Pendampingan Siswa melalui Bimbingan Islami untuk Pencegahan Perilaku Bullying di Sekolah
Abstrak
Bullying di sekolah merupakan fenomena sosial yang mengkhawatirkan karena berdampak negatif terhadap perkembangan psikologis, akademis, dan spiritual siswa. Upaya pencegahan bullying tidak hanya dapat dilakukan melalui pendekatan psikologis dan hukum, tetapi juga melalui pendekatan religius yang menanamkan nilai-nilai akhlak Islami. Artikel ini memaparkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam bentuk pendampingan siswa melalui bimbingan Islami sebagai strategi preventif terhadap perilaku bullying di sekolah. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan melibatkan siswa, guru, serta konselor sekolah. Pendampingan difokuskan pada penanaman nilai ukhuwah Islamiyah, empati, kesabaran, dan penghargaan terhadap sesama. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kesadaran siswa tentang bahaya bullying serta tumbuhnya sikap saling menghormati dan peduli antar teman. Dengan demikian, bimbingan Islami terbukti efektif sebagai alternatif strategi pencegahan bullying di sekolah karena mampu mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan spiritual dalam pembentukan karakter siswa. Program ini diharapkan dapat direplikasi pada sekolah lain sebagai upaya membangun lingkungan pendidikan yang aman, damai, dan berakhlak mulia
Referensi
Haru, E. (2022). Perilaku Bullying Di Kalangan Pelajar. Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural, 11(2). https://jurnal.stipassirilus.ac.id/index.php/ja/article/view/111
Mardawani, M., Seran, E. Y., Marganingsih, A., & Dewiwati, E. (2024). Penguatan Kontrol Diri Siswa dari Kecanduan Gadget di SMP Nusantara Indah. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 153–162.
Nurqadriani, N., Suriyati, S., Dahlan, M. N. F., & Wahyu, W. (2025). TRANSFORMASI KEPEMIMPINAN MADRASAH: PENDAMPINGAN PKKM SEBAGAI INSTRUMEN EVALUASI. PENA DIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://jim.unisma.ac.id/index.php/PENADIMAS/article/view/27457
Putri, E. D. (2022). Kasus bullying di lingkungan sekolah: Dampak serta penanganannya. Keguruan Online, 10(2), 24–30.
Rufaedah, E. A. (2015). Kajian Nilai-Nilai Bimbingan Dan Konseling Islami,(Telaah Berdasarkan Al-Qur’an Dan Al-Hadist). Risâlah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 124–132.
Rufaedah, E. A. (2020). Peranan pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 8–25.
Sawaludin, S. P., & Alqadri, B. (2025). PERILAKU BULLYING SISWA DILINGKUNGAN SMP NEGERI 4 GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(03), 293–307.
Sugiyono, F. X. (2017). Instrumen Pengendalian Moneter: Operasi Pasar Terbuka (Vol. 10). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.
Suriyati, S. (2019). GURU SEBAGAI JABATAN KARIR DAN PROFESIONAL. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 11(2), 52–62.
Syaifulloh, M., & Mujahid, M. (2024). Strategi Mengajarkan Anak Didik Untuk Berperilaku Sabar. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 1448–1464.