Pengaruh Media Power Point dan Videoscribe terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI
-
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh media power point terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas VII UPTD SMPN 2 Sinjai, (2) Pengaruh media videoscribe terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas VII UPTD SMPN 2 Sinjai, (3) Pengaruh media power point dan media videosribe terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas VII UPTD SMPN 2 Sinjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas VII UPTD SMPN 2 Sinjai, sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas VII yakni kelas VII A, VII B dan kelas VII C. Tekhnik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling yang merupakan bagian dari kelompok Nonprobability Sampling. Tekhnik pengambilan sampel ini tidak memberi kesempatan yang sama terhadap seluruh anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel dengan adanya alasan tertentu. Adapun tekhnik pengumpulan data yaitu Angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini merujuk pada hasil analisis regresi sederhana dan regresi berganda yang menunjukkan bahwa: pertama, media power point berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas VII UPTD SMPN 2 Sinjai dengan nilai thitung 4,020 > ttabel 1,662 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kedua, media videoscribe berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas VII UPTD SMPN 2 Sinjai dengan nilai thitung 3,875 > ttabel 1,662 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Ketiga, hasil analisis regresi berganda dengan menggunakan Uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yakni 12,550 > 3,100 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka dinyatakan bahwa variabel media power point dan videoscribe berpengaruh secara simultan terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas VII UPTD SMPN 2 Sinjai. Dengan presentasi sebesar 22,8 % sedangkan 77,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya.
References
Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Malahayati, E. N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustianti, R., & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran.
Aprillia, M., & Monia, F. A. (2023). Penggunaan Media Video dan Powerpoint Dalam Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran dI SMP Negeri 1 PANTI. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(1).
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Arsyad, A. (2020). Media Pengajaran. PT. Grafindo Persada.
Asep, K. (2018). Buku Metodologi-min.pdf (p. 401).
Damitri, D. E., & Adistana, G. A. Y. P. A. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Sebagai Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Bangunan
Dea Elvina Damitri. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 06, 1–7.
Hasan, A. A., & Barorah, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Videoscribe dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Lisanuna, 9(2), 140–155.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method ). In Hidayatul Quran. Hidayatul Quran.
Imamah, N., & Ma’ruf, A. (2019). Pengaruh Penerapan Media Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Aqidah Akhlaq di MTs Darul Ulum Purwodadi. Jurnal Al-Murabbi, 4(1), 87–102. https://doi.org/10.35891/amb.v4i1.1312
Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Videoscribe Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pembelajaran Fisika, 08, 66–72.
Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y., & Atmaja, H. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31–41.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan media Pembelajaran:Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Kencana.
Masfufah, R. A., Muyasyaroh, L. K., Maharani, D., Saputra, T. D., Astrianto, F., & Dayu, D. P. K. (2022). Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA) 2, 2(November), 347–352.
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939
Mudlofir, A. (2021). Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori Ke praktik. PT. Raja Grafindo persada.
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1).
Mumtazah, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas X Smk Wikrama the Influence of Islamic Religious Education Learning Against Information Technology Based Learning Interests of Students Sm. Ta’dibi, 4(2), 65–68.
Neliwati, N., Siregar, F. T., Siregar, A. A., & Batubara, H. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 297–306. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.351
Nurfadillah, S., & Azhar, C. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Pinang 1. 3(April), 153–163.
Pohan, S., Mavianti, M., Setiawan, H. R., & Marpaung, A. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Bergambar dan Power Point Pada Mata Pelajaran Fiqih. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 779. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2446
Rismawati. (2024). Wawancara. UPTD SMPN 2 Sinjai.
Riyana, C. (2017). Media Pembelajaran. DIrektur Jenderal Pendidikan Islam.
Safaruddin, Juhaeni, Nurhayati, R., & Tanzila, N. A. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of IslamicEducationat Elementary School, 1(1), 38–46.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 37–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459–470. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1534
Surya Anggraini, F. (2019). Pengembangan Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Multikultural. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4 no. 2 De(2), 63–75. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.46
Susanti, A. P., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99–106.
Tampubolon, A. A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas XI. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 48–52.
Umar, U. (2020). Pendekatan Pembelajaran dari Berbasis ICT Ke Di Era Big Data, Reorientasi Pembelajaran PAI Dalam Paradigma Konstruktivisme. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 9(1), 160–177. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v9i1.257
Uno, B. H. (2016). Profesi Kependidikan. Bumi Aksara.
Copyright (c) 2025 Nurafiah Nurafiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.