Design and Development of Maharah Qira’ah Test Using the Kahoot Application

  • Nurul Aulia Damogalad IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ibnu Rawandhy N Hula IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Nurul Aini Pakaya Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Keywords: Maharah Qiraah, Aplikasi Kahoot, Evaluasi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi dan tes maharah qira'ah menggunakan aplikasi Kahoot. Penggunaan Kahoot diharapkan dapat membantu guru dalam melakukan pengembangan  dan evaluasi terhadap pembelajaran bahasa Arab khususnya pada maharah qira’ah. Peneliti menggunakan jenis pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangannya menggunakan model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Metode analisis data mengunakan analisis mix method yang bersumber dari data hasil validitas melalui validator dan data hasil tes melalui pre-test dan post-test. Bentuk tes menggunakan soal objektif pilihan ganda dengan lima optional, berjumlah 30 item, tes tersebut sebelum diterapkan dilakukan uji validitas dan reablititas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, kuisioner dan tes. Penelitian ini melibatkan 30 peserta didik kelas X, 1 orang guru dan 3 validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Analysis, analisis kebutuhan, kurikulum, dan materi. (b) Design, perancangan spesifikasi produk. (c) Devalopment, dalam mengembangkan tes maharah qira'ah menggunakan aplikasi Kahoot menghasilkan dari 30 soal yang diuji, 19 soal valid dan 11 soal tidak valid, sehingga beberapa soal perlu direvisi. Uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown menghasilkan tingkat reliabilitas sebesar 0.88, yang menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi. Analisis tingkat kesulitan menunjukkan bahwa 7 soal masuk kategori sangat mudah, 5 soal mudah, 16 soal sedang, dan 2 soal sulit. Sementara itu, daya beda soal menunjukkan bahwa sebagian besar soal memiliki daya beda yang baik. (d) Implementation, penerapan produk dinilai oleh guru menggunakan lembar respon guru dengan hasil penilaian sangat positif. (e) Evaluation, nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000, analisis statistik non-parametrik dengan uji Wilcoxon mengungkapkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test, menunjukkan efektivitas penggunaan Kahoot dalam evaluasi Maharah Qira'ah.

References

Adawiyah, I. R., & Syarifuddin. (2023). Pengaruh Media Kahoot Terhadap Peningkatan Pembelajaran Maharah Istima’ di MTs Wali Songo Purwosari Pasuruan. Al-Kalim: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 135–149. https://doi.org/https://doi.org/10.60040/jak.v2i2.13

Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). The Simulation Study of Normality Test Using Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling, and Shapiro-Wilk. Eigen Mathematics Journal, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29303/emj.v6i1.131

Ahmadi. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Konvensional Hingga Era Digital. IAIN Palangka Raya.

Ainin, M. (2019). Penembangan Kurikulum dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Pertama). Malang: Lisan Arabi.

Arifianto, M. L., Ainin, M., Irhamni, Ahsanuddin, Mohammad Nikmah, K., Anwar, M. S., & Fitria, N. (2021). EVALUASI DAN PENGEMBANGAN TES INTERAKTIF BAHASA ARAB. Yogyakarta: Tonggak Media.

Budihartini, T. (2022). Efektivitas Metode Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mirit. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.56799/peshum.v2i1.1005

Cholid, C. (2022). Model NURS sebagai Alternatif Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Arab. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(1), 26–39. https://doi.org/10.56113/takuana.v1i1.30

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Emilio, A., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Tinjauan Pengaruh Platform Kahoot Terhadap Pembelajaran Interaktif. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3046–4560. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Firdaus, M., Hula, I. R. N., & Bahri, R. B. H. (2023). Arabic Language Teacher Website Media Development in the Teaching and Learning Process of Qiraah Material. Eloquence: Journal of Foreign Language, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.58194/eloquence.v1i2.325

Hanafi, Y., Huda, I. S., & Rasydiana. (2019). Pengembangan Tes Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Kahoot di MTsN 2 Kota Malang. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5, 437–447.

