Analisis Strategi Membangun Loayalitas Pelanggan RM. Wiring Tasi Perspektif Ekonomi Islam
Abstract
Salah satu faktor utama dalam mempertahankan persaingan dalam dunia usaha yaitu dengan meningkatkan loyalitas pelanggan karena hal tersebut merupakan bagian penting dalam mempertahankan persaingan yang berkelanjutan, jangka panjang, pembelian ulang dan hubungan pelanggan. RM. Wiring Tasi merupakan salah satu usaha rumah makan yang berdiri sejak tahun 2018. Persaingan usaha kuliner, khususnya di bidang rumah makan ini semakin ketat sehingga diharapkan dapat mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stratregi RM. Wiring Tasi dalam membangun loyalitas pelanggan dan penerapannya dalam membangun loyalitas pelanggan dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan field research (penelitan lapangan) yang menggunakan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah SWOT (Strenghs, weaknesses, opportunities). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi membangun loyalitas pelanggan di RM.Wiring Tasi dilakukan dengan meningkatkan kualitas produk dan beragam, serta menjaga kualitas rasa, pemilihan bahan baku yang berkualitas, dengan menawarkan harga yang terjangkau untuk semua kalangan, menyediakan tempat yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap dan pelayanan yang baik dengan menyambut pelanggan dengan ramah. RM.Wiring Tasi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan menurut perspektif ekonomi Islam yaitu jujur dalam berbisnis, dengan pemilihan bahan hingga pengolahan makanan baik & halal, dan juga penetapan harga, menyediakan fasilitas umum yang dapat digunakan setiap saat oleh para pelanggan dan profesionalisme dalam melayani pelanggan.
References
Abdullah, K. Tahapan dan Langkah-Langkah Penelitian. Cet. I; Watampone: Lukman Hakim Press, 2013
Alimin dan Muhammad. Etika & Perindungangn Konsumen Dalam Ekonomi Islam. Cet. I; Yogyakrta: BPFE-Yogyakarta,2004.
Alimudin, Arasy dan Yoga. Habib. Starategi Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada
Usaha Kecil Produk Makanan Ringan di Surabaya. Jurnal penelitian Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan.
Ariesto, Sutopo. Hadi dan Arief Adrianus. Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan NVivo. Cet. I; Jakarta: Kencana, 2010.
Arikonto, Suharamis. Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cet.XII; Jakarta: Rineka Cipta,2002.
Asri, Marwan. Marketing, Yogyakarta : UPP-AMP YKPN,1999.
Birusman, Nuryadin H. Muhammad. Harga dalam Prespektif Islam. Jurnal penelitian harga dalam islam Vol.IV, No. 1, Juni 2007.
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi: Format-Format Kualitatif dan Kuantitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Cet.I: Jakarta; Kencana Prenada Media Group, 2013.
Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Cet. VI, Jakarta: Kencana, 2013
Danang, Sunyoto. Study Kelayakan Bisnis, Cet. I, Yogyakarta: CAPS, 2014
Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Cet. 4; Jakarta:Rajawali Pers, 2014.
Firdaus, Muhammad. Dasar dan Startegi Pemasaran Syariah, Jakarta : Ranaisan. 2005
Hamali, Arif yusuf. Pemahamam Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, Ed.1 Cet. Jakarta: Prenamedia Grop. 2016
Hartatih, Ratih. Pengaruh Kepuasan dan Kualitas Pelayanan Karyawan 212 Mart Terhadap Loyalitas konsumen. Jurnal penelitian ekonomi syariah Vol. 01 No. 2 2019.
Hartono, Fasochah. Strategi Kepuasan Pelanggan dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, No. 36 April 2014.
HC R. Heru Kristanto. Kewirausahaan Entrepreneurship Pendekatan Manajemen dan Praktik. Cet. I;Yogyakarta, 2009.
Heriani Ningrum, Sri dan Riski Pratama Putra. Penguruh Kualitas Pelayanan Islam Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Bri Syariah Surbaya. Jurnal penelitian , Vol.1 No. 9 2014
Jusnaliani, Bisnis Berbasis Syariah. Jakarta : Bumi Aksara, 2008 Kotler. Manajemen Pemasaran, Ed.11 jilid 2 Jakarta : Gramedia , 2005
Kotler, Manajemen Pemasaran, Ed. II, Jilid 2, Jakarta: Gramedia, 2005
Laksana, Fajar. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis, Cet. I, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008
Mashuri, “Analisis Dimensi Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Prespektif Islam.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, Vol.9, No.1, Juni 2020.
Moloeng, Lexy L. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Perda Karya, 2001
Muhammad. Ekonomi Mikro Dalam Perspektif Islam. Cet. I, Yogyakarta: 2004.
Muhammad. Metode Penelitian Ekonomi Islam: Pendekatan Kualitatif, Cet. I: Jakarta:Rajawali Pers,2008.
Nasuka, Moh. Peningkatan Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan dengan Layanan Inti (Pendekatan Konsep Islamic Marketing) . Jurnal Penelitian syariah dan Hukum dictum Vol.15 No.2 Desember 2017.
Noor, Juliansyah. Metode Penelitian. Jakarta: Kencana, 2011.
Noor, Juliansyah. Metodologi Penenelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Cet. V, Jakarta: Kencana, 2015.
Putra M. Afianda. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada CV. Waty Grafika Medan, Integritas. Vol.1, No.3, Oktober 2015.
Sastriawan, Miki. Analisis Strategi Pemasaran Rumah Makan Bunda dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Prespektif Pemasaran Syariah. Skripsi Program Sarjana Strata satu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 2019
Sonatasia, Destri. Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Skripsi Program Sarjana Starata satu Prodi manajamen Universitas Muhammadiyah Bengkulu,2019.
Sudaryono, Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi, Ed.1 Cet.I; Yogyakarta: CV. Andi Offst, 2016.
Suharyadi dkk. Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Dini. Jakarta: Salemba Empat, 2008.
Sundari, Dewi Putu, Aprelia dan Sri Suprapti Ni wayan. Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan yang Dipengaruhi oleh Kualitas Produk Persepsi Harga dan Citra Merek. Jurnal Penelitian Manajemen, Startegi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 12, No. 2 Agustus 2018
Sunyoto, Danang, Studi Kelayakan Bisnis, Cet. I Yogyakarta: CAPS, 2014
Supardi. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Cet. I; Yogyakarta: UII Press, 2005
Teguh Muhammad. Metodologi Penelitian Ekonomi : Teori dan Aplikasi. Cet. III, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005
Teguh, Muhammad. Metode Penelitian Ekonomi Teori dan Aplikasi, Ed. 1.Cet.III, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005
Thamrin, Abdullah dan Francis, Tantri. Manajemen Pemasaran, Ed.1, Cet.7, Depok: PT Raja Grafido, 2018