Pelatihan Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Ahkamul Maddi Wal Qasr Melalui Metode Qiroati Pada Anak TK/TPA

  • Mira Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Nazaruddin Universitas Islam Ahmad Dahlan
Keywords: Membaca Al-Qur’an, Metode Qiroati, Ahkamul Maddi Wal Qasr, TK/TPA, Pelatihan

Abstract

Di era digital menyebabkan terjadinya suatu perubahan nilai maupun budaya di dalam kehidupan suatu masyarakat, selain itu juga, kurangnya memahami dalam membacan al-Qur’an. Maka dari itu, diperlukan suatu  pelatihan membaca al-Qur’an  kepada  generasi-generasi muda atau khususnya pada anak-anak. Oleh karena itu, salah satu yang menjadi solusi dalam menghadapi era digital yang kian bertambah keras, sehingga terbentuknya  TK/TPA sungguh menjadi penolong bagi para anak-anak dalam belajar membaca al-Qur’an. Dusun Mattiro Deceng tepatnya di Desa Duampanuae Kecamatan Buluppoddo tergolong dusun dengan TK/TPA yang aktif. Terbentuknya TK/TPA dapat meringankan orang tua dalam mengajarkan anak  membaca al-Qur’an, yang terpenting lagi Dusun Mattiro Deceng adalah dusun dengan masyarakatnya dominan bermata pencaharian sebagai petani. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan membaca al-Qur’an ini di Dusun Mattiro Deceng supaya  anak TK/TPA tersebut mampu membaca al-Qur’an sesuai dengan Ahkamul maddi wal qasr yakni panjang dan pendeknya dalam melafazkan ucapan dalam tiap ayat al-Qur’an  atau mengetahui huruf yang harus mulai dibaca dan berhenti pada bacaan bila ada tanda huruf, sehingga terwujudnya santri dan satriwati yang memiliki dasar dalam membaca al-Qur’an yang baik dan benar. Metode yang digunakan adalah pembinaan atau pendampingan. Hasil dari pembinaan ini yaitu menunjukkan respons santri dan satriwati yang sangat baik, mereka aktif dalam mengikuti pelatihan membaca al-Qur’an tersebut sehingga santri dan santriwati dapat membedakan panjang pendeknya suatu bacaan dalam al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliwar. (2016). Penguatan Model Pembelajaran BTQ dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA). Al-Ta’dib, 9(1), 21–36.

Anita, R. (2022). Efektivitas Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur ’ an Santri TPQ Hidayatul Ihsan Sindang Indramayu. Islamic Pedagogia, 2(2), 100–105.

Assya’bani, R., Sari, A., Hafizah, E., Hasanah, F., & Marniyah, M. (2021). Pembelajaran Tajwid Dan Tahsin Al-Qur’an Dengan Metode Qira’Ati Di Rumah Belajar Mahasiswa Kkn Desa Hambuku Hulu. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1. https://doi.org/10.35931/ak.v1i1.697

Faturohman, O., & Kultsum, U. (2021). Penerapan dan Efektifitas Metode Qiro’ati dalam Mengoptimalkan Kemampuan Baca Al Qur’an (Studi di SMP Islam Terpadu AL-Masykar Bina Insani Waringinkurung). Moderate Islam: Research and Cultural Perspectives, 5(1), 273–286.

Jumriati, Hamka, & Irmayanti. (2022). Pembinaan TK/TPA Nurul Jannah di Desa Hulo Kecamatan Kahu 1. 1(1), 40–48.

Juniantoro, S. (2021). Literasi Digital dalam Tantangan Pendidikan Abad 21. Pekalongan.

Muhammad, D. H. (2018). Upaya Peningkatan Baca Tulis al-Qur’an melalui Metode Qiroati. Journal of Islamic Education (JIE), III(2), 142–162.

Mulyani, H., & Maryono, M. (2019). Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 25–34. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1294

Nurlizam, Puja, Satriani, Sobarin, Ridwan, Saripuddin, … Yogi. (2022). Proof of Love The Al-Qur’an Bukti Cinta terhadap Al-Qur’an. Ponorogo.

Putra, L. D. (2017). MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TPA BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE QIRO ’ ATI. 1(2), 319–328.

Putri, R. A., & Sembiring, S. B. (2021). Implementation of Desktop Publishing Application for Flyer and Business Card Design with Participatory Action Research ( PAR ) Method. Jurnal IPTEK bagi Masyarakat, 1(1), 1–7.

Qiptiyah, T. M. (2021). Implementasi Program Baca Tulis AL-Qur ’ an ( BTQ ) Di Madrasah Aliyah Roudlotul Mutaallim Baratan Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Pendahuluan. 13.

Rochanah. (2019). MENINGKATKAN MINAT MEMBACA AL QUR’AN PADA ANAK USIA DINI ( Studi Kasus Di TPQ Nurussalam Lau Dawe Kudus). Thufula: Junal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1).

Wakit, S., & Agustin, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Al- Qur’ an dengan Menggunakan Metode Qiro’ ati di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 6(1), 28–33.

Wita Febrianti, & Muhammad Kadir. (2023). Pendampingan Penggunaan Metode Tartil Dalam Memperbaiki Kelancaran Bacaan Ayat Suci Al-Qur’an di TK/TPA Nurul Yaqin Karangpuang. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 6–12. https://doi.org/10.47435/pendimas.v2i1.1815

Published
2023-12-31
How to Cite
Mira, & Nazaruddin. (2023). Pelatihan Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Ahkamul Maddi Wal Qasr Melalui Metode Qiroati Pada Anak TK/TPA. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 27-33. https://doi.org/10.47435/pendimas.v2i2.1800