TRANSFORMASI DIGITAL MARKETING UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN KOPERASI DI ERA DIGITAL PADA KSPPS ARTHA YASMIN AZ-ZAHRA
Abstract
Perkembangan teknologi di era digital perlu untuk direspon dengan adanya transformasi. Salah satu transformasi teknologi yang diperlukan adalah di sektor koperasi dengan transformasi digital marketing. Transformasi digital marketing yang digunakan oleh koperasi akan berpotensi membuat kinerja koperasi semakin baik dan modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana transformasi digital marketing yang dilakukan oleh KSPPS Artha Yasmin Az-Zahra sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan koperasi. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi kepada para pegawai KSPPS Artha Yasmin Az-Zahra yang terdiri dari manager, staff marketing dan admin digital marketing. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital marketing yang dilakukan oleh KSPPS Artha Yasmin Az-Zahra adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana digital marketing serta merencanakan digitalisasi koperasi dengan pembuatan sistem informasi. Transformasi digital marketing mampu menjadi strategi yang berdampak bagi pertumbuhan koperasi. Pemanfaatan digital marketing yang dilakukan oleh KSPPS Artha Yasmin Az-Zahra dapat membuat masyarakat lebih mengenal koperasi dan memberikan peningkatan pengajuan produk pembiayaan dan simpanan. Penelitian ini memberikan dampak positif bagi bidang perbankan dengan membuktikan bahwa implementasi transformasi digital marketing mampu memberikan dampak positif bagi pertumbuhan koperasi.
References
Ahmad, K., & Krisnadi, I. (2020). Digitalisasi Koperasi dalam Penyempurnaan Konsep Pasar Digital Nasional sebagai Penangkal Resesi Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, 9, 1–12.
Aminah, R. S., & Dalimunthe, W. Y. (2024). Penerapan Search Engine Optimization Pada Pemberitaan di Media Siber. Jurnal Netnografi Komunikasi (JNK), 3(1), 73–87.
Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6469–6477. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AAnalisis
Ardianus, Telaumbanua, A., & Harefa, A. R. (2022). Analisis Pengelolaan Keuangan Di Desa Angorudua Balaekha. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi (Jamane), 1(2), 312–319.
Bangsawan, G. (2023). Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.27-40
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Febrianka, V. W. (2019). Kebijakan dan Manajemen Publik Kinerja Koperasi Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Tidak Aktifnya Koperasi Gotong Royong Kota Blitar. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 4(3), 1–11.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Geraldine, A. Z., Salsabila, A. P., Reta, A. C., Yurizki, M. A., Athallah, M. R., Nur, N., Agustina, T. S., Hardi, J., & Fitdiarini, N. (2024). Usulan Program Pengembangan Pemasaran untuk Meningkatkan Efektivitas Produksi pada Koperasi Kampung Jati Nusantara. Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 03(02), 41–56.
Imayanti, I., Syarifuddin, S., & Mikrayanti, M. (2021). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Relasi dan Fungsi pada Siswa SMP. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.53299/diksi.v2i1.81
Latifa, T., Fuad, Z., & Amanatillah, D. (2021). Analisis Persepsi Konversi Koperasi Syariah (Studi pada Stakeholder dan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KP-RI) Beringin Pemerintah Kota Banda Aceh). Ekobis Syariah, 5(2), 29. https://doi.org/10.22373/ekobis.v5i2.11552
Maknunah, L., & Kamila, A. I. (2022). Hubungan Ilmu Mantik Terhadap Permasalahan Logika Matematika Untuk Penarikan Sebuah Kesimpulan. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 108–118.
Muldiah, S. (2023). Kesadaran Mahasiswa Dalam Beretika Di Zaman Era Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 3(2), 241–248. https://doi.org/10.55883/jipkis.v3i2.75
Nurjanah, D. I., & Patin, N. N. (2024). Survei Pendapatan terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia. Sosiosaintika, 2(1), 62–73. https://doi.org/10.59996/sosiosaintika.v2i1.394
Prajayanti, H., & Maslikah, M. (2021). Studi Deskriptif Kualitatif tentang Partisipasi Remaja dalam Keikutsertaan Posyandu Remaja. Jurnal Kebidanan Harapan Ibu Pekalongan, 8(2), 74–82. https://doi.org/10.37402/jurbidhip.vol8.iss2.139
Qurhtuby, M., Fahira, D. N., & Agustina, E. (2021). Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tabusai, 05(02), 63–068.
Ramadhan, A., Alfiansyah, F., & Utama, R. E. (2023). Kembalinya Jati Diri Koperasi Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Negara Indonesia. Musytari: Neraca Manajemen Ekonomi, 2(10), 36–46. https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/1452%0Ahttps://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/download/1452/1347
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadarah, 17(33), 81–95.
Sidanti, H., Sari, E. W., Aziz, A. N., Purwanto, H., & ... (2022). Transformasi Digital Marketing Industri Manco. Jurnal Madaniya, 3(2), 271–278. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/158%0Ahttps://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/download/158/122
Siregar, A. R., Ritonga, N., Budiman, S., Harahap, J. M., & Ayla, S. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Pembiayaan Mikro. Jurnal Humaniora : Ilmu Ekonomi , Sosial , Bisnis Dan Hukum, 1, 1–8.