KARAKTERISTIK MANAJEMEN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KEDAI PEMPEK BAROKAH CIPADUNG KOTA BANDUNG

  • Junianto Universitas Padjadjaran
  • Sinta Firanida Universitas Padjadjaran
  • Fritsan Rizki Jefferson Sihombing Universitas Padjadjaran
  • Firly Ryan Nouvaly Universitas Padjadjaran
  • Fajar Amali Kurniawan Universitas Padjadjaran
Keywords: Metode Hayami, Nilai Tambah, Pemasaran, Pempek, Segmentasi pasar

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pempek Barokah adalah salah satu produsen yang memproduksi pempek ikan tenggiri yang berlokasi di Kota Bandung. Produk pempek UMKM Barokah ini sudah dikenal oleh masyarakat kota Bandung.  Tujuan penelitian ini adalah menganalaisis nilai tambah dan manajemen pemasaran produk pempek yang dilakukan oleh UMKM Kedai Pempek Barokah. Metode penelitian yang digunakan adalah survei.  Data diperoleh dengan melakukan wawancara ke pihak terkait.  Analisis nilai tambah dilakukan dengan metode Hayami.  Analisis manajemen pemasaran dilakukan secara diskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengolahan pempek ikan tenggiri Kedai Pempek Barokah dapat memberikan nilai tambah  sebesar Rp. 85.347/kg dengan rasio nilai tambah 54.43%.  Karakteristik pemasaran produk pempek UMKM Barakoh yang meliputi segmentasi pasar, stategi dalam menghadap pesaing, penetapan harga, promosi, distribusi dan penetapan produksi adalah sebagai berikut :  Segmentasi pasarnya adalah mahasiswa, dosen dan masyarakat sekitar Cipadung, Kota Bandung.  Strategi dalam menghadapi pesaiang yaitu menjaga konsistensi produk terutama rasa.  Penetapan harga menggunakan kombinasi Cost-Plus pricing dan Penetration pricing.  Promosi dilakukan melalui media brosur dan media sosial, dengan fokus utama pada platform Instagram. Distribusi dilakukan secara langsung dari produsen ke konsumen.  Penetapan produksinya berdasarkan metode peramalan yang didasarkan atas data penjualan sebelumnya.

References

A. Wahyuni, Permata, S., Ridwan, H., Salfianur, & Zaenal. (2024). Implementasi Etika Bisnis Islam Terhadap Pelaku UMKM Dalam Promosi Melalui Digital Marketing di Sinjai. Adz Dzahab : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 9(1), 113-122.

Adiyanta, F.C.S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law & Governance Journal. 2(4), 697-709.

Ahmad, F. (2020). Penentuan Metode Peramalan pada Produksi Part New Granada Bowl ST di PT.X. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 7(1), 31-39. doi:https://dx.doi.org/10.24853/jisi.7.1.

Aponno, C., & Siahaya, S.L. (2023). Analisis Nilai Tambah Produk Keripik Salak Menggunakan Metode Hayami. Jurnal Akuntasi dan Keuangan, 2(3), 206-212.

Farilanda , Yusuf, S., & Riani, I. (2018). Analisis Nilai Tambah dan Keuntungan Usaha Bakso Ikan Tuna di Kecamatan Kendari Barat (Studi Kasus Kelompok Usaha Cahaya Nur). Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 3(3), 184-195.

Fijra, R., & Navero, M. (2023). Peramalan Produksi CPO (Crude Palm Oil) Pada PT. XYZ. Jumantara, 2(1), 81-91.

Firmansyah, M.A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish Publisher.

Hidajat, R., & Aulia, N. (2023). Analisis Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan RM. Wiring Tasi Perspektif Ekonomi Islam. Adz Dzahab : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 8(2), 256-268.

Kuncoro, A.W., Amalia, U., & Sumardianto, S. (2019). Profil Asam Lemak Petis Ikan Bandeng (Chanos chanos Forsk) Dengan Suhu Pemasakan Yang Berbeda. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan, 1(1), 1-6.

Lantang, T., Soegoto, A. S., & Mandagie, Y. (2018). Analisis Penentuan Strategi Bersaing pada Usaha Pengolahan Ikan PT. Deho Canning Company Bitung. Jurnal EMBA, 6(4), 3098-31071. doi:https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21230.

Limi, M.A., Zani, M., Abdullah, S., La Nalefo, & Rianse, M.I.K. (2024). Analisis Nilai Tambah Pengolahan Bakso Ayam pada Usaha Rumah Tangga di Kecamatan Poasia Kota Kendari dengan Pendekatan Metode Hayami. Jurnal Agri Sains, 8(1), 119-126.

Meidia, S. (2024). Analisis Kandungan Gizi dan Daya Terima Nugget Ikan Tenggiri (Scomberomurus Commerson) dengan Substitusi Tepung Jagung (Zea Mays L). Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 4(2). 225-232.

Muchsiri, M., Alhanannasir., Verayani, A., & Kusuma, I. A. J. (2020). Pelatihan Pembuatan Cuko Pempek Palembang dengan Bahan Asam dari Jeruk Kunci. Suluh Abadi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-6. doi:https://doi.org/10.32502/sa.v2i1.2702.

Nainggolan, H.L., Tampubolon, J., & Ginting, A. (2019). Pengembangan Sektor Perikanan Menuju Hilirisasi Industri Untuk Mendukung Pembangunan konomi Wilayah Kabupaten Serdang Bedagai Propinsi Sumatera Utara. Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology, 15(2), 139-148.

Purnama, D., Muchlis, S., & Wawo, A. (2019). Harga Pokok Produksi dalam Menentukan Harga Jual Melalui Metode Cost Plus Pricing dengan Pendekatan Full Costing. (Studi pada PT. Prima Istiqamah Sejahtera di Makassar). Diakses dari https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/jrak/article/download/1647/1422.

Purnamasari, V. (2023). Analisis Nilai Tambah dan Kelayakan Pengolahan Ikan Kakap Menjadi Pempek Di Oku Timur (Studi Kasus Pengolahan Ikan Kakap Menjadi Pempek Di Desa Trikarya). Jurnal Bakti Agribisnis, 9(1), 33-38.

Rahayu, W.E., & Destiana, I.D. (2022). Perbandingan Hasil Sensori dan Kandungan Gizi Abon Ikan Tenggiri (Scomberomorus commerson) dengan Abon Ikan Selar Kuning (Selaroides leptolepis). Edufortech,7(2), 118-123. http://ejournal.upi.edu/index.php/edufortech.

Riyanti, B & Aini, N.A.N. (2022). Strategi Keberlangsungan Usaha UMKM Kampung Singkong pada Masa Pandemi Covid-19. Among Makarti, 15(2), 182-199.

Rizqi, M.A.F., Wahyudi, E., & Khristianto, W. (2023). Analisis Strategi Bersaing Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada Madju Toys. Jurnal Strategi Bisnis, 11(2), 161-168.

Sari, S. F. (2019). Pengaruh Perbedaan Metode Pencairan (Thawing) Terhadap Kualitas Daging Abalon (Haliotis asinina) Beku. SAINTEK Perikanan:Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology, 14(2), 106. https://doi.org/10.14710/ijfst.14.2.1 06-109.

Statistik.kkp.go.id. (2019). Jumlah Unit Pengolahan Ikan: Kementerian Kelautan dan Perikanan. Retrieved 25 Maret 2024. from https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=upi&i=108#panel-footer.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220 – 1230.

Yatminiwati, M. (2019). Manajemen Strategi. Widyagama Press.

Zedha, M., Zakiah, Z., & Faradilla, C. (2023). Analisis Nilai Tambah Menggunakan Metode Hayami dan Keuntungan Pengolahan Ikan Tuna Pada PT. Yakin Pasifik Tuna Kita Banda Aceh. Jurnal Agrisep, 24(1), 33-42. doi: https://doi.org/10.17969/agrisep.v24i1.32921.

Published
2024-11-30