Analisis Strategi Pemasaran Gerai Batik Spero Joss Perspektif Etika Bisnis Islam

  • Agniz Ruri Ambarwati Institut Ahmad Dahlan Probolinggo
  • Fia Ayuning Pertiwi Institut Ahmad Dahlan Probolinggo
Keywords: Strategi pemasaran, Bauran pemasaran, Gerai Batik Spero Joss, Etika Bisnis Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Gerai Batik Spero Joss berdasarkan perspektif etika bisnis Islam. Gerai ini merupakan unit usaha yang dikembangkan di SMP Negeri 2 Kota Probolinggo dengan tujuan melestarikan budaya serta meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode purposive sampling, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Gerai Batik Spero Joss menerapkan konsep bauran pemasaran (4P), yang mencakup produk berkualitas, harga kompetitif, distribusi langsung di sekolah, serta promosi melalui pameran dan media sosial. Namun, pemasaran digital masih kurang optimal karena gerai ini belum memiliki akun media sosial sendiri. Ditinjau dari etika bisnis Islam, Gerai Batik Spero Joss telah menerapkan nilai kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Kejujuran tercermin dalam penyediaan produk sesuai kualitas yang dijanjikan, meskipun aspek transparansi harga dalam pemasaran online masih perlu diperbaiki. Prinsip keadilan dipenuhi dengan pelayanan konsumen secara adil, sementara tanggung jawab dan kepedulian sosial diwujudkan dalam pelatihan membatik bagi siswa serta penggunaan bahan ramah lingkungan. Sebagai langkah pengembangan, Gerai Batik Spero Joss disarankan untuk meningkatkan strategi promosi digital melalui akun media sosial resmi, memperjelas harga produk dalam pemasaran online guna memperkuat daya saing dengan tetap berlandaskan pada prinsip-prinsip etika bisnis Islam, serta memperluas variasi produk.

References

Abdul Mun’im. (2023). Strategi Pemasaran Umkm Batik Daam Menghadapi Pemasaran Global (Studi Kasus Di Mizya Batik Tulis Ledokombo Jember). EKONOMI SYARI’AH, 4(2), 191–203.

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.

Aisyah Kharisma Yogi. (2024). Warisan Budaya Dunia “Batik” sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam Mendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(3), 236–248. https://doi.org/10.61132/fonologi.v2i3.910

Anwar, K. (2023). Strategi Pemasaran Dalam Prespektif Etika Bisnis Islam. Al-Mansyur: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah, 3(1), 18–33.

Aprillia, K. (2021). Strategi Pemasaran dalam Mengembangkan Usaha Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Toko Sandal Ping Tulungagung). Juornal of Economics and Policy Studies, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.21274/jeps.v2i1.4355

Arbianto, D., & Irani, M. (2024). Finotec : Journal of Islamic Finance and Economics Preserving Cultural Heritage Through Effective Marketing Strategies : A Case Study of Syafa Masroni ’ s Hand-written Batik , Cirebon. Journal of Islamic Finance and Economics, 1(2), 275–281.

Astuty, & Herpindo. (2021). Makna Kultural Leksikon Motif Batik Soreng Kabupaten Magelang Sebagai Upaya Preservasi Warisan Budaya. Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(02), 303–310.

Fatin Laili, Y. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan UMKM Sentra Batik di Kota Pekalongan. Diponegoro Journal of Economics, 9(4), 1–10. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/dje

Ferdiansyah, M. R., & Abadi, M. T. (2023). Faktor Keberhasilan Usaha Batik Pekalongan (Studi Kasus Usaha Bisnis Batik Kafina di Pekalongan). Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(3), 64–74. https://doi.org/10.30640/digital.v2i2.1287

Kadir, S. (2023). PELUANG INDUSTRI FASHION HALAL DI INDONESIA: (Model Pengembangan dan Strategi). AL-IQTISHAD: Jurnal Ekonomi, 15(1), 142–160. https://doi.org/10.30863/aliqtishad.v15i1.4208

Karimah, J. S., Tupa, N., & Azizah, L. (2024). Inovasi Strategi Pengembangan Motif Batik Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen Mancanegara (pada Batik Manggur Desa Triwung Kidul – Kademangan – Probolinggo). MOTEKAR: Jurnal Multidisiplin Teknologi Dan Arsitektur, 2(1), 399–408. https://doi.org/10.57235/motekar.v2i1.2333

