Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

  • Sukmawati Sukmawati
  • Hardianto Rahman IAIM Sinjai
  • Mustamir Mustamir IAIM Sinjai
Keywords: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sinjai, (2) Pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak Madrasah Aliyah Negeri 2 Sinjai, (3) Seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan hasil belajar dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sinjai. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam dari penelitian ini adalah siswa kelas XI. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan teknik angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sinjai dengan nilai 0,002<0,05. Ke dua, ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sinjai dengan nilai 0,035<0,05. Ke tiga, besar pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar sebesar 43,5%, dan pembelajaran daring terhadap hasil belajar sebesar 30,5%.

References

A, Harsidar. “Pengaruh Game Playstation 2 Smack Down Terhadap Karakter Peserta Didik SDN No. 05 Sinjai Utara”, Skripsi Sarjana, Sinjai: IAIM Sinjai, 2016.
A,M Sardiman. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Cet. 23. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada. 2016.
A.N Sobron, B. R. Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. 2019.
Abd. Mujib, Tadjab, Muhaimin. Dimensi-Dimensi Studi Islam. Surabaya: Karya Abditama, 1994.
Abdullah. Panduan Aqidah Lengkap. Bogor: Pustaka Ibnu Katsir, 2005.
Afifatu, Rohmawati. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 2016.
Albitar S, Syarifudin. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.2020.
An Sobron, et al. ”Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.”Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship. vol. 1.no.1.2019.
Apta Mylsidayu, Kurniawan febi. Ilmu Kepelatihan Dasar. Bandung : Alfabeta.2014.
Arifin Ahmad, Zainal. Perencanaan Pembelajaran: dari Desain Sampai Implementasi. Jakarta; Pedagogia. 2012.
Arikunto Suharmisi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V, Jakarta: Rineka Cipta. 2002.
Azwar Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Belajar: Yogyakarta.2012.
D.Singgih Gunarsah, Setiadarma P.monty dan Soekasah R.HardjolukitobMyrna.. Psikologi Olahraga. Jakarta : BPK Gunung Mulia.1996.
D.Singgih Gunarsah, Setiadarma P.monty dan Soekasah R.HardjolukitobMyrna. 1996. Psikologi Olahraga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.2008.
Dayakisni Tri & Hudaniah. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.2009.
Dimyati. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.2009.
Dina Thalib , Raja, Angga. “Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi Di UPBJJ UT Bandung”. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh”, Volume 15, Nomor 2. 2014.
Efendi Pohan Albert, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, Cet. I, Jawa Tengah: CV Sarnu Untung, 2020.
Handoko Martin. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius.1992.
Hanifah Salsabila Unik, dkk, “Metodologi Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Bendo Kalibawang”, Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Volume 5 No. 2, 2020.
Hotmartua Sitorus Ermida. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP Negeri 6 Medan. Jurnal Inspiratif, Vol. 5, No. 1 April 2019. p-ISSN : 2442-8876, e-ISSN : 2528-0457.
Ifrianti Syofnidah & Yasyfatara zasti. “Terampil Peningkatan Motivasi Belajar PAI Melalui Metode Pembelajaran Questions Students Have pada Peserta Didik Kelas IV SDN I Hajimena Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016”. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 3 Nomor 1. 2016.
Jaali, Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2014.
K. Gowing Marilyn.“Measurement of Individual Emotional Competence” dalam Adhetya Cahyani, dkk. Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 3 No. 01 2020, p. 123-140, ISSN: 2338-4131 (Print) 2715-4793 (Online).
M Dalyono dan TIM MKDK IKIP Semarang. Psikologi Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.1997.
Max Darsono. Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press. 2000.
Max, Darsono. Belajar Dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang.2004.
Moejikat. Dasar – Dasar motivasi. Bandung: Pionir Jaya2002.
Muhammad, Isman. Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). 2017.
N.D Puspaningtyas, Dewi, P.S. Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 3, No.6, November 2020. p-ISSN 2614-221X, e-ISSN 2614-2155
Nashar. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.2004
Nugraha, dkk.,”Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV” Jurnal inovasi penelitian vo. 1. no 3 2020.
Rahma, dkk., “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19” Gentamulia: jurnal ilmia pendidikan Vol.12. no.1. 2021.
Rifai Moh. AQIDAH AKHLAK (Untuk Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 1994 Jilid 1Kelas 1). Semarang: CV.Wicaksana, 1994.
Rimbun, Rimbarizki. Penerapan pembelajaran daring Kombinasi Dalam meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Pusat Kegiatan Belajar (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+Plus Unesa. 2017.
Rudhumbu Norman. Motivational Strategies In The Teaching Of Primary School Mathematics In Zimbabwe, International Journal Of Education Learning And Development UK Vol.2, No.2, Pp. 76-103. 2014.
S.P Hasibuan, Malayu. Organisasi Dan Motias. Jakarta : Bumi Aksara.2008.
Sardiman. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo, 2016.
Slameto. belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi, Cet ke 5. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.2015.
Suyono, Hariyanto. Belajar Pembelajaran. Bandung: PT remaja rosdakarya.2011.
Syaiful B, Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Rieneka Cipta.2002.
Syaodih Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Cet.1. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.2005.
Tim Dosen Agama Islam. Pendidikan Agama Islam Untuk Mahasiswa. Malang: IKIP Malang, 1995.
Winardi. Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta : Raja Grafindo Persada.2002.
Zaini Syahminan. Kuliah Aqidah Islam. Surabaya: Al Ikhlas, 1983.
Published
2021-09-21
How to Cite
Sukmawati, S., Rahman, H., & Mustamir, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam, 2(1), 30-43. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v2i1.748