https://journal.uiad.ac.id/index.php/pendimas/issue/feedPENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat2025-07-31T00:00:00+00:00Sabaruddinsabaruddin.iaim@gmail.comOpen Journal Systems<p class="text-justify" style="line-height: 18.75pt; background: white; margin: 15.0pt 0cm 15.0pt 0cm;"><strong><span style="font-size: 10.5pt; font-family: 'Segoe UI',sans-serif;">PENDIMAS </span></strong><span style="font-size: 10.5pt; font-family: 'Segoe UI',sans-serif;">ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, pertanian, perikanan, dll baik yang berbentuk penyuluhan, pendampingan, bimbingan teknis, dan jenis kegiatan lain yang relevan. Jurnal ini merupakan Open Access Journal yang terbit perdana mulai tahun 2022. Dalam 1 (satu) tahun terbit 2 kali yaitu pada bulan Juli dan Desember. Seluruh artikel dapat diakses dan didownload secara bebas oleh pihak yang membutuhkan. </span></p>https://journal.uiad.ac.id/index.php/pendimas/article/view/3304Program Bimbingan Belajar Siswa/Siswi SD di Desa Kacung Kecamatan Kelapa (Pengadian Mahasiswa KKN-Mas)2025-07-16T06:30:56+00:00Isnaeniisnaeniuiadsinjai@gmail.comPrima Mytramytraprima@gmail.comSabaruddin Sabaruddinsabaruddin.iaim@gmail.com<p><em>Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiah (KKN-MAs) yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung diikuti oleh mahasiswa/i PTMA se-Indonesia secara kemitraan sebagai salah satu perwujudan tridharma perguruan tinggi dan IPTEK</em><em>. </em><em>Melalui program KKN-MAs mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari di kampus dalam situasi nyata di lapangan. Observasi yang dilakukan dengan metode tanya jawab dan pengamatan kondisi yang terjadi di lapangan secara langsung diketahui sebagian besar siswa/siswi SD memiliki kemampuan yang masih sangat rendah erhadap materi dasar pada mata pelajaran bahasa Indonesia, Agama Islam, dan Matematika. Kegiatan bimbingan belajar bagi siswa merupakan salah satu program kerja individu yang dilaksanakan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa/siswi SD desa Kacung. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa/siswi SD desa Kacung pada mata pelajaran bahasa Indonesia, Agama Islam, dan Matematika. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus – 30 Agustus 2023 setiap hari Rabu dan Sabtu pukul 19.30 – 20.00 WIB dengan menggunakan posko mahasiswa peserta KKN-MAs di desa Kacung. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program bimbingan belajar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa/siswi SD di desa Kacung terhadap materi-materi dasar pada mata pelajaran bahasa Indonesia, Agama Islam, dan Matematika. Hal ini dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang dilakukan pada evaluasi hari terakhir bimbingan belajar.</em></p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Isnaeni, Prima Mytra, Sabaruddin Sabaruddinhttps://journal.uiad.ac.id/index.php/pendimas/article/view/3001Pelatihan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sinjai2025-07-16T06:31:05+00:00Suriyati Suriyatisuriyati.iaim@gmail.comMusdalifah Musdalifahifhamusdalifha205@gmail.comMustamir Mustamirmustamirdr@gmail.comKahar Kaharkaharstaim64@gmail.comTaufiq Nurtaufiqnur@gmail.com<p><em>This training aims to find out the extent to which SMA 1 Sinjai students are able to recite the Koran and write mushaf equally through the law of reading. The method used in this training is the Iqra method, because this training is carried out by asking students to learn to write hijaiyah letters and testing students' ability to read the Al-Qur'an. The benefit obtained from this training is that we can understand that BTA training is important because we know that the Koran is the main guideline of Islam and a guide for all mankind. This creative and innovative form of learning is prepared through training in reading and writing the Koran. The training is not just about reciting the Koran, but also writing hijaiyah letters with different pronunciations of the letters. Zikr is a form that can help students read the Al-Qur'an correctly according to their memorization. At SMA 1 Sinjai, it is one of the targets for organizing training in reading and writing the Al-Quran. This training is carried out so that students can love and study the Koran from now on. The results of this activity were carried out with the aim of producing a broad understanding of the development of learning to read and write the Koran. which was developed at SMA 1 Sinjai to increase students' interest in learning the Koran. With this training, it is also hoped that it can provide in-depth knowledge to improve learning to read and write the Koran in Islamic education.