Eksistensi Budaya Siri’ Na Pacce Terhadap Santri Pesantren Ujung Lare’ Parepare
Abstract
Pentingnya integrasi budaya Siri’ Na Pacce dalam membentuk karakter santri di Pesantren Ujung Lare’ Parepare, di tengah tantangan modernisasi yang cenderung menggerus nilai-nilai lokal dan moralitas. Penelitian ini bertujuan menganalisis eksistensi budaya Siri' Na Pacce berperan dalam membentuk karakter dan perilaku santri di Pesantren Ujung Lare’ Parepare dengan menggunakan metode kualitatif melalui pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengeksplorasi eksistensi budaya Siri’ Na Pacce dan bagaimana santri di Pesantren Ujung Lare’ Parepare menginternalisasi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Eksistensi budaya Siri’ Na Pacce di Pesantren Ujung Lare’ Parepare berperan penting dalam pembentukan karakter santri dan penguatan nilai-nilai lokal dalam pendidikan agama, di mana Siri’ mengajarkan moralitas dan integritas, sedangkan Pacce mendorong empati dan solidaritas terhadap sesama. Melalui berbagai aktivitas dan pengajaran, kedua nilai ini diinternalisasi untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan karakter santri serta hubungan harmonis dengan masyarakat. Selain fokus pada pengajaran ilmu agama, penerapan nilai Siri’ Na Pacce juga memperkuat identitas budaya lokal. Budaya Siri' Na Pacce di Pesantren Ujung Lare' Parepare berperan dalam membentuk karakter santri melalui nilai Siri' (harga diri dan kehormatan) serta Pacce (empati dan solidaritas), yang diinternalisasi melalui interaksi sehari-hari dan kegiatan pesantren. Nilai-nilai ini, yang diajarkan oleh pengasuh maupun guru di pesantren, memperkuat integritas, disiplin, kebersamaan, dan akhlak mulia dalam kehidupan santri.Pembentukan Karakter; Pendidikan Pesantren; Santri DDI Ujung Lare; Siri’ Na Pacce
Downloads
References
Ahmad, H. A. (2022). Implementasi Budaya Siri’ Na Pacce di Tengah Arus Kebudayaan Populer. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.55623/ad.v3i1.106
Azis, A., Saleh, S. F., & Suriani, A. I. (2020). Inculcating Siri’ Na Pacce Value in Primary School Learning. Mimbar Sekolah Dasar, 7(1), 82–92. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i1.22461
Badewi, M. H. (2019). Nilai Siri’ dan Pesse dalam Kebudayaan Bugis-Makassar, dan Relevansinya terhadap Penguatan Nilai Kebangsaan. JSW (Jurnal Sosiologi Walisongo), 3(1), 79–96. https://doi.org/10.21580/jsw.2019.3.1.3291
Chandra, P. (2020). Peran Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Bangsa Santri di Era Disrupsi. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 243. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1497
Darussalam, F. I. (2021). Siri’ Na Pacce Dan Identitas Kebudayaan. An-Nisa’, 14(1), 1–5.
Darwis, M. (2020). Revitalisasi Peran Pesantren Di Era 4.0. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 6(01), 128. https://doi.org/10.36835/dakwatuna.v6i01.509
Darwis, R., & Dilo, A. U. (2013). Implikasi Falsafah Siri’ Na Pacce Pada Masyarakat Suku Makassar di Kabupaten Gowa. El-HARAKAH, 14(2), 186–205. https://doi.org/10.18860/el.v14i2.2317
Fadly, M. F., Hikmah, N., Safitri, A. N., Matita, R., & Rasyidah, S. N. (2020). Budaya tabik (tabe’) sebagai nilai pendidikan karakter bagi generasi milenial. Jurnal Universitas Muslim Indonesia Makassar.
Ips, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Mangkurat, U. L. (2021). Artikel Kearifan Lokal : Uang Panai ’ dan budaya malu Siri.
Kariyanto, H. (2020). Peran Pondok Pesantren dalam Masyarakat Modern. Jurnal Pendidikan “Edukasia Multikultura,” 2(2), 22–23. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/multikultura/article/view/4646
Kasvita, V., Babo, R., & Muhajir. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Konstekstual Berbasis Kearifan Lokal Siri’ Na Pacce. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar“Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0", November, 330–338. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1079/776
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Mita Silfiyasari, & Ashif Az Zhafi. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 127–135. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.218
Rahma, S. (2023). Budaya Tabe Sebagai Kearifan Lokal Masyarakat Bugis Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Mgmp_Pai_Smp_Pinrang. https://jurnallasinrang.org/index.php/ls/article/view/10%0Ahttps://jurnallasinrang.org/index.php/ls/article/download/10/9
Safitri, A., & Suharno, S. (2020). Budaya Siri’ Na Pacce dan Sipakatau dalam Interaksi Sosial Masyarakat Sulawesi Selatan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1), 102. https://doi.org/10.25077/jantro.v22.n1.p102-111.2020
Saleh, A. M., Wekke, I. S., Riswandi, A., & Aryanti, A. (2023). Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Pendidikan Sulawesi Selatan: Gagasan dan Temuan Awal. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 167–172. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v6i2.2116
Subri. (2016). Kajian Rekonstruksi “Budaya Siri” Bugis Ditinjau Dari Pendidikan Islam. Jurnal Studi Pendidikan, 14(2), 156–177.
Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syahbuddin, & Sarnandes, F. (2021). Peran Pesantren Dalam Kaderisasi Dakwah. Jurnal Dakwah Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 141–160.
Syamsunardi, S. (2022). Internalisasi Budaya Siri’ Na Pacce dalam Membangun Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi. LaGeografia, 20(2), 260. https://doi.org/10.35580/lageografia.v20i2.30916
Tahir, A. (2019). Integrasi Falsafah Siri’ na Pacce dan Etika Bisnis Islam dalam membangun Bisnis Berbasis Kearifan Lokal. Tesis, 1–148.
Ultsani, F. G., Prastika, R. A., Herlin, H., & Mamonto, M. A. W. . (2019). Menggali Nilai Siri’ Na Pacce sebagai Tinjauan Sosiologis Pembentukan Perda Anti Korupsi. Pleno Jure, 8(2), 37–46. https://doi.org/10.37541/plenojure.v8i2.133
Wahyu, A. R. M., Anwar, W. A., Alamsyah, Syarifuddin, Muslimin, S., & Nuringsih. (2023). Zakat Empowerment Model in Islamic Boarding School. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 74–85. https://doi.org/10.35905/balanca.v5i2.5112
Yunus, Alfurqan, A. T. (2021). Sipakatau Sipakalebbi Sipakaingge Sebagai Nilai Dasar Pendidikan Karakter. Ta’limat, Budaya, Agama Dan Humaniora, 21(4). https://doi.org/10.1007/s11841-013-0403-z
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Zulkarnaen, M. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Era Milenial. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.35905/almaarief.v4i1.2518
Copyright (c) 2024 Hisbul, Anggi Fitria Ningsih, Nurhalisa RN, Mujahidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.