Imron Julianto, Nadya Yulianty, Muhammad Syabani Ridwanulloh

Pengembangan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Nada Jiharka di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MTDA) Annur Infarul Ghoy Desa Kertamukti

  • Imron Julianto STAI DR.Khez Muttaqien
  • Nadya Yulianty Sekolah Tinggi Agama Islam DR. Khez Muttaqien
  • Muhammad Syabani Ridwanulloh Sekolah Tinggi Agama Islam DR. Khez Muttaqien
Keywords: Nada Jiharka, Pengembangan Kemampuan Membaca Al-Quran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pengembangan kemampuan membaca Al-Qur'an merupakan bagian integral dari pendidikan agama Islam. Salah satu metode yang inovatif dan menjanjikan adalah penggunaan nada Jiharka, yang memiliki karakteristik berirama raml atau minor. Penulis melakukan penelitian bertujuan untuk mengevaluasi kontribusi integrasi nada Jiharka dalam kurikulum madrasah terhadap pengembangan kemampuan membaca Al-Qur'an, serta untuk memahami dampaknya terhadap minat dan motivasi belajar santri. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan kepala sekolah dan guru-guru terkait di MDTA Annur Infarul Ghoy Desa Kertamukti. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi kontribusi metode nada Jiharka dalam pengembangan kemampuan membaca Al-Qur'an dan dampaknya terhadap minat dan motivasi belajar santri. Integrasi nada Jiharka dalam kurikulum madrasah telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman tajwid, kefasihan dalam melafalkan huruf Arab, dan penghayatan ayat-ayat suci Al-Qur'an. Selain itu, metode ini juga mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan khusyuk, yang berdampak pada peningkatan minat dan motivasi belajar santri

References

Nada Jiharka, Pengembangan kemampuan membaca Al-Quran, pendidikan agama Islam.
Published
2024-05-20
How to Cite
Julianto, I., Yulianty, N., & Ridwanulloh, M. S. (2024). Imron Julianto, Nadya Yulianty, Muhammad Syabani Ridwanulloh. Jurnal Panrita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 15-21. https://doi.org/10.47435/jcs.v2i02.2656