</em></p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Suriyati Suriyati, Musdalifah Musdalifah, Mustamir Mustamir, Kahar Kahar, Taufiq Nurhttps://journal.uiad.ac.id/index.php/pendimas/article/view/3053Peningkatan Kreativitas Pembuatan Karya Seni Rupa Mozaik Pada Siswa Kelas III MIS Al-Anshar Alak2025-07-16T06:31:03+00:00Asliat Hingi Guhir Guhirasliathingiguhir1993@gmail.comAsmiyati Astutiasmiyatiastuti@gmail.comDinda Saraswatidindasaraswatiarif904@gmail.comM. Ahdam.ahad@gmail.comRismawatirr2209639@gmail.comVivi Utamisabyavivi@gmail.com<p><em>Kegiatan PKM ini untuk memberikan pelatihan tentang pembuatan karya seni rupa mozaik untuk meningkatkan kreativitas kepada peserta didik. Melalui proses pembelajara dengan kegiatan yang menyenangkan bagi peserta didik yaitu melalui bermain sekaligus berseni, diharapkan dapat merangsang dan memupuk kreatifitas anak sesuai dengan potensi yang dimilikinya untuk pengembangan dirinya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk untuk meningkatkan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Proses kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) melalui tiga tahap diantaranya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan ini direspon baik oleh seluruh peserta didik. Semua peserta didik sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti proses kegiatan dari awal sampai selesai. Kegiatan PKM ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas III MIS AlAnshar Alak. Hasil dari kegiatan PkM diantaranya peserta didik mengetahui karya seni rupa jenis mozaik, peserta didik terampil dan kreatif melakukan tekni mozaik serta peserta didik sangat bersemangat dalam kegiatan yang dilaksanakan. </em></p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Asliat Hingi Guhir Guhirhttps://journal.uiad.ac.id/index.php/pendimas/article/view/3081Peranan Orang Tua Terhadap Pertumbuhan Semangat Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik UPTD SMPN 1 Sinjai Utara2025-07-16T06:31:02+00:00Indirwan Indirwanindirwandm@gmail.comWahdaniar Wahdaniarwahdaniarrain@gmail.comMusriani Musrianimusriani702@gmail.comAna Mutmainnah Bani Said Saidanamutmainnah1604@gmail.comAmanda Nurfadilah Nurfadilahamandanurfadilah55@gmail.comMutawadiah Mutawadiahmutawadiah67@gmail.com<p><em>Kegiatan pengabdian dilakukan dengan tujuan untuk mendalami pengaruh dan peranan orangtua dalam pertumbuhan semangat belajar peserta didik khususnya di UPTD SMPN 1 Sinjai Utara. Adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan memanfaatkan metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini yakni peserta didik kelas 7 (ruang belajar A) sebanyak </em><em>30 0rang. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama 1 pekan dan ditemukan hasil bahwa sebagian besar peserta didik masih merasa tidak bersemangat dalam pelajaran bahasa Inggris dan merasa tidak memiliki potensi dalam bidang tersebut yang mana hal ini bukan saja karena faktor intrinsik dari dalam diri peserta didik saja tetapi juga memiliki pengaruh dari lingkungan keluarga seperti orangtua di rumah</em></p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Indirwan Indirwan, Wahdaniar Wahdaniar, Musriani Musriani, Ana Mutmainnah Bani Said Said, Amanda Nurfadilah Nurfadilah, Mutawadiah Mutawadiahhttps://journal.uiad.ac.id/index.php/pendimas/article/view/3115PENGARUH PROGRAM LITERASI BACA TULIS TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V SD 111 LEMBANG GOGOSO2025-07-16T06:31:00+00:00Nurul Azrina Yahyanurulazrinayahya9333@gmail.comJamaluddinjamaluddin@gmail.comHasmiatihasmiatii@gmail.com<p>The influence of the reading and writing literacy program on reading interenst in class V student of SD Negeri 111 lembang gogoso, thesis. Madrasah ibtidaiyah teacher education study program, faculty of tarbiyah and teacher training ahmad dahlan sinjai university, 2023.This research aims to prove the effect of the reading and writing literacy program on the reading interest of fifth grade student at SD Negeri 111 Lembang gogoso. The type of research used in this research is expost facto research using aquantitative approach. The population in this study where fifth grade students at SD Negeri 111 Lembang gogoso with sampling using a saturated sampling technique with a total of 22 respondent.the data collection techniques used ar questionnaires and documentation as well as analysis using linearity analysis. Based on research conducted by researchers regarding the influence of the reading and writing literacy program on the reading interest of fifth grade students at SD Negeri 111 Lembang Gogoso, with a significance value of 0.153 > 0.05 or in other words a linearity test that there is a linear relationship between the variable X (literacy program) with variabel Y (reading interest). So it can be concluded that the reading and writing literacy program has an influence on the readuing interest of class V student at SD Negeri 111 lembang gogoso</p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Nurul Azrina Yahya Nurul Azrina Yahyahttps://journal.uiad.ac.id/index.php/pendimas/article/view/3250Pendampingan Kegiatan Ekstrakulikuler Drumband dalam Meningkatkan Kompetensi Non-akademik Peserta Didik SMPN 1 Pariaman2025-07-16T06:30:59+00:00wildaapriliani2014010006.wildaapriliani@gmail.comMartin Kustatimartonkustati@gmail.comReski Ameliareskiameliauiad@gmail.comGusmirawatigusmirawatiuiad@gmail.com<p><strong><em>Pendampingan ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan kegiatan </em></strong><strong>Ekstrakurikuler<em> Drumband terhadap peningkatan kompetensi non-akademik peserta didik di SMPN 1 Pariaman. Kegiatan </em>Ekstrakurikuler<em> Drumband di SMPN 1 Pariaman berfokus pada aspek teknis permainan musik, melatih peserta didik untuk menguasai alat musik seperti snare drum, bass drum, tom-tom, pianika, dan simbal. Latihan dilakukan secara rutin untuk mempersiapkan mereka tampil di acara sekolah dan kompetisi. Namun, kegiatan ini lebih menekankan kemampuan musik individu dan tim tanpa mengaitkannya dengan kegiatan sosial atau pengabdian masyarakat. Meskipun peserta didik terampil, mereka tidak memiliki kesempatan terstruktur untuk menerapkan peran sosial melalui musik, dan penekanan lebih pada prestasi teknis daripada pengembangan karakter sosial. Pendampingan ini menggunakan metode Service Learning. Service Learning merupakan metode pembelajaran yang mampu membuka kesadaran peserta didik bahwa mereka memiliki tanggungjawab sosial kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dan secara konseptual mampu memotivasi peserta didik untuk berperilaku menolong terhadap orang lain. Dalam pelaksanaannya Service Learning memegang tiga prinsip utama, yaitu: saling membantu, melayani orang lain berarti juga melayani diri sendiri dan melayani untuk belajar-belajar untuk melayani. