ANALISIS STRATEGI DAYA SAING PRODUK AIR KEMASAN STUDI KASUS PADA PT. KARUNIA TIRTA KAJUARA

  • Risnawati Risnawati Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai
  • Fitriani Fitriani Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai
  • Ansar Ansar Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai
  • Abdul Rahman Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai
  • Chaerul Sani Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai
Keywords: AMDK, daya saing, mutu kemasan, pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi daya saing produk air minum dalam kemasan (studi kasus pada PT. Karunia Tirta Kajuara Di Desa Waetuwo Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan PT. Karunia Tirta Kajuara. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan collection (pengumpulan data), reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian menemukan bahwa stategi yang dilakukan PT. Karunia Tirta Kajuara dari segi mutu, produk sudah mendapatkan sertifikat, SNI dan BPOM. Dari segi penerapan harga produk PT. Karunia Tirta Kajuara menerapkan harga yang hampir sama dengan harga saingan. Dari segi kemasan, desain warna, PT. Karunia Tirta Kajuara memilih warna biru sebagai warna dari kemasan produk. Karena warna biru identik dengan fresh, dan citra air yang tergambar dalam pikiran masyarakat adalah warna biru. Strategi yang dilakukan PT. Karunia Tirta kajuara dari segi pemasaran yaitu Menambah jumlah produksi, Menggencarkan proses promosi, Melakukan pemasaran secara langsung dan memberikan pelalayanan yang maksimal.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

David. (2006). Strategy Management. Ichsan Setiyo Budi (Penerjemahan) Manajemen Strategi. Salemba Empat.

Dirgantoro. (2001). Manajemen Strategi. Gasindo.

Galavan. (2014). Doing Business Strategy. NuBooks.

Idris, R., Mohammad &. (2020). Analisis Strategi Daya Saing (Cet 13 Edi). Kopia Karanji Gorontalo.

kanuk, S., L. G. dan. (2004). Perilaku Konsumen. Indeks.

Kotler. (2007). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.

Muhardi. (2007). Strategi Operasi Untuk Keunggulan Bersaing. Garaha Pustaka.

Porter. (1985). Strategy Advantage. The Free Press.

Rangkuti. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sula, K., Herman dan. (2006). Syariah Marketing. PT. Mizan Pustaka.

Wheelen. (2004). Strategic management Anda Bisiness Policy (Ninth Edit). Pearson Prentice.

Published
2024-09-30