Hidayat, I., Supriani, A., & Setiawan, A. (2023). Implemantasi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Interaktif dengan Siswa SMP Negeri 1 Kunto Darussalam. Journal On Education, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3924

Hula, I. R. N., Paputungan, M. Z., & Mariana, A. (2021). PENGEMBANGAN HYBRID LEARNING BERBASIS APLIKASI COMPUTER ASSITED TEST(CAT) PADA PROGRAM ARABIC PROFICIENCY TEST. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i1.2063

Jannah, K., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi “Kahoot!” Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Jurusan OTKP Di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 108–121. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p108-121

Kirotul Umah, I. M., Yandari, I. A. V., & Hakim, Z. R. (2023). Pengembangan Evaluasi Berbasis Digital Melalui Web Wordwall Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 269–278. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2081

M. Ardiansyah. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 145–155. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1136

Ma’rif, S., Suparmanto, Rahmawati, N. I., Nurhidayati, V., & Mujiburrahman. (2024). Penggunaan Metode Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab. Ta’Bir Al-’Arabiyyah, 2(1), 25–35. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0002-1719-0766

Mursyid, A. R., & Hula, I. R. N. (2024). New Model of Arabic Language Evaluation and Test System in the Development of 21st Century Learning Media. Eloquence: Journal of Foreign Language, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.58194/eloquence.v3i1.1513

Rahmayanti, I., Muhammad, S., Udin, L. Y., Nashihah, D., & Qomari, N. (2024). Pengembangan Formative Sebagai Media Evaluasi Maharah al Qira ’ ah Siswa Kelas X MAN Kota Batu Malang Madras Aliyah Negeri Kota Batu Malang , Indonesia . Arabic Education Study Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang , Indonesia . ﺺﺨﻠﻣ ةﺰﻬﺟﻷ. 4(1), 260. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/mantiqutayr.v4i1.4134

Rasydiana. (2019). PENGEMBANGAN TES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT DI MTSN 2 KOTA MALANG. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA). Malang.

Roidah, S., Hamidah, S., & Widayanti, R. (2023). The Relevance Between Ability to Memorizing al-Qur’an and the Qira’ah Skills of Students at the Tahfidz Insan Mulia Punggur Islamic Boarding School| Keterkaitan Antara Kemampuan Menghafal al-Qur’an dan Keterampilan Qira’ah Santri Pondok Pesantren Insan Mu. An-Nahdloh: Journal of Arabic Teaching, 1(2), 39–49. Retrieved from https://journal.nabest.id/index.php/JAT/article/view/86

Setyawan, D. A. (2021). PETUNJUK PRAKTIKUM UJI NORMALITAS & HOMOGENITAS DATA DENGAN SPSS. Surakarta: Tahta Media Group.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Kedua). Bandung.

Suharsono, Shodiq, M. J., & Muhtarom, Y. (2023). Inovasi Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Games Kahoot untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak di Ma`Had IIT Rabbani Bengkulu. Mahira: Journal of Arabic Studies and Teaching, 1(2), 149–157.

Wahyudi, D., Idris, J., & Abidin, Z. (2023). TREN DAN ISU PENELITIAN UJI-T DAN CHI KUADRAT DALAM BIDANG PENDIDIKAN. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32332/linear.v4i2.7987

Wahyuni, T., Utomo, A. P. Y., Fitrianingrum, I., & Ambarwati, H. (2023). Implementasi Media Edulastic sebagai Instrumen Asesmen dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi di SMP Negeri 2 Semarang. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.235

Yunita, S., Pratama, D. E., Silalahi, M. M., & Sembiring, T. (2023). IMPLIKASI TEKNOLOGI ERA DIGITAL TERHADAP TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI SIDEREJO HILIR KACAMATAN MEDAN TEMBUNG SUMATERA UTARA. Darma Agung, 31(1), 745–755. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3083

Published
2024-10-28