ANALISIS KOMPARASI AL-BA’I DAN JUAL BELI SALAM TERHADAP MAHASISWA UIAD SINJAI
Abstract
Tujuan penelitian adalah Mengetahui Perbedaan Minat Beli Al-Ba’I dan Jual Beli Salam terhadap Mahasiswa UIAD Sinjai. Komparatif merupakan Jenis penelitian yang telah ditentukan untuk digunakan sebagai jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian menggunakan dua variabel yaitu X¹ (Al-Ba'i) dan X² (Jual Beli Salam) serta Variabel Y (Minat Beli). Untuk Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran data dari kuesioner dan berupa dokumentasi. Untuk jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa UIAD sebanyak 1652 Mahasiswa dari tiga fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam dan Fakultas Ekonomi dan Hukum Islam yang akan melibatkan sebanyak 121 Mahasiswa sebagai responden. Uji Parametrik digunakan karena merupakan bagian dalam uji statistik dengan menggunakan alat bantu berupa aplikasi SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara minat beli Al-Ba’I dengan Minat Jual Beli Salam karena hasil dari nilai Sig. 0,000 < 0,05 berarti Hipotesis Ha diterima dan Hipotesis H0 ditolak.
References
Asman. (2019). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Bagi Hasil Pada Akad Usaha Rental Mobil di Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai.
Effendy, A. a. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan mitivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan (studi kasus t. modernland realty, tbk). Universitas Pamulung.
Fajri, A. (2021). Strategi Pemasaran Pt. Pos Indonesia Dalam Bersaing Antar Perusahaan Jasa Pengiriman Di Kabupaten Sinjai.
Fauzi, N. R., & Sisilia, K. (2020). Analisis Perbandingan Keputusan Pembelian Online Dan Offline Customer Pada Or-K 689 Clothing. Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi. https://doi.org/10.31869/me.v6i2.1812
Fordebi & Adesy. (2016). Ekonomi dan Bisnis Islam: Seri Konsep dan Aplikasi Ekonomi dan Bisnis Islam (1st ed.). PT. Raja Grafindo Persada.
Hardani, n. h. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Cv. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Hamzah, Z., Arif, M., & Nisa, C. (2019). Analisis Komparasi Strategi Pemasaran dalam Transaksi Jual Beli Online dan Offline pada Hijab (Studi Kasus: Mahasiswi Universitas Islam Riau). Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah (Vol. 2, Issue 1).
Hasan, A. F. (2018). Fiqih Muamalah dari Klasik hingga Kontemporer (1st ed.). UIN-Maliki Malang Press.
Hasriani. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Internet (Browsing) terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai.
Intan, N., & Nashrullah, N. (2021). Ojk: 88.1 Persen Pengguna Internet Belanja e-commerce. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/r2i9wt320/ojk-881-persen-pengguna internet-belanjapakai-ecommerce.
Isna, M. A. (2021). Pengaruh Label Halal Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada C’Bezt Fried Chicken Cabang Sinjai).
Kementerian keuangan RI. (1847). Kitab Undang-Undang Dagang (Staatsblad).
Kementerian agama RI. (2019).Mushaf Al-quran Standar Indonesia dan Layanan Pentashahian. Jakarta Timur.
Mardani. (2016). Fiqh Ekonomi Syariah: Fiqh Muamalah (4th ed.). Kencana.
Mujizatullah, M. (2018). Kebijakan Dan Pelayanan Pembiayaan Murabahah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.26618/j-hes.v2i1.1392
Muna, F. N. (2019). Pengaruh Pembelian Online dan Pembelian Offline terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Sebagai Variabel Intervening.
Nelva, Salam, Nurjannah, Rahman A, Ansar. (2024). Pegaruh Ulasan Online dan Tagline Gratis Ongkir Terhadap Minat Pembelian E-Commerce Pada Mahasiswa Sinjai. Asy-Syarikah Jurnal Lembaga keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(1), 15-26.
Nurhaerani. (2018). Implementasi Program Promotion Mix Pada UMKM Sipakatau Desa Kompang Kecamatan Sinjai tengah Kabupaten Sinjai.
Nurhaliza. (2019). Analisis Jual Beli Online Dalam Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Perdata Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 2019.
Paramita, R. W. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (3 Ed.). Jawa Timur: Widya Gama Press.
Pasaribu, C. (1996). Hukum Perjanjian Dalam Islam. Sinar Grafika.
Putra, M. D. (2019). Jual Beli On-Line Berbasis Media Sosial. 3, 90.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer (1st ed.). Alfabeta.
Rahayu, A. K. S. (2020). Penerapan Jual Beli Akad Salam Dalam Layanan Shopee. Ar-Ribhu, 3(2), 92–106.
Rahman, A. S. (2024). Strategi Pemasaran Digital Melaui Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam. Asy-Syarikah Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam. 6(1), 1-14.
Rianto, M. Nur. Al Arif. (2013). Penjualan On-line Berbasis Media Social Dalam Perspektif Ekonomi Islam, Ijtihad. Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan, 23 (1).
Rohman, H. (2020). Hukum Jual Beli Online (N. K. Majid (ed.)).
Roliansyah, A. (2022). Analisis Perbandingan Transaksi Jual Beli Online di Marketplace shopee pada masa pandemi covid 19. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu.
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164
Rozalinda. (2016). Fikih Ekonomi Islam (1st ed.). PT. Raja Grafindo Persada.Hardani, n. h. (2020). metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. yogyakarta: Cv. pustaka ilmu group yogyakarta.
Sahir, S. h. (2021). Metodologi Penelitian (1 Ed.). Medan: Kbm Indonesia.
SARI, B. S. (2020). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli. Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram.
Septianingsih, A. (2020). Analisis Perilaku Belanja Online Mahasiswa Universitas Islam Indonesia.
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1 ed.). (Ayup, Penyunt.) Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Suaidah, Nursahada, & Nurlaila. (2022). Potensi Penerapan Akad As Salam Pada Produk Pembiayaan Bank Syariah. 15(3).
Sunjoyo, R. S. (2021). Aplikasi SPSS Untuk Smart Riset. Bandung: Alfabeta
Syaikhu, Ariyadi, & N. (2020). Fikih Muamalah: Memahami Konsep dan Dialektika Kontemporer. K-Media.
Syarif Hidayatullah, M. (2020). Analisis Hadist Ahkam Muamalah dalam Fatwa DSN-MUI tentang Murabahah, Salam dan istisnha. Sosiologi Islam, 2, 233. https://dsnmui.or.id/.
Wijayanti, R., Paramita, D., Rizal, M. M. N., Riza, C., & Sulistyan, B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.