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa keterlibatan peserta didik dalam </em>Ekstrakurikuler<em> Drumband memberikan kontribusi pos itif terhadap pengembangan soft skills, seperti disiplin, kerjasama tim, kreativitas, dan kepercayaan diri. </em>Pendamping<em> Drumband yang merupakan salah satu pendidik SMPN 1 Pariaman serta berperan signifikan dalam membangun karakter peserta didik. Dengan demikian, kegiatan Drumband tidak hanya memberikan keterampilan teknis musik, tetapi juga meningkatkan kompetensi non-akademik yang penting bagi perkembangan peserta didik .</em></strong></p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 wildaaprilianihttps://journal.uiad.ac.id/index.php/pendimas/article/view/3281Pemanfaatan Jagung dan Limbah Janggel Untuk Meningkatkan Potensi Ekonomi Pemuda IPNU dan IPPNU Desa Cangak Kabupaten Pemalang2025-07-16T06:30:57+00:00Syafi Natun Najahsyafinatunnajah@mhs.uingusdur.ac.idBakti Adi Nugrohobaktiadinugroho@mhs.uingusdur.ac.idRohmatun Nazilahrohmatunnazilah@mhs.uingusdur.ac.idSunyotosunyoto@mhs.uingusdur.ac.idNabella Maharani Novantanabellamaharaninovanta@mhs.uingusdur.ac.id<p><em>Cangak Village is wrong one corn producing village in the Regency Pemalang. Corn can be processed into several one of the processed products is plethok corn. Not only corn that can be processed but corn waste can also be processed into briquettes. Briquettes from corn is a renewable energy alternative. Which environmentally friendly and potential replace fossil fuels. The method that used in carrying out community service includes an approach through discussion, socialization and training, and practice. Results of activities the dedication that is carried out shows that there is an increased understanding regarding transfers technology on IPNU and IPPNU youth corn made into processed snacks and corn kernels can be made into briquettes beneficial for local community MSMEs.</em></p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Syafi Natun Najah Najahhttps://journal.uiad.ac.id/index.php/pendimas/article/view/3307PENCEGAHAN STUNTING PADA ANAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM DI KABUPATEN BATANG 2025-07-16T06:30:54+00:00Zahrotul JannahJzahrotul75@gmail.comZahirotul Wirdadenok150600@gmail.comDesy Adelladesy.adella@uingusdur.ac.idNur IstiqomahNurIstiqomah@uingusdur.ac.idMuthmainnatun Mufidahelmufidah10@gmail.comMuhtar Ali Ahmadimuhtar.ali@uingusdur.ac.id<p><em>Stunting is a chronic health problem in children that can affect physical growth, cognitive and productivity in the future. This research aims to identify factors that cause stunting, evaluate effective prevention strategies, and analyze the role of government and society in overcoming it, especially in Batang Regency. Through the Participatory Action Research (PAR) approach, various prevention programs are implemented, such as education about the importance of balanced nutrition, environmental cleanliness, and child health care from an Islamic perspective. The results of this program show a significant reduction in the prevalence of stunting in Batang Regency, from 26.3% to 10.1% in 2023. This research concludes that collaboration between government, society and the application of Islamic values can be an effective approach in preventing stunting .</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: </em><em>stunting, health, society</em></p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uiad.ac.id/index.php/pendimas/article/view/3554PENDAMPINGAN PENENTUAN LOKASI STRATEGI DALAM MENINGKAT KINERJA UMKM BAKSO RUDAL DI BEKASI, KECAMATAN SETU2025-07-16T06:30:52+00:00Yoga Gunawan Panjaitanyogagunawangunawan6@gmail.comRachmat Febrianrahmatfebrian541@gmail.comAdhe Faisaladhefhaisal@gmail.com<p><span class="s20"><span class="bumpedFont15">Penelitian</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">ini</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">bertujuan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">untuk</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">mengkaji</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">pendampingan</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">penentuan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">lkasi</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">strategis</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">dalam</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">meningkatkan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">kinerja</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">usaha</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">mikro,Kecil,dan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">Menengah</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> (UMKM),</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">dengan</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> focus