PENGARUH FAKTOR NON EKONOMI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN PERSPEKTIF MAQASID SYARIAH DI HALMAHERA BARAT
Abstract
This study talks about the impact of non-economic elements on housing purchase decisions from the perspective of maqasid sharia in West Halmahera Regency, North Maluku. The purpose of this study is to test and analyze the influence of non-economic factors (such as family size, location and facilities) on housing purchase decisions through maqasid sharia as a mediating variable. The locations in this study are in four different housing complexes in West Halmahera Regency, namely Abdi Negara Residence Jailolo housing, Jailolo Residence housing, Nuansa Indah Residence housing, and Griya Alam Acango. The research method used is a quantitative method. The data collection method uses a questionnaire and analysis uses SEM. The form of data processing in this research uses SmartPLS software version 3. The sample size of this study was 60 respondents with a sampling error rate of 10%. Based on the results of the study, it was obtained that the first hypothesis was accepted, where the number of family members significantly influenced the decision to purchase housing. The second hypothesis was accepted, where the location factor significantly influenced the decision to purchase housing. The third hypothesis was accepted, where the facility factor significantly influenced the decision to purchase housing. The fourth hypothesis was accepted, where maqasid sharia mediated the influence of the number of members on the decision to purchase housing. The fifth hypothesis was accepted, where maqasid sharia mediated the influence of location on the decision to purchase housing. The sixth hypothesis was accepted, where maqasid sharia mediated the influence of facilities on the decision to purchase housing.
Tujuan dari research ini untuk mengetahui pengaruh faktor non-ekonomi (jumlah anggota keluarga, lokasi dan fasilitas) atas keputusan pembelian perumahan melalui maqasid syariah sebagai variabel mediasi. Maqasid syariah bertujuan melihat aspek perlindungan keluarga, perlindungan akal, perlindungan agama, dan perlindungan hak-hak manusia. Lokasi dalam penelitian ini berada di empat perumahan yang berbeda di Kabupaten Halmahera Barat, yakni perumahan Abdi Negara Residence Jailolo, perumahan Jailolo Residence, perumahan Nuansa Indah Residence, dan Griya Alam Acango. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitaif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis menggunakan SEM. Bentuk pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Software smartPLS versi 3.Adapun besarnya sampel penelitian ini sebanyak 60 responden berdasarkan rumus slovin dengan tingkat sampling eror sebesar 10%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hipotesis pertama diterima, dimana jumlah anggota keluarga berpengaruh secara signifikan atas keputusan pembelian perumahan. Hipotesis kedua diterima, dimana faktor lokasi memiliki pengaruh secara signifikan atas keputusan pembelian perumahan. Hipotesis ketiga diterima, dimana faktor fasilitas berpengaruh secara signifikan atas keputusan pembelian perumahan. Hipotesis keempat diterima, dimana maqasid syariah memediasi pengaruh jumlah anggota atas keputusan pembelian perumahan. Hipotesis kelima diterima, dimana maqasid syariah memediasi pengaruh lokasi atas keputusan pembelian perumahan. Hipotesis keenam diterima, dimana maqasid syariah memediasi pengaruh fasilitas atas keputusan pembelian perumahan.
References
Adhi Purba, I., & Acmad Kholik, J. (2023). Penggunaan Mobile Banking Dalam Pandangan Maqashid Syariah Serta Problematika Atas Kejahatan Cyber. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 178–188. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v5i2.2035
Auda, J. (2006). Fiqih Maqasid ; Inatah al-Ahkam al-Syar’iyah bi Maqasidiha (London). al-Ma’had al-Alami li al-Fikr al-Islami.
Aulawi, H., & Shalahuddin. (2019). Pengaruh Anak Dalam Proses Pengambilan. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 3(6), 17–25.
Al-Ghazali. (1993). Al Mustafa. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Amstrong, K. (2008). Prinsip-Perinsip Pemasaran 2. Erlangga.
Bentarti, S., & dkk. (2021). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Masyarakat Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Syariah di Kabupaten Bekasi”. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6.
Bakri, A. J. (1996). Konsep Maqasid Syariah Menurut Al Syatibi”. PT. Raja Grafindo Persada.
Firman, A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah”. Jesya: Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2).
Fandy, T. (2008). Strategi Pemasaran. Andi.
Haslinda, H. (2019). Analisis Pengaruh Faktor Ekonomi dan Non-Ekonomi Terhadap Peningkatan Permintaan Perumahan di Kota Watampone. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 149–172. https://doi.org/10.35905/balanca.v1i2.1142
Huda, N. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v2i1.311
Jumriyanor, J., & Rusdianysah, R. (2020). Pengaruh Harga, Fasilitas, Pengeluaran Konsumen, Dan Anggota Jumlah Keluarga Terhadap Permintaan Rumah Kpr Bersubsidi Kecamatan Alalak Kabupaten Batola. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 3(1), 243. https://doi.org/10.20527/jiep.v3i1.2221
Kamanto, S. (2004). Pengantar Sosiologi, Edisi Ketiga (Ketiga). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.
Kuncoro, M. (2001). Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. UPP AMP YKPN.
Lubis, R. M. O., & Pathuansyah, Y. (2021). Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi Pada PT. Nato Jaya Grup Padangsidimpuan. 6(2).
Lane, K., & Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Mardani, A. D., Yani, A., & Napisah, S. (2020). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Subisidi Kota Pangkalpinang. Jurnal Ekonomi Manajemen Stiepertiba, 6, 96–104. https://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/94
Mawardi, A. I. (2010). Fiqh Minoritas: Fiqh Aqalliyat dan Evolusi Maqasid al Shariah dari Konsep ke Pendekatan. LKiS.
Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Pemukiman.
Rinaldi, A., & Atifah, K. (2021). Pengaruh Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Kpr Pada Pt. Dzakiyah Mabrukah Gemilang. ISLAMIC BUSINESS and FINANCE, 2(1), 82–105. https://doi.org/10.24014/ibf.v2i1.13894
Ramadhani, M. M. (2021). Peran Humas Pemerintah Kota Banjarbaru Dalam Sosialisasi Penyediaan Perumahaan Bersubsidi Di Kota Banjarbaru. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2). https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/mutakallimin/article/view/6449%0Ahttps://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/mutakallimin/article/viewFile/6449/3595
Saturi, S. (2021). Maluku Utara Daerah Rawan Bencana, Investasi Ekstraktif Makin Tingkatkan Risiko. Mongabay. https://www.mongabay.co.id/2021/03/18/maluku-utara-daerah-rawan-bencana-investasi-ekstraktif-makin-tingkatkan-risiko/
Sugianto, R., & Ginting, S. O. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Fasilitas dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Perumahan Medan Resort City. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.55601/jwem.v10i1.666
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Supardi. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. UII Press.
Wati, S. R., & Muthmainah, H. (2021). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Perumahan Subsidi Di Sukoharjo. Jurnal Ekobis Dewantara, 4(3), 144–155. https://doi.org/10.26460/ed_en.v4i3.2364
Walalayo, N., Yap, R. A., & Orisu, L. M. (2020). Pengaruh Lokasi, Pendapatan Konsumen, Harga Rumah Dan Selera Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi Di Kabupaten Manokwari. JFRES: Journal of Fiscal and Regional Economy Studies, 3(2), 52–58. https://doi.org/10.36883/jfres.v3i2.48