Kristiningsih, K., Lestari, L., & Herawati, W. (2021). Analisis Strategi Positioning Produk Berdasarkan Persepsi Konsumen Pada Industri Batik Di Jawa Timur. Manajerial, 8(01), 85–101. https://doi.org/10.30587/manajerial.v8i01.1975

Maulida. (2024). Etika Bisnis Islam: Implementasi Prinsip Keadilan Dan Tanggung Jawab Dalam Ekonomi Syariah. El-Iqthisadi Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Hukum Dan Syariah, 6(1), 49–61. https://doi.org/10.24252/el-iqthisady.vi.46740

N. Atik. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Marketing Mix. AmaNu: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 4(2), 192–202.

Nabila, A. (2022). Strategi Pemasaran dalam Mengembangkan Usaha berdasarkan Etika Bisnis Islam. Iqtishodiyah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 8(2), 158–168. https://doi.org/10.55210/iqtishodiyah.v8i2.824

Nataza. (2021). Analisis Proses Dan Hasil Pembelajaran Batik Jumputan Di Sma Negeri 1 Genteng. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 11(2), 103–115. https://doi.org/10.23887/jjpsp.v11i2.42026

Primiani, C. N., Megananda, R. C., & Pujiati, P. (2022). Pemberdayaan Kelompok PKK Melalui Pelatihan Pembuatan Batik Jumputan Pewarna Alam sebagai Ciri Khas Desa Mojorejo Kabupaten Madiun. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(3), 410–419. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i3.5538

Prof. Dr. Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta.

Ratnawati, S., & Ati, N. U. (2021). Pelatihan dan Pendampingan UMKM Batik Tulis di Desa Jabaran Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Abdidas, 2(2), 383–391. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.287

Rokhimah, Sofia, S., Mufti, D., Multin, Keliandan, F., Muhammad, N., Rumau, N., & Qomariah, N. (2023). Pendampingan Peningkatan Santripreneur Dengan Penerapan Marketing Mix Produk Buket Batik di Pondok Modern Al-Ghuroba Kabupaten Sorong. 2(2), 134–149.

Safa’atin, H. N., & Luky Denata, D. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Produk Lokal Pada Pasar Global. Journal of Entrepreneurial Studies (JES), 1(1), 28–35.

Simanjuntak, T. R., Yanuartha, R. A., Wijanarka, T., & Hergianasari, P. (2023). Analisis Sosiologi Terhadap Warisan Budaya dan Identitias Lokal Batik Sangiran. Jurnal Neo Societal, 8(4), 224–236.

Siti Hofifah. (2020). Analisis Persaingan Usaha Pedagang Musiman di Ngebel Ponorogo ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 3(2), 37–44. https://doi.org/10.25299/syarikat.2020.vol3(2).6469

Suhairi. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Batik Tulis Giriloyo. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 215–220. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i1.3270

Tafana, A., Andika, B., Rizka, F., Mahyu, O., & Siregar, F. N. (2024). Etika bisnis islam. Jurnal Akademik Ekonomi Dan Manajemen, 1(4), 63–70.

Utami, C. M., & Hastuti, M. A. S. W. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Batik Ecoprint dalam Meningkatkan Penjualan di Toko Syamsinar Tulungagung. Jurnal Economina, 3(7), 728–734. https://doi.org/10.55681/economina.v3i7.1405

Widiastuti, F., Setiawati, R., & Yuniarti, Y. (2024). Batik Sebagai Identitas Lokal : Mengangkat Kembali Motif-Motif Khas Daerah Untuk Peningkatan Nilai Jual Melalui Peningkatan Mutu dan Inovasi Motif Batik Khas Pangkal Babu. 4(6). https://doi.org/10.59818/jpm.v4i6.913

Winarsih, S., & Fasa, M. I. (2024). Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Strategi Pemasaran Syariah. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 18(November), 7730–7739.

Wiyanti. (2023). Batik Spero Wujud Cinta Untuk Budaya Bangsa. In Madza Media.

Yusup, A. (2020). Peran Etika Bisnis dan Kunci Sukses dalam Pemasaran Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(1). https://doi.org/10.30595/jhes.v0i0.7139

Published
2025-03-23