Potensi Ekonomi Sirkular Dalam Mengembangkan Industri Fashion Halal Berkelanjutan: Tinjauan Studi Literatur

  • Dewi Lusiana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Gita Dwi Listiowati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Industri, Halal, Fashion, Ekonomi Sirkular, Studi Literatur

Abstract

Industri fashion halal di Indonesia mengalami peningkatan. Tetapi penelitian ilmiah mengenai fashion halal dengan konsep ekonomi sirkular masih sangat jarang, sehingga diperlukan penelitian baru menggunakan konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai potensi ekonomi sirkular dalam mengembangkan industri fashion halal secara berkelanjutan. Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pustaka (libraryresearch) dengan pendekatan ekonomi sirkular. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ekonomi sirkular dalam dunia industri dapat menghadirkan berbagai manfaat. Misalnya bagi produsen, manfaat yang diperoleh yaitu adanya sistem ekonomi sirkular dapat menghemat bahan produksi karena bahan diproses menggunakan sistem daur ulang sehingga memungkinkan lebih sedikit bahan yang terbuang. Sementara manfaat bagi konsumen yaitu konsumen dapat memperoleh hasil fashion yang lebih maksimal, kualitas yang lebih baik dan nyaman digunakan karena proses produksinya adalah daur ulang. Sehingga dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem ekonomi sirkular memiliki potensi dalam mengembangkan industri fashion halal secara berkelanjutan yang nantinya dapat membantu dalam meningkatan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

References

Dwiningsih, N., & Harahap, L. (2022). Pengenalan Ekonomi Sirkular (Circular Economy) Bagi Masyarakat Umum. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 135–141. https://doi.org/https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i2.68

Efendi, A. (2020). The Effect of Halal Certification, Halal Awareness and Product Knowledge on Purchase Decisions for Halal Fashion Products. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(2), 145–154. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.2.6160 145

Fathoni, M. A., & Syahputri, T. H. (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 428. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1146

Hasan, A. S., & Hamdi, B. (2022). Perkembangan dan Tantangan Halal Fashion Indonesia Dalam Menjadi Produsen Utama Industri Halal Global. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 4(2), 71–83. https://doi.org/10.37146/ajie.v4i2.134

Indrayani, L. (2021). Konsep Circular Economy Untuk Mewujudkan Industri Batik Yang Berkelanjutan. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, 6(7), 1–11.

Jailani, N., Ismanto, K., Susminingsih, & Adinugraha, H. H. (2022). Peluang Untuk Mengembangkan Industri Fashion Halal Di Indonesia Melalui Platfrom Ecommerce. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(2), 121–132. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/tadayun.v3i2.76

Kusairi, A., Affandi, M., & Harisah. (2020). Fashion Batik Tulis Madura Sebagai Tren Halal Industri Dalam Kajian Fikih. Jurnal of Islamic Finance, 5(1), 1–23. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fintech/article/view/6558

Lamata, M. G., & Martinez, P. L. (2022). The Circular Economy and Sustainability: A Systematic Literature Review. Cuadernos de Gestion, 22(1), 129–142. https://doi.org/10.5295/CDG.211492MG

Listyadewi, R. P. (2023). Pengembangan Industri Halal Fhasion Melalui Konsep Ekonomi Sirkular. Pusat Kajian Halal ITS, 3(1), 38–46. Retrieved from https://journal.its.ac.id/index.php/hr/article/download/587/523/3963

Maha. (2021). Trend Fashion Muslim Di Indonesia Saat Ini Dan Kesesuaiannya Dengan Syariat Islam. Jurnal QIEMA (Qomaruddin Islamic Economy Magazine, 7(2), 224–236. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/qiema.v7i2.3651

Maryam, H., Chauhan, C., Kaur, P., Kraus, S., & Dhir, A. (2022). Jurnal Produksi Bersih Pendorong dan hambatan model bisnis ekonomi sirkular : Posisi kita saat ini , dan tujuan yang kita tuju. Journal of Cleaner Production, 3(2), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.130049

Mujahidin. (2020). Potensi Industri Halal Di Indonesia Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 2(1), 77–90. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24256/kharaj.v2i1

Munaro, M. R., Tavares, S. F., & Braganca, L. (2020). Towards Circular and More Sustainable Buildings: A Systematic Literature Review on the Circular Economy in the Built Environment. Journal of Cleaner Production, 260(1), 121–134. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.121134

Peristiwo, H. (2022). Potential of Circular Economy to Indonesia’s Sustainable Halal Fashion Industry in The Framework of Accelerting Sharia Economy and Business. Proceeding AICIEB: Annual International Conference on Islamic Economics and Business, 2(1), 24–31. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/aicieb.v2i1.78

Rusmana, I., Maulana, R., Baihaqi, A., Vikanda, V., & Ramadhan, A. (2021). The Urgency of Indonesian Islamic Fashionpreneur as Part of The World’s Halal Industry. Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, (2020), 21–28. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/baskara/article/download/10013/5928

Sukoso, Wiryawan, A., Kusnadi, J., & Sucipto. (2020). Ekosistem Industri Halal. Jakarta: Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah - Bank Indonesia.

Yuniastuti, V., & Pratama, A. A. (2023). Portraits and Challenges of Indonesia’s Modest Fashion Industry on the Halal Industry Competition in the World. Indonesian Journal of Halal Research, 5(1), 21–29. https://doi.org/10.15575/ijhar.v5i1.17385

Published
2025-03-23