PENDAMPINGAN PENENTUAN LOKASI STRATEGI DALAM MENINGKAT KINERJA UMKM BAKSO RUDAL DI BEKASI, KECAMATAN SETU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendampinganpenentuan lkasi strategis dalam meningkatkan kinerja usahamikro,Kecil,dan Menengah (UMKM),dengan focus pada bakso rudal yang berlokasi di jl.Raya Setu,Lubangbuaya,Kecamatan setu,Kota Bekasi.Penelitian inimenggunakan pendekatan deskriptif untuk memahamibagaimana Lokasi usaha memengaruhi arus pelanggan,kinerjapenjualan,dan pengelolaan cabang-cabang yang telahberkembang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penentuanLokasi strategis memberikan aksesibilitas yang baik bagipelanggan yang berdampak pada angka pengunjung dan penjualan,terutama selama bulan Ramadhan meskipundemikian,fluktuasi harga bahan baku menjadi tantanganutama dalam operasional usaha.Untuk mengatasi hal ini,bakso rudal melakukan strategi pengelolaan bahan baku yang efisien dengan menjalin hubungan yang baik dengan pemasok dan menggunakan bahan baku local.Selain itu,pengelolaan cabang yang baik juga sangat penting untuk menjaga konsistensikualitas produk dan pelayanan di seluruh cabang.Dengandemikian Lokasi strategis,inovasi produk,dan pengelolaanoperasonal yang efektif merupakan faktor-faktor utama yang mendukung kesuksesan dan keberlanjutan bakso rudal sebagaiUMKM di sektor kuliner.
Downloads
References
Syahputra, A., ErAriyanto, A., Andi, D., Abid, M., Oktavianti, N., Amelia, R. W., Wiguna, M., Rahman, A. S., Purnawanti, Wijoyo, H., & Devi, W. S. G. R. (2021). Entrepreneurial Mindsets & Skills (H. Wijoyo & A. Ariyanto (eds.)). Insan Cendekia Mandiri.
Fitriyani, S., Murni, T., & Warsono, S. (2019). Pemilihan Lokasi Usaha Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro Dan Kecil. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 47-58.
Fu’Ad, E. N. (2016). Pengaruh pemilihan lokasi terhadap kesuksesan usaha berskala mikro/kecil di komplek shopping centre Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 30(1).
Muljanto, M. A. (2020). Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akutansi UMKM di Sidoarjo. Jurnal Pengabdian, 6(1).
Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Maknunah, L. U., Amaria, H., Witi, F. L., Nuryanti, & Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan UMKM di Era Digital. Widina.
Sufiani Zahra. (2022). Definisi, Kriteria, dan Konsep UMKM.
vina, E., & Melisa, M. (2022). Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, Lokasi Pemasaran dan Kualitas Produk terhadap Pendapatan UMKM. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 183-198.
Puspitaningrum, Y., & Damanuri, A. (2022). Analisis lokasi usaha dalam meningkatkan keberhasilan bisnis pada grosir Berkah Doho Dolopo Madiun. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 289-304.
Wahyudi, N. (2014). Analisis faktor-faktor pemilihan lokasi usaha terhadap kesuksesan Usaha jasa mikro di kecamatan sungai kunjang. Ekonomia, 3(3), 136-143.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.