Pelatihan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Abstract
Peningkatan kemampuan guru sebagai ujung tombak pendidikan harus ditingkatkan ksususnya dalam mengelola pembelajaran yang berkualitas yang dapat meningkatkan minat dan motivasi siswanya dan memperbaiki masalah yang ada dalam proses pembelajaran tersebut agar hasil yang diarapkan dalam dunia pendidikan dapat tercapai. Salah satu permasalahan yang terjadi terkait dengan pengembangan profesional guru sekarang ini yaitu terkait dengan persoalan penelitian tndakan kelas (PTK). Adapun tujuan pada kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelatihan tentang penulisan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelatihan ini diikuti oleh para guru di di Desa Samaturue, Kecamatan Tellulimpoe, sebanyak 20 guru. Adapun cara dilakukan ialah memaparkan materi teoretis dan praktis tentang penelitian tindakan kelas (PTK ), 2) memberikan materi tentang analisis data pada pembahasan terkait penelitian tindakan kelas, 3) mengamati kegiatan pelatihan penelitian tindakan kelas. Adpaun hasil pada pelatihan PTK yaitu memberikan tambahan pengetahuan kepada guru terkait dengan penyusunan laporan penelitian timdakan kelas kemudian menambah pengalaman, kegiatan ini juga meningkatkan kesadaran pentingnya PTK untuk dipahami dan dikuasai dalam peningkatan mutu pendidikan.
Downloads
References
Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–19.
Ani Widayati, 2018. (2008). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.
Aqib, Z. (2002). Profesionalisme guru dalam pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22.
Ismunandar, A. A., Suriyati, S., & Nurjannah, N. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Mengembangkan Self Efficacy Matematika. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 2(1), 41–51.
Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171–187.
Rahman, H., & Nur, M. J. (2023). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 15(1), 30–39.
Rahyasih, Y., Hartini, N., & Syarifah, L. S. (2020). Pengembangan keprofesian berkelanjutan: Sebuah analisis kebutuhan pelatihan karya tulis ilmiah bagi guru sustainability professional development: A scientific paper training need analysis for teachers. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20, 136–144.
Rifanty, E. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Jpsd, 1(1), 6.
Sumarto, Y. (2021). TINJAUAN TERHADAP FAKTOR MOTIVASI YANG MEMPENGARUHI PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.
Suriyati, S. (2019). GURU SEBAGAI JABATAN KARIR DAN PROFESIONAL. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 11(2), 52–62.
Suriyati, S., Nurhayati, R., Suwito, A., Burhanuddin, B., & Sartina, S. (2022). PROFESIONALISME GURU PAI SMU DI SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI, SULAWESI SELATAN. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022.
Suriyati, S., Syukri, M., & Dinar, D. (2023). PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PEDAGANG DI LINGKUNGAN BONGKONG KELURAHAN SAMAENRE KECAMATAN SINJAI TENGAH KABUPATEN SINJAI. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 5(2), 246–252.
Suyitno, S. (2019). Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru Gunungkidul, DI Yogyakarta. Surya Abdimas, 3(2), 44–48.
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Deepublish. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=3Bz-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=untuk+dipahami+dan+dikuasai+oleh+seorang+guru+atau+tenaga+pendidik+yang+menjadi+ujung+tombak+tercapainya+pembalajaran+yang+mengedepankan+perubahan+kepada+muridnya+&ots=pk-KOsutQt&sig=GT0awgQ6XG4AjQJt7FPJJo49cZA
Wiradimadja, A., Kurniawan, B., & Sukamto, S. (2019). Pelatihan Ptk Bagi Guru Ips Smp/Mts Malang Raya. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 2(1), 6. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p6-12
Yantoro, Y., & Kurniawan, A. R. (2020). Pelatihan Penulisan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk Menunjang Profesi Guru Di SDN 111/I Muara Bulian. Jurnal Abdi Pendidikan, 01(2), 93–98.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Copyright (c) 2023 Suriyati suriyati, Muh. Rivaldi Anwar, Jamaluddin Jamaluddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.