INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH

  • Maya Nurjanah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Nilai-Nilai Islam, Pembelajaran Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyyah. Penelitian ini menggunakn metode penelitian studi pustaka atau library reseach, studi pustaka merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan sumber pustaka sebagai sumber dalam kegiatan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kepustakaan ini yaitu mencari data mengenai hal atau variabel yang berupa catatan, buku, makalah, atau artikel dan jurnal. Setelah data dikumpulkan maka dilakukan analisis content guna mendapatkan rumusan kesimpulan yang tepat dan akurat. Hasil dari penelitian ini didapati beberapa pembahasan mengenai Pengertian Integrasi Nilai-Nilai Islam, Pembelajaran Matamatika, Prinsip Integrasi Ilmu, Strategi Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika, dan Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam pembelajaran Matematika. Kesimpulan dari peelitian ini yaitu pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah semula terasa sukar dilaksanakan. Khususnya untuk mata pelajaran matematika yang banyak berhubungan dengan bilangan, rumus-rumus dan bangun geometris, akan terasa mudah untuk diterapkan jika kita sebagai Tenaga Pendidik selalu mencoba mencari celah penanaman nilai-nilai ajaran agama Islam dalam pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussakir, A. (2017). Internalisasi Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi Analogi. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami), 1(1), 659–665.

Fauzi, B. (2020). Integrasi Pendidikan Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran. eL-SANTRY: Jurnal Mahasiswa Pendidikan, Syariah dan Ushuludin, 1(2), 12–26.

Firdaus, A. ’Inayatul. (2018). Integrasi Nilai-nilai Alquran dalam Pembelajaran Matematika Materi Peluang [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/j8yrm

Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 346–352.

Hariyani, M. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah Berintegrasi Nilai-nilai Islam. MENARA RIAU, 12(2), 150–155.

Imamuddin, M., Isnaniah, I., Zulmuqim, Z., Nurdin, S., & Andryadi, A. (2020). Integrasi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Islam (Menggagas Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah). AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 117–130. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i2.1928

Isti, I. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V MI/SD. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 58–65. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.991

Mustika Zed. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Narti 22, S., Ratmiati, R., & Husaini, H. (2021). Integrasi Nilai Religius dalam Pembelajaran MI/SD untuk Membangun Karakter Siswa. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12372

Nesa, M. Z. Z. (2019). Tanggapan Siswa Mengenai Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), Article 1. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/555

Nihayati, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Islam dengan Materi Himpunan (Kajian Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an). JURNAL E-DuMath, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.52657/je.v3i1.285

Rahman, H. (2019). Model Integrasi Keilmuan: Implementasi Metode Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai di SDI Sabilillah Malang. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i1.1642

Salafudin, S., & Abidin, M. Y. (2019). Pembelajaran Matematika Realistik dan Bermuatan Nilai-nilai Islam untuk Meningkatkan Karakter Religius, Jujur, Kreatif dan Rasa Ingin Tahu di SMP/MTs. PT. Nasya Expanding Management. http://repository.iainpekalongan.ac.id/188/

Setiawan, A., & Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan Nilai, Budaya dan Karakter dalam Pembelajaran Matematika Dasar pada SD/MI. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41–56. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767

Published
2022-01-06
How to Cite
Maya Nurjanah. (2022). INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 13(2), 38-45. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i2.741