan hasil analisis data, Budaya Madrasah memiliki pengaruh terhadap Karakter Disiplin dengan memperoleh nilai rata-rata sejumlah 53,5% dengan kriteria cukup berpengaruh, sedangkan sisanya yakni 46,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X. Sedangangkan berdasarkan hasil analisis data, Budaya Madrasah memiliki pengaruh terhadap Pembiasaan Literasi dengan memperoleh nilai rata-rata 54,2% dengan kriteria cukup berpengaruh, sedangkan sisanya yakni 45,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X

References

Adiwikarta, S. (2016). Sosiologi Pendidikan Analisis Sosiologi Tentang Praksis Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Adwok J. (2015). Probability Sampling—A Guideline for Quantitative Health Care Research. The ANNALS of AFRICAN SURGERY, 12(2), h.95-99.
Agus, Z. F. (2012). Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Ar Ruzz Media.
Ahmad, A., & Abdul Majid. (2011). Tadzkiyah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Konstektual. Raja Grapindo Persada.
Ali, I. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Bumi Aksara. Alkaf, N. H. (2012). Metodologi Pendidikan. Islamic Research Publishing.
B. Uno Hamzah, & Nina Lamatenggo. (2012). ,Teori Kinerja dan Pengukurannya,. Bumi Aksara.
Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualittif dan Kuantitatif. Sukabina Pres. Buhaiti, A. (2014). Kepemimpinan dan Budaya Madrasah. 21(1).
Darmini, M. (2015). Pendidikan Karakter. UMC Press.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Kosep Dasar Untuk Penulisna Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Deepublish Publisher.
Eka S, A. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2).
Fitri, A. Z. (2012). Reinventing Human Character:Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Ar Ruzz Media.
H Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara.
Hidayat, N. (2016). Impelementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Pondok Pesantren Pabelang. Calpulis, 2(5).
Huda, A. M., Farid Setiawan, & Rohimah Dalimunthe. (2021). Budaya Sekolah/ Madrasah. Jurnal Pendidikandan Sains, 3(3), 517–526.
Suci, H. (2021). , Pengantar Statistika I. Penerbit Media Sains Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suprihadi. (2013). Pintar Agama Islam. Lintas Media.
Suryadi. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya. Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya,. Kencana.
Syamsul, K. (2014). Pendidikan Karakter. Ar Ruzz Media.
Susilo, F., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1919–1929. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1950
Suyanto, R., Pahrudin, A., & Rinaldi, A. (2023). Pengaruh Budaya Religius Madrasah Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik. Shautut Tarbiyah, 29, 1–14.
UURI No.20 Tahun 2003. (2003). Undang-Undang Tentang Pendidikan Nasional (UURI No. 20 Tahun 2003) dan peraturan pelaksanaannya. Sinar Grafika.
Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Penerapan Konsep&Aplikasi SPSS. PT Elex Media Komputindo.
Wuri, W. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 28(2).
Yonas, & Kholida, L. (2016). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Kedisiplinan Beragam Siswa MAN 1 Baureno, Bojonegoro, Jawa Timur. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Zamroni. (2013). Manajemen Pendidikan: Suatu Usaha Meningkatkan Mutu Sekolah. Ombak.
Departemen Agama R.I., 2009; 19. (2009). Al Qur’an, Tajwid, terjemah dan Tafsir Untuk Wanita. Marwah.
Hartini, S. (2018). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru Di MTs Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(2), 38–59. https://doi.org/10.24269/ajbe.v2i2.836
Mirza, I. (2014). Sehat dengan al-Qur’an. Grafindo Media Pratama.
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Putri Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.599
Riadi, A. (2018). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 18(2), 265–281.
Susilo, F., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1919–1929. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1950
Suyanto, R., Pahrudin, A., & Rinaldi, A. (2023). Pengaruh Budaya Religius Madrasah Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik. Shautut Tarbiyah, 29, 1–14.
Wulandari, T., & Haryadi. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Siswa SMAN 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 104–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018
Yonas, & Kholida, L. (2016). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Kedisiplinan Beragam Siswa MAN 1 Baureno, Bojonegoro, Jawa Timur. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Published
2023-10-09
How to Cite
Marzuki, A., Ismail, I., & Anis, M. (2023). PENGARUH BUDAYA MADRASAH TERHADAP KARAKTER DISIPLIN DAN PEMBIASAAN LITERASI AL-QURAN . Jurnal Al-Ilmi, 4(1), 33-48. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v4i1.2245