Pelatihan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

  • Suriyati Suriyati Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Muh. Rivaldi Anwar Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Islam Ahmad Dahlan
Keywords: Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidik

Abstract

Peningkatan kemampuan guru sebagai ujung tombak pendidikan harus ditingkatkan ksususnya dalam mengelola pembelajaran yang berkualitas yang dapat meningkatkan minat dan motivasi siswanya dan memperbaiki masalah yang ada dalam proses pembelajaran tersebut agar hasil yang diarapkan dalam dunia pendidikan dapat tercapai. Salah  satu  permasalahan yang terjadi terkait dengan pengembangan  profesional  guru  sekarang ini  yaitu  terkait  dengan persoalan  penelitian  tndakan  kelas  (PTK).  Adapun tujuan  pada kegiatan  ini  yaitu  untuk  memberikan  pelatihan  tentang penulisan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelatihan ini diikuti oleh para guru di di Desa Samaturue, Kecamatan Tellulimpoe, sebanyak  20  guru.  Adapun cara  dilakukan  ialah    memaparkan  materi  teoretis  dan  praktis  tentang  penelitian tindakan kelas (PTK ), 2) memberikan materi tentang analisis data pada pembahasan terkait penelitian tindakan kelas, 3) mengamati kegiatan pelatihan penelitian tindakan kelas. Adpaun hasil pada pelatihan PTK yaitu memberikan tambahan pengetahuan kepada guru terkait dengan penyusunan laporan penelitian timdakan kelas kemudian menambah pengalaman, kegiatan ini juga meningkatkan kesadaran pentingnya PTK untuk dipahami dan dikuasai dalam peningkatan mutu pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–19.

Ani Widayati, 2018. (2008). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.

Aqib, Z. (2002). Profesionalisme guru dalam pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22.

Ismunandar, A. A., Suriyati, S., & Nurjannah, N. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Mengembangkan Self Efficacy Matematika. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 2(1), 41–51.

Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171–187.

Rahman, H., & Nur, M. J. (2023). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 15(1), 30–39.

Rahyasih, Y., Hartini, N., & Syarifah, L. S. (2020). Pengembangan keprofesian berkelanjutan: Sebuah analisis kebutuhan pelatihan karya tulis ilmiah bagi guru sustainability professional development: A scientific paper training need analysis for teachers. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20, 136–144.

Rifanty, E. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Jpsd, 1(1), 6.

Sumarto, Y. (2021). TINJAUAN TERHADAP FAKTOR MOTIVASI YANG MEMPENGARUHI PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.

Suriyati, S. (2019). GURU SEBAGAI JABATAN KARIR DAN PROFESIONAL. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 11(2), 52–62.

Suriyati, S., Nurhayati, R., Suwito, A., Burhanuddin, B., & Sartina, S. (2022). PROFESIONALISME GURU PAI SMU DI SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI, SULAWESI SELATAN. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022.

Suriyati, S., Syukri, M., & Dinar, D. (2023). PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM LINGKUNGAN KELUARGA PEDAGANG DI LINGKUNGAN BONGKONG KELURAHAN SAMAENRE KECAMATAN SINJAI TENGAH KABUPATEN SINJAI. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 5(2), 246–252.

Suyitno, S. (2019). Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru Gunungkidul, DI Yogyakarta. Surya Abdimas, 3(2), 44–48.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Deepublish. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=3Bz-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=untuk+dipahami+dan+dikuasai+oleh+seorang+guru+atau+tenaga+pendidik+yang+menjadi+ujung+tombak+tercapainya+pembalajaran+yang+mengedepankan+perubahan+kepada+muridnya+&ots=pk-KOsutQt&sig=GT0awgQ6XG4AjQJt7FPJJo49cZA

Wiradimadja, A., Kurniawan, B., & Sukamto, S. (2019). Pelatihan Ptk Bagi Guru Ips Smp/Mts Malang Raya. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 2(1), 6. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p6-12

Yantoro, Y., & Kurniawan, A. R. (2020). Pelatihan Penulisan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk Menunjang Profesi Guru Di SDN 111/I Muara Bulian. Jurnal Abdi Pendidikan, 01(2), 93–98.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Published
2023-12-31
How to Cite
Suriyati, S., Anwar, M. R., & Jamaluddin, J. (2023). Pelatihan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 8-12. https://doi.org/10.47435/pendimas.v2i2.2212