Pendampingan Kegiatan Ekstrakulikuler Drumband dalam Meningkatkan Kompetensi Non-akademik Peserta Didik SMPN 1 Pariaman

  • wildaapriliani Uin Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati
  • Reski Amelia
  • Gusmirawati
Keywords: Ektrakulikuler Drumband, Prestasi Non Akademik, Service Learning

Abstract

Pendampingan ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler Drumband  terhadap peningkatan kompetensi non-akademik peserta didik di SMPN 1 Pariaman. Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband  di SMPN 1 Pariaman berfokus pada aspek teknis permainan musik, melatih peserta didik untuk menguasai alat musik seperti snare drum, bass drum, tom-tom, pianika, dan simbal. Latihan dilakukan secara rutin untuk mempersiapkan mereka tampil di acara sekolah dan kompetisi. Namun, kegiatan ini lebih menekankan kemampuan musik individu dan tim tanpa mengaitkannya dengan kegiatan sosial atau pengabdian masyarakat. Meskipun peserta didik terampil, mereka tidak memiliki kesempatan terstruktur untuk menerapkan peran sosial melalui musik, dan penekanan lebih pada prestasi teknis daripada pengembangan karakter sosial. Pendampingan ini menggunakan metode Service Learning. Service Learning merupakan metode pembelajaran yang mampu membuka kesadaran peserta didik bahwa mereka memiliki tanggungjawab sosial kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dan secara konseptual mampu memotivasi peserta didik untuk berperilaku menolong terhadap orang lain. Dalam pelaksanaannya Service Learning memegang tiga prinsip utama, yaitu: saling membantu,  melayani  orang  lain  berarti  juga melayani diri sendiri dan melayani untuk belajar-belajar  untuk melayani. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa keterlibatan peserta didik dalam Ekstrakurikuler Drumband  memberikan kontribusi pos itif terhadap pengembangan soft skills, seperti disiplin, kerjasama tim, kreativitas, dan kepercayaan diri. Pendamping Drumband  yang merupakan salah satu pendidik SMPN 1 Pariaman serta berperan signifikan dalam membangun karakter peserta didik. Dengan demikian, kegiatan Drumband  tidak hanya memberikan keterampilan teknis musik, tetapi juga meningkatkan kompetensi non-akademik yang penting bagi perkembangan peserta didik .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astafiyah, A. (2018). Kontribusi efektivitas manajemen Ekstrakurikuler terhadap prestasi sekolah non akademik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 263–274.
Cahyono, Y. B. (2016). Persepsi tentang metode Service Learning, konsep diri dan perilaku prososial mahasiswa. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02). https://core.ac.uk/download/pdf/291850260.pdf
Damayanti, W. R., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Evaluasi Program Ekstrakurikuler di SDN Candirejo Kabupaten Semarang. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 59–69.
Haryanggita, A. K. (2015). Pembelajaran Ekstrakurikuler Drum Band di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kedunggalar Ngawi. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 3(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/download/13345/12249
INDONESIA, M. P. D. K. R. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. https://kusdiyono.wordpress.com/wp-content/uploads/2013/09/permendikbud-nomor-81a-tahun-2013-tentang-implementasi-kurikulum.pdf
Istiana, A., & Pamungkas, J. (2023). Implementasi Nilai Karakter Disiplin pada Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5863–5671.
Kambau, R. A., Kadir, N. A., Mutmainnah, J., & Rahman, A. (2016). Implementasi Service-Learning di UIN Alauddin makassar. I). Nur Khairunnisa. https://acced.uin-alauddin.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/Panduan-SL.pdf
Kurniawan, E. Y. (2018). Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Drumbannd di Sekolah Dasar Negeri Mekarsari II Kabupaten Tangerang. JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 3(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/4575
Mahmudah, A. (2020). Peran guru dalam mengembangkan kecerdasan musikal anak usia dini melalui kegiatan Ekstrakurikuler Drumband di TK Muslimat NU 001 Ponorogo [PhD Thesis, IAIN PONOROGO]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/9969/
MA’RUF, H., & Mumtazah, D. (2021). Internalisasi Karakter Disiplin Pada Ekstrakurikuler Drum Band Di MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali. Jurnal Varidika, 33(1), 21–37.
Prahmadita, A. D. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa untuk mengikuti Ekstrakurikuler Drumband di smp negeri 1 sleman. Fakultas Bahasa Dan Seni. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Http://Eprints. Uny. Ac. Id/17679/1/Aulia% 20Devi% 20Prahmadita% 2008208241012. Pdf. https://eprints.uny.ac.id/17679/1/Aulia%20Devi%20Prahmadita%2008208241012.pdf
Puspitasari, M., Elhefni, E., Wibowo, D. R., Bujuri, D. A., & Shawmi, A. N. (2022). Analisis nilai pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakulikuler Drumband siswa sekolah dasar negeri 2 gumawang. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 76–83.
Rakhmansyah, R. (2018). Pengembangan karakter siswa melalui Ekstrakurikuler drum band di SD Negeri Tanjungtirto 1 Berbah Sleman. Pend. Seni Musik-S1, 7(1), 41–49.
Romadhina, L. (2019). Peran guru pendamping Ekstrakurikuler dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa MTs Al-Hayatul Islamiyah Kedung Kandang Kota Malang [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/13950/
Rosidi, A. (2022). Manajemen Pendidikan Dalam Kebijakan Ekstrakurikuler Di Sekolah dan Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 1–5.
SUCIASIH, F. (n.d.). OPTIMALISASI KECERDASAN MUSIKAL PADA SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DI MI MA’ARIF NU 1 PASIR KULON KECAMATAN KARANGLEWAS. Retrieved September 14, 2024, from https://repository.uinsaizu.ac.id/3319/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Sugito, M. W. N., & Noordiana, N. (2021). Metode Pembelajaran Ekstrakurikuler Drumband Di Tk Lukmanul Hakim Kademangan Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1), 109–119.
Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Yustisia, T. V., & Pustaka, V. (2016). Konsolidsai Undang-Undang Perlindungan Anak: UU RI No. 23/2002 & UU RI No. 35/2014. VisiMedia.
Published
2025-07-31
How to Cite
wildaapriliani, Kustati, M., Amelia, R., & Gusmirawati. (2025). Pendampingan Kegiatan Ekstrakulikuler Drumband dalam Meningkatkan Kompetensi Non-akademik Peserta Didik SMPN 1 Pariaman. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 47-58. https://doi.org/10.47435/pendimas.v4i1.3250