ANALISIS STRATEGI PENGELOLAN PRODUK TABUNGAN HAJI MUDA INDONESIA (STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA CIREBON)

  • Ayif Fathurrahman Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Hilda Rizqitawati Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta
Keywords: Islamic Bank, Savings, Indonesian Young Hajj, strategy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan Produk tabungan haji muda Indoensia Bank syariah Indonesia. Objek penelitian ini adalah KC BSI Cirebon yang memiliki produk unggulan, yaitu produk tabungan haji muda Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu menjelaskan data-data hasil lapangan, interpretasi data yang terkumpul untuk didapatkan kesimpulan daripada data. Adapun hasil penelitian ini dapat dsimpullkan bahwa Bank Syariah Indoensia KC Cirebon telah melakukan banyak strategi untuk membangun pasar milenial untuk produk tabungan Haji Muda Indonesia. Diantara strategi yang dijalankan antara lain, strategi positioning, strategi repositioning produk, strategi overlap produk, strategi lingkup produk, strategi desain produk, strategi produk baru, dan value marketing strategy. Strategi ini telah memudahkan bagi calon nasabah untuk dapat melihat serta memilih produk apa yang akan mereka gunakan. Hal ini merupakan langkah yang efektif, dimana dengan adanya strategi ini, BSI KC Cirebon dapat meningkatkan jumlah nasabah yang menabung di BSI KC Cirebon, terutama pada produk tabungan Haji Muda Indonesia.

 

References

Ahmad, K., Mohammed, M. O., & Razak, D. A. (2012). Case of Pilgrimage Funds Management Board (Lembaga Urusan Tabung Haji). IIUM Journal of Case Studies in Management, 3(2), 17–31.

https://journals.iium.edu.my/ijcsm/index.php/jcsm/issue/view/2/2

Al Arif, M. N. R. (2012). Lembaga Keuangan Syariah: Suatu Kajian Teoretis Praktis (1st ed.). CV Pustaka Setia.

Alfiyanti, U., Firdaus, A., & Fatah, D. A. (2019). Hajj Financial Management in the Maqāṣid Sharī’ah Perspective. Al-Ahkam, 29(2), 203–232.

http://dx.doi.org/10.21580/ahkam.2019.29.2.

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Anshori, A. G. (2018). Perbankan Syariah di Indonesia. Gadjah Mada University Press.

Azizah, H., & Makhrus. (2018). Pengelolaan Tabungan Haji di BRI Syariah Cabang Pembantu Purbalingga. Hukum Ekonomi Syariah.

Azizah, N., Purnomo, J. H., & Hidayati, N. N. (2020). Evektivitas Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif di BRI Syariah Cabang Pembantu Bojonegoro. Jurnal Studi Islam, 16.

Baig, U. (2016). Hajj Management in Pakistan in the Light of Experience of Tabung Haji of Malaysia. International Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 2(2), 13–39. https://doi.org/10.12816/0036622

Daulay, A. N. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Produk Tabungan Haji Perbankan Syariah Di Indonesia. Human Falah: Volume 4. No. 1 Januari – Juni 2017, 4, 106–136.

Dhiljam Nuhqila, E. P. (2020). Pengelolaan Tabungan Haji Perspektif Hukum Perjanjian Syariah. Jurnal Hukum Islam, 18(1), 85–101.

Fathurrhaman, A., & Suhada, A.Z., (2023), Determinan Yang Mempengaruhi Minat Menabung Milenial Di Bank Syariah, Ad-Dzahab, Jurnal Ekonomi & Bisnis Islam, 8 (2), https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v8i2.2266

Fitri, R., & Murtani, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran dan Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Mabrur Pada PT. Bank Syariah Mandiri KC Setia Budi Medan. Jurnal FEB, 1(1), 91–102.

Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan (1st ed.). Prenada Media Group.

Karim, A. A. (2016). Analisis Fiqih dan Keuangan (5th ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Mauludianah, Moh. Mukhsinin Syu’aibi, & Sukamto. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Tabungan Mabrur Di Bank Syariah Mandiri KC Pandaan Pasuruan. Malia (Terakreditasi), 10(2), 237–254. https://doi.org/10.35891/ml.v10i2.1450

Muhammad. (2016). Manajemen Keuangan Syariah Analisis Fiqih & Keuangan (1st ed.). UPP STIM YKPN.

Rahman, N. H. A., Sofian, F. N. R. M., Asuhaimi, F. A., & Shahari, F. (2020). a Conceptual Model of Depositors’ Trust and Loyalty on Hajj Institution - Case of Lembaga Tabung Haji Malaysia. International Review of Management and Marketing, 10(1), 99–106. https://doi.org/10.32479/irmm.8315

Senjati, H. I. (2017). Model Dana Haji di Bank Syariah. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. 3, 2 (Jul. 2017), 23 - 32.

Soemitra, A. (2015). Bank & Lembaga Keungan Syariah (D. Sofyan (ed.); 2nd ed.). Kencana.

Sudarsono, H. (2018). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah; deskripsi dan ilustrasi. Ekonisia FE UII.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Suhri, M. (2021). Strategi Pemasaran Tabungan Haji Terhadap Minat Masyarakat Di Bank Syariah Mandiri Sumbawa Besar. Al-Bayan: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 1(1). Retrieved From Https://Stainwsamawa.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Al-Bayan/Article/View/14

Tajudin, M. H., & Mulazid, A. S. (2017). Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri Kcp. Sawangan Kota Depok. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 19–46. https://doi.org/10.32678/ijei.v8i1.64

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). CV Andi Offset.

Published
2024-11-30