pada </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">bakso</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">rudal</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> yang </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">berlokasi</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> di </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">jl.Raya</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">Setu,Lubang</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">buaya,Kecamatan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">setu,Kota</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">Bekasi.Penelitian</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">ini</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">menggunakan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">pendekatan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">deskriptif</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">untuk</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">memahami</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">bagaimana</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> Lokasi </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">usaha</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">memengaruhi</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">arus</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">pelanggan,kinerja</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">penjualan,dan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">pengelolaan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">cabang-cabang</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> yang </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">telah</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">berkembang.Hasil</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">penelitian</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">menunjukkan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">bahwa</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">penentuan</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">Lokasi </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">strategis</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">memberikan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">aksesibilitas</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> yang </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">baik</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">bagi</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">pelanggan</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> yang </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">berdampak</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> pada </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">angka</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">pengunjung</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> dan </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">penjualan,terutama</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">selama</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">bulan</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> Ramadhan </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">meskipun</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">demikian,fluktuasi</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">harga</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">bahan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">baku</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">menjadi</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">tantangan</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">utama</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">dalam</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">operasional</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">usaha.Untuk</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">mengatasi</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">hal</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">ini,</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">bakso </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">rudal</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">melakukan</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> strategi </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">pengelolaan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">bahan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">baku</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> yang </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">efisien </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">dengan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">menjalin</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">hubungan</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> yang </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">baik</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">dengan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">pemasok</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> dan </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">menggunakan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">bahan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">baku</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">local.Selain</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">itu,pengelolaan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">cabang </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">yang </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">baik</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> juga sangat </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">penting</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">untuk</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">menjaga</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">konsistensi</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">kualitas</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">produk</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> dan </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">pelayanan</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> di </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">seluruh</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">cabang.Dengan</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">demikian</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> Lokasi </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">strategis,inovasi</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">produk,dan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">pengelolaan</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">operasonal</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> yang </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">efektif</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">merupakan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">faktor-faktor</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">utama</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> yang </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">mendukung</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">kesuksesan</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15"> dan </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">keberlanjutan</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">bakso</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">rudal</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">sebagai</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">UMKM di </span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">sektor</span></span> <span class="s20"><span class="bumpedFont15">kuliner</span></span><span class="s20"><span class="bumpedFont15">.</span></span></p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uiad.ac.id/index.php/pendimas/article/view/4085Cultivating children's interest in learning English through audio-based learning in Benteng hamlet2025-07-16T06:31:07+00:00Wanda Hartinahartinawanda@gmail.comPutri Nurauralfianiputrinurauraal@gmail.comNurul Mutmainnahnurulmutmainnh33301@gmail.comNurfadillanurfadilla1510@gmail.comRahma Melati Amirrahmamelati2021@gmail.com<p><strong> Abstrak</strong></p> <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan metode pembelajaran berbasis audio terhadap minat dan pemahaman anak-anak di Dusun Benteng dalam mempelajari bahasa Inggris. Metode ini dipilih karena dinilai mampu memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan, terutama di wilayah dengan keterbatasan sumber daya pendidikan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes sederhana terhadap anak-anak yang menjadi peserta dalam program ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode audio-based learning secara signifikan meningkatkan minat belajar anak-anak, dengan peningkatan partisipasi dari 30% menjadi 75% setelah penerapan metode ini. Selain itu, pemahaman kosa kata anak-anak meningkat dari rata-rata 10 kata menjadi 25 kata setelah menggunakan media audio seperti lagu dan cerita. Anak-anak juga menunjukkan peningkatan kemampuan mendengar dan meniru pengucapan kata serta kalimat sederhana dalam bahasa Inggris.</em></p> <p><strong><em> </em></strong><strong><em>Kata Kunci:</em></strong><strong><em> Anak-anak</em></strong> <strong><em>, Metode Pembelajaran, Audio-Based Learning</em></strong></p> <p><strong> </strong></p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This study aims to analyze the impact of implementing audio-based learning methods on the interest and understanding of children in Benteng Hamlet in learning English. This method was chosen for its potential to provide an interactive and enjoyable learning experience, especially in areas with limited educational resources. Data were collected through observations, interviews, and simple tests conducted on children participating in the program. The results showed that audio-based learning significantly increased children’s interest in learning, with participation rising from 30% to 75% after the implementation of the method. Furthermore, the children’s vocabulary comprehension improved from an average of 10 words to 25 words after using audio media such as songs and stories. The children also demonstrated improved listening skills and the ability to mimic the pronunciation of words and simple sentences in English.</em></p>2025-07-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Wanda Hartina