Pengaruh Streamer Product Knowledge, Streamer Appearance Dan Kepercayaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal

  • Devi Salsabilah Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Fitriah Dwi Susilowati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Streamer, Kosmetik Halal, Live Shopping

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh streamer product knowledge, streamer appearance, dan kepercayaan produk terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal pada live shopping e-commerce Shopee di Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, terutama dalam konteks produk kosmetik halal yang dijual melalui platform live shopping. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang tinggal dan berdomisili di Surabaya, yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu untuk memastikan relevansi data. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 103 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan software SPSS untuk menguji hubungan antar variabel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa hipotesis pertama diterima, dimana streamer product knowledge berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal. Hipotesis kedua diterima, dimana streamer appearance memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal. Hipotesis ketiga diterima, dimana kepercayaan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan bagi pemahaman tentang pentingnya faktor-faktor tersebut dalam mempengaruhi perilaku konsumen di era digital dan perdagangan online yang semakin berkembang pesat.

References

Guo, G., Tu, H., & Cheng, B. (2018). Interactive Effect of Consumer Affinity and Consumer Ethnocentrism on Product Trust and Willingness-To-Buy: a Moderated-Mediation Model. Journal of Consumer Marketing, 35(7), 688–697. https://doi.org/10.1108/JCM-06-2017-2239

Javanlabs. (2015). Tafsir Al Araf Ayat 26. TafsirQ.Com. https://tafsirq.com/7-al-araf/ayat-26#tafsir-quraish-shihab

Javanlabs. (2015). Tafsir Al Hajj Ayat 38. TafsirQ.Com. https://tafsirq.com/22-al-hajj/ayat-38#tafsir-quraish-shihab

Katadata. (2023). Perawatan dan Kecantikan, Kategori FMCG Terlaris di E-commerce RI 2023. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/produk-konsumen/statistik/9cd91b0953919bd/perawatan-dan-kecantikan-kategori-fmcg-terlaris-di-e-commerce-ri-2023

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th Edition). Pearson. https://thuvienso.hoasen.edu.vn/handle/123456789/8055

Li, L., Kang, K., Zhao, A., & Feng, Y. (2023). The Impact of Social Presence and Facilitation Factors on Online Consumers’ Impulse Buying in Live Shopping – Celebrity Endorsement as a Moderating Factor. Information Technology and People, 36(6), 2611–2631. https://doi.org/10.1108/ITP-03-2021-0203

Liu, Z., Yang, J., & Ling, L. (2020). Exploring the Influence of Live Streaming in Mobile Commerce on Adoption Intention From a Social Presence Perspective. International Journal of Mobile Human Computer Interaction (IJMHCI), 12(2), 1–19. https://doi.org/10.4018/IJMHCI.2020040104

Mai, T. D. P., To, A. T., Trinh, T. H. M., Nguyen, T. T., & Le, T. T. T. (2023). Para-Social Interaction and Trust in Live-Streaming Sellers. Emerging Science Journal, 7(3), 744–754. https://doi.org/10.28991/ESJ-2023-07-03-06

Mulyadi, A. D. S., & Nurhasanah, S. (2024). Analisis Pengaruh Promosi, Live Streamers, dan Tekanan Waktu terhadap Keputusan Pembelian pada Fitur Shopee Live. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jim.v12n2.p274-283

Mutho, I. (2023). Keutamaan Mengajak Kebaikan ala Sayyid Muhammad al-Maliki . Banten.nu.or.id. https://banten.nu.or.id/keislaman/keutamaan-mengajak-kebaikan-ala-sayyid-muhammad-al-maliki-3How6

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati. (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. KINERJA, 14(1), 16–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445

Rahman, A. A., Asrarhaghighi, E., & Rahman, S. A. (2015). Consumers and Halal Cosmetic Products: Knowledge, Religiosity, Attitude and Intention. Journal of Islamic Marketing, 6(1), 148–163. https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2013-0068

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. A. Effendy, Ed.). CiptaMediaNusantara. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Ntw_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=ramdhan+2021+penelitian+kuantitatif&ots=f3oD5PTt9w&sig=uyivvCkD0nHctt_F7VtNMOGJZ9k&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Rusito. (2021). Dasar Internet Teknologi IoT (Internet of Thing) dan Bahasa HTML (I. A. Dianta, Ed.). Yayasan Prima Agus Teknik.

Sudarsono, H., & NugrohowatiI, R. N. I. (2020). Determinants of the Intention to Consume Halal Food, Cosmetics and Pharmaceutical Products. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(10), 831–841. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no10.831

Sun, X., Foscht, T., & Eisingerich, A. B. (2021). Does Educating Customers Create Positive Word of Mouth? Journal of Retailing and Consumer Services, 62. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102638

Wang, Z., Wang, Z., Rinprasertmeechai, D., & Worawan, S. (2024). Understanding The Effect of Live Streamers Appearance and Abilities in Shaping Consumer Purchase: A Cross-Cultural Empirical Research. Journal of Retailing and Consumer Services, 81(C). https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2024.104031

Yu, F., & Zheng, R. (2022). The Effects of Perceived Luxury Value on Customer Engagement and Purchase Intention in Live Streaming Shopping. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 34(6), 1303–1323. https://doi.org/10.1108/APJML-08-2021-0564

Yulindasari, E. R., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh E-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i1.4293

Zhang, H., Zheng, S., & Zhu, P. (2024). Why Are Indonesian Consumers Buying on Live Streaming Platforms? Research on Consumer Perceived Value Theory. Heliyon, 10(13). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e33518

Zhou, X., & Tian, X. (2022). Impact of Live Streamer Characteristics and Customer Response on Live-streaming Performance: Empirical Evidence from e-Commerce Platform. Procedia Computer Science, 214(C), 1277–1284. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.11.306

Published
2025-03-22