Peningkatan Kreativitas Pembuatan Karya Seni Rupa Mozaik Pada Siswa Kelas III MIS Al-Anshar Alak
Abstrak
Kegiatan PKM ini untuk memberikan pelatihan tentang pembuatan karya seni rupa mozaik untuk meningkatkan kreativitas kepada peserta didik. Melalui proses pembelajara dengan kegiatan yang menyenangkan bagi peserta didik yaitu melalui bermain sekaligus berseni, diharapkan dapat merangsang dan memupuk kreatifitas anak sesuai dengan potensi yang dimilikinya untuk pengembangan dirinya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk untuk meningkatkan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Proses kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) melalui tiga tahap diantaranya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan ini direspon baik oleh seluruh peserta didik. Semua peserta didik sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti proses kegiatan dari awal sampai selesai. Kegiatan PKM ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas III MIS AlAnshar Alak. Hasil dari kegiatan PkM diantaranya peserta didik mengetahui karya seni rupa jenis mozaik, peserta didik terampil dan kreatif melakukan tekni mozaik serta peserta didik sangat bersemangat dalam kegiatan yang dilaksanakan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Asia Nur Rahim. 2020. Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Taman Kanak-kanak Nusa Makassar. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 No, 1.
Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of SECE Studies in Early Childhood Education.
Hartono. (2018). Model Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Lontar Mediatama.
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Musa, L. A. D., & Hasis, P. K. (2021). PEMBELAJARAN SENI RUPA UNTUK ANAK USIA DINI. Penerbit Adab.
Pamadhi, Hajar dan Evan Sukardi. 2014. Seni Keterampilan Anak. Tanggerang: Universitas Terbuka Press.
Prawira, Nanang Ganda. 2017. Seni Rupa dan Kriya: Buku Ajar Bagi Mahasiswa PGTK, PGSD, Guru Paud, dan SD. Bandung: PT. Sarara Tutorial Sejahtera.
Rohmiati, R., Deluma, R. Y., Salma, S., & Nurlina, N. (2023). PERENCANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Pt. Pena Persada Kerta Utam
Saripah. (2023). Bentuk Pengembangan Kemampuan Seni Anak Usia Dini (Konsep, Teori, dan Aplikasinya). Mafy Media Literasi Indonesia.
Silviana, W. 2019. Implementasi Teknik Mozaik dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Mandiri Desa Hargo Pancuran Lampung Selatan. (Skripsi).
Fakultas tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Semarang.
Sumanto. 2011. Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Wahyudi., & Nurjaman, I. (2018). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##