Peranan Orang Tua Terhadap Pertumbuhan Semangat Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik UPTD SMPN 1 Sinjai Utara

  • Indirwan Indirwan Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Wahdaniar Wahdaniar Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Musriani Musriani Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Ana Mutmainnah Bani Said Said Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Amanda Nurfadilah Nurfadilah Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Mutawadiah Mutawadiah Universitas Islam Ahmad Dahlan

Abstrak

Kegiatan pengabdian dilakukan dengan tujuan untuk mendalami pengaruh dan peranan orangtua dalam pertumbuhan semangat belajar peserta didik khususnya di UPTD SMPN 1 Sinjai Utara. Adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan memanfaatkan metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini yakni peserta didik kelas 7 (ruang belajar A) sebanyak 30 0rang. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama 1 pekan dan ditemukan hasil bahwa sebagian besar peserta didik masih merasa tidak bersemangat dalam pelajaran bahasa Inggris dan merasa tidak memiliki potensi dalam bidang tersebut yang mana hal ini bukan saja karena faktor intrinsik dari dalam diri peserta didik saja tetapi juga memiliki pengaruh dari lingkungan keluarga seperti orangtua di rumah

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ade, N. (2017). Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama.
Diert-Boté, I., & Moncada-Comas, B. (2024). Out Of The Comfort Zone, Into The Learning Zone: An Exploration Of Students’ Academic Buoyancy Through The 5-Cs In English-Medium Instruction. System, 124(June). https://doi.org/10.1016/j.system.2024.103385
Farhan Rafi, M., & Farih, A. (2022). Kesulitan Siswa Terhadap Teks Bahasa Inggris. Fourth Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang, September, 233–252.
Hasnan Baber, V. Deepa, Hamzah Elrehail, Marc Poulin, F. A. M. (2023). Self-Directed Learning Motivational Drivers Of Working Professionals: Confirmatory Factor Models. Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 13(3), 625–642. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/HESWBL-04-2023-0085
Hu, J., Kang, T., Zhang, J., & Ma, X. (2024). The Chain Mediating Effect Of Learning Goal Distress And Excessive Learning Motivation From Unknown Locus Of Control On Migrant Middle School Students’ Learning Anxiety. Acta Psychologica, 248(June), 104350. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2024.104350
Mega Astarina, Rizki Isfahani, dan A. P. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Viii Di Smpn 1 Cikupa. Nusantara Hasana Journal, 1(6), 74–78.
Melvina, M., & Lidya, M. (2023). The Role of Working Parents in Accompanying Children in learning English During Online Classes. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(1), 81–85. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i1.121483
Muthoharoh, N. B. (2016). Tingkat intelegensi dan peran orang tua terhadap keterampilan menulis bahasa inggris. Factor Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(1), 34–46.
Na’im, Z., & Fakhru Ahsani, E. L. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 12(Nomor 1), 32–52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621
Neumann, M. M., & Herodotou, C. (2020). Young Children and YouTube: A global phenomenon. Childhood Education, 96(4), 72–77. https://doi.org/10.1080/00094056.2020.1796459
Nofrizal, N., Nirwana, H., & Alizamar, A. (2020). The Contribution of Parents Attention to Student Achievement Motivation. Journal of Educational and Learning Studies, 3(1), 55. https://doi.org/10.32698/0982
Østbø, I. U., & Zachrisson, H. D. (2022). Student Motivation and Parental Attitude as Mediators for SES Effects on Mathematics Achievement: Evidence from Norway in TIMSS 2015. Scandinavian Journal of Educational Research, 66(5), 808–823. https://doi.org/10.1080/00313831.2021.1939138
Patricia, C. O. S., Jimmi, V., & Julioe, R. (2017). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Palembang. Educativo: Jurnal Pendidikan, 53(3), 6.
Pliogou, V., & Tromara, S. (2024). Home-school Communication in Greek Secondary Multicultural Educational Settings: Parents’ and Teachers’ perspectives. Έρευνα Στην Εκπαίδευση, 13(1), 66–88. https://doi.org/10.12681/hjre.36656
Sentosa, B. M. (2023). Does Parental Income and Education Improve Academic Achievement?: A Case of Public High School Students at Tangerang Municipality. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(2), 387–403. https://doi.org/10.23960/jpp.v13.i2.202318
Setiawati, S. M. (2018). 'HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.
Setyowati, L. (2015). Pengaruh metode pembelajaran penugasan dan peran orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Seni, 07(3), 227–236.
Sri Lena, M., Sartono, S., Emilia, T., & Khairanis, S. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 41–47. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i3.175
Wiwin Yuliani. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 88.
Zurriyati, E., & Mudjiran, M. (2021). Kontribusi Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterlibatan Siswa Dalam Belajar (Student Engagement) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1555–1563
Diterbitkan
2025-07-31