Determinan Yang Mempengaruhi Minat Menabung Milenial Di Bank Syariah

  • Ayif fathurrahman Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Alif Zailani Suhada Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta
Keywords: Bank syariah, religiusitas, pengetahuan ekonomi islam, promosi, dan layanan digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam menabung pada bank syariah di Kota Yogyakarta. Faktor-faktor tersebut adalah religiusitas, pengetahuan ekonomi islam, promosi, dan layanan digital. Penelitian ini menggunakan data primer dengan memberikan kuisioner pada mahasiswa di Yogyakarta sebanyak 100 responden. Dengan menggunakan subjek pada 5 kampus di Yogyakarta yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga untuk mengetahui minat dalam menabung menggunakan bank syariah. Metode yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan IBM SPSS 26 sebagai alat pengolah datanya. Berdasarkan analisis dan uji yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa variabel pengetahuan ekonomi islam dan promosi berpengaruh signifikan positif terhadap minat mahasiswa menabung. Namun, variabel religiusitas dan layanan digital tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat menabung mahasiswa Kota Yogyakarta pada bank syariah.

References

Agneza, S., Jalaludin, J. A & Rinawati, R. (2022) ‘Praktek Tabungan Easy Wadiah Bank Syariah Indonesia dalam Perspektif Fatwa No. 02/DSN-MUI/IV/2000’, JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 2(1), pp. 68–82. doi: 10.37726/jammiah. v2i1.292.

Azis, A. (2012) ‘Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Bone’, Tesis, pp. 1–158.

Basuki, A.T. & Prawoto, N., (2016.) Analisis Regresi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dayyan, M. & Fahriansah, J. (2017) ‘Analisis Minat Masyarakat Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus di Gampong Pondok Kemuning)’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 1(1), pp. 1–19.

Fathurrahman, A, & Azizah, U (2018), 'Analisis faktor-faktor preferensi mahasiswa terhadap perbankan syariah', Jurnal Ihtifaz, Vol.1, No 1 & 2, Juni-Desember 2018.

Fida, B. A. et al. (2020) ‘Impact of Service Quality on Customer Loyalty & Customer Satisfaction in Islamic Banks in the Sultanate of Oman’, SAGE Open, 10(2). doi: 10.1177/2158244020919517.

Hasan, Z. & Nita Putri, M. R. (2022) ‘Indonesian Sharia Banking in Facing the Industrial Revolution 4.0’, UMRAN - