Program Bimbingan Belajar Siswa/Siswi SD di Desa Kacung Kecamatan Kelapa (Pengadian Mahasiswa KKN-Mas)
Abstract
Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiah (KKN-MAs) yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung diikuti oleh mahasiswa/i PTMA se-Indonesia secara kemitraan sebagai salah satu perwujudan tridharma perguruan tinggi dan IPTEK. Melalui program KKN-MAs mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari di kampus dalam situasi nyata di lapangan. Observasi yang dilakukan dengan metode tanya jawab dan pengamatan kondisi yang terjadi di lapangan secara langsung diketahui sebagian besar siswa/siswi SD memiliki kemampuan yang masih sangat rendah erhadap materi dasar pada mata pelajaran bahasa Indonesia, Agama Islam, dan Matematika. Kegiatan bimbingan belajar bagi siswa merupakan salah satu program kerja individu yang dilaksanakan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa/siswi SD desa Kacung. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa/siswi SD desa Kacung pada mata pelajaran bahasa Indonesia, Agama Islam, dan Matematika. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus – 30 Agustus 2023 setiap hari Rabu dan Sabtu pukul 19.30 – 20.00 WIB dengan menggunakan posko mahasiswa peserta KKN-MAs di desa Kacung. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program bimbingan belajar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa/siswi SD di desa Kacung terhadap materi-materi dasar pada mata pelajaran bahasa Indonesia, Agama Islam, dan Matematika. Hal ini dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang dilakukan pada evaluasi hari terakhir bimbingan belajar.
Downloads
References
Azzahra, A., Suriati, S., & Mytra, P. (2023). Tingkatkan Percaya Diri Melalui Pelatihan Public Speaking Sejak Dini di SDN 48 Lappae. Jurnal Panrita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-6.
Isnaeni, Ramadhania, A., Hartini, S., Pauji, L. Y., Pian, F. O., Syabani, R. N., Anggraini, N., Hartini, S., Sholikha, N., Anggraini, N. D., Hasibuan, B. N. K., & Martahayu, V. (2023). Ecobrick innovation: Creative solution to reduce plastic waste in Kacung Village. Community Empowerment, 8(11).
Lainsamputty, J. M., Sugiarto, S., Lestari, Souhoka, R., Dolwoy, M. R., Lakuteru, S. D., Lekidama, M., Keriapy, M. F., Anmama, R. P., Wakole, D., Waremra, R. W., Knyarilay, J. F., Paliaky, Y. D., Saununu, J. M., Sairtory, E. N., Ratu, R. H., & Tetrapoik, N. (2023). Meningkatkan Kesadaran Belajar Melalui Bimbingan Belajar pada Anak- Anak Dusun Syota. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 400–405.
Lelloltery, Y., Kanety, D. H., Nanulaita, M., Warsoy, L., Lico, G. J., Mauday, F., Mehmorliay, B., Porloy, C., Pooroe, D. F., Kilikily, C. C., MA, R. K., & Sugiarto, S. (2023). Pengabdian Mahasiswa Melalui Program Bimbingan Belajar Pada Siswa SD Inpres Werwaru. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 221–227.
Naadeak, E., Elfaladonna, F., & Malahayati. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3).
Copyright (c) 2025 Isnaeni, Prima Mytra, Sabaruddin Sabaruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.