ANALISIS PATRON CLIENT RELATIONSHIP BPRS LANTABUR TEBUIRENG LAMONGAN DAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN

  • Siti Masrukah Universitas Trunojoyo Madura
  • Taufiqur Rahman Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: BPRS, Lembaga Pendidikan, Pengelolaan Keuangan, Patron And Client

Abstract

Kerjasama patron client merupakan hubungan kerjasama berdasarkan timbal balik antara dua orang atas dasar saling menguntungkan. Hubungan terjalin pada sisi kemitraan antara bank dengan lembaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola hubungan kerjasama yang terjalin antara BPRS Lantabur Tebuireng Lamongan dengan Lembaga Pendidikan dalam pengelolaan keuangan lembaga yang dikaitkan dengan teori patron client relationship yang dicetuskan oleh James C. Scott. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan field research. Sumber data penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan data wawancara dengan staff funding officer di BPRS Lantabur dan staff bendahara di MI Pembangunan. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif Miles dan Huberman yaitu data reductions, data display, dan conclution. Hasil penelitian adalah pihak patron yaitu BPRS Lantabur Tebuireng Lamongan sebagai penyedia aplikasi pengelolaan keuangan HEA dan H5 dan Lembaga Pendidikan sebagai client pengelola bank mini yang melakukan transaksi tabungan pembayaran kemudian disetorkan pada pihak patron. Lembaga Pendidikan mendapatkan pengelolaan keuangan transparan dan sistematis dengan adanya laporan akuntansi disetiap periodenya serta terdapat bagi hasil atas kerjasama tersebut. BPRS Lantabur Tebuireng Lamongan akan mendapatkan tambahan dana pihak ketiga melalui saving money lembaga untuk keberlangsungan operasional bank.

References

Aida, K. N., Agustang, A., Arlin, A., & Agustang, A. D. M. (2020). The patron-client relationship patterns in Siwa Lima fishermen community, Aru Islands district Maluku, Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 74–77.

Akhirudin, K. (2015). Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara. Jurnal Tarbiya, 1(25), 195–219.

Alfiani, R. N., & Nasrulloh, N. (2022). Manajemen Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, Dan Shodaqoh Terhadap Program Pemberdayaan Umkm Pada Lazismu Bojonegoro Management of Zakat, Infaq, and Shodaqoh Funds on Msme Empowerment Program in Lazismu Bojonegoro. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 312–320.

Amal, N. I., & Toha, M. (2023). Penerapan Layanan Payroll Berakad Wakalah. 2(2), 178–183.

Andriani, A. (2016). Munculnya Lembaga Pendidikan Islam. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 285–298.

Azis, M. S., Hakim, L., & Walim. (2020). Perancangan Aplikasi Berbasis Desktop Dengan Microsoft Visual Basic (Studi Kasus: Aplikasi Absensi Anak Magang 1.0). Jurnal Responsif : Riset Sains Dan Informatika, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.51977/jti.v2i1.170

Bafadhol, I. (2017). 8888. 06(11). https://et.dovemedicalclinic.com/pri-ostrom-cistite.html

Budi Gautama Siregar. (2021). Dana Pihak Ketiga Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 5(2), 111–121. https://doi.org/10.33059/jensi.v5i2.3995

Dewi, R., Riyanton, R., & Bukhori, I. (2020). Bank Mini Sekolah Dalam Tatanan Manajemen Lembaga Pendidikan. Tadbir Muwahhid, 4(2), 99. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.2779

Ekonomi, J., Bisnis, D., Halimah, S., & Rahman, T. (2023). ADZ DZAHAB Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Adz Dzahab Analisis Manajemen Bisnis Islam Pada Kopontren Dalam Pengembangan Ekonomi Pesantren Di Miftahul Ulum Pamekasan. 8(1), 2023. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/adz-dzahab

Etty, A. (2017). Pengelolaan Keuangan Lembaga Pendidikan/Sekolah. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 2.

Faizah, F. N. (2018). Hubungan Patron Klien Blandong DenganMandor Hutan. Dialektika Masyarakat: Jurnal Sosiologi, 2(2), 49–58.

Hardiyani, G., Kurnia, T., & Hasbi, S. (2018). Preferensi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Memilih Payroll Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 4(2), 141. https://doi.org/10.20473/jebis.v4i2.10693

Ibu Vera Ayu. (2024). wawancara.

Ibu Zufi. (2024). wawancara.

Ilmiah, J. (2015). Pola permodalan pada industri kecil (studi hubungan patron client industri kecil ledre pisang, di desa gapluk, kecamatan purwosari, bojonegoro).

KUSTINA, K. T., & DEWI, N. L. P. S. A. (2019). Analisis Kemitraan Bank Dan Koperasi Dalam Bentuk Layanan Branchless Banking Untuk Meningkatkan Pendapatan Koperasi. Accounting Profession Journal, 1(1). https://doi.org/10.35593/apaji.v1i1.12

NIM, T. (2017). POLA HUBUNGAN PATRON KLIEN ANTARA PEMILIK MODAL DAN PARA PENAMBANG EMAS RAKYAT Studi pada Desa Nanga Boyan Kecamatan Boyan Tanjung …. SOCIOLOGIQUE, Jurnal Sosiologi, 5. http://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/article/view/1484

Nurhasanah, Miranti, W., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Keuangan Lembaga Kelompok Bermain Kb Amalia. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 58–67.

Oktarina, A., & Asnaini, A. (2020). Potensi Kontribusi Institusi Pendidikan Islam Terhadap Perkembangan Bank Syari’ah di Indonesia. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 51. https://doi.org/10.29300/aij.v6i1.2834

Qadariyah, L., & Permata, A. R. E. (2017). Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Perekonomian Di Indonesia : Studi Teoritik Dan Empirik. Dinar: Ekonomi Dan Keuangan Islam, 4(1), 10.

Rokmah, F., & Pambudi, H. (2015). Hubungan patron klien antara pemilik dan penarik perahu tambang di Daerah Pagesangan-Surabaya. Paradigma, 3(2), 1–5.

Saadah, N. (2023). p-ISSN 2615-4293 e-ISSN 2723-7567. 6(1), 16–32.

Setiawan, E. (2016). Pola Relasi Patron Klien Di Pesantren Darul Fikri Malang. Universum, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.220

Sjech, U. I. N., Djambek, M. D., Zakir, S., Kampus, A., Gurun, J., Putiah, K., Aur, K., Tigo, B., & Bukittinggi, B. (2024). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN YAYASAN DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN. 1(3), 116–123.

Sofyan, S. (2016). PERKEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA Syaakir Sofyan*. Bilancia, 10, 91–112.

Sunarto, M. Z., Aulia, W., & Nabila, N. (2021). Bank Mini Syariah di Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo (Peluang & Harapan). Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(2), 19–38. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v9i2.231

Tajerin, T. (2004). Pola hubungan patron-client pada masyarakat nelayan “Pukat Cincin Mini” di Bandar Lampung. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 6(2), 87–104. https://jmb.lipi.go.id/jmb/article/view/206%0Ahttps://jmb.lipi.go.id/jmb/article/download/206/186

Tebuireng, bprs lantabur. (2024). WEBSITE BPRS LANTABUR TEBUIRENG.

Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22

Published
2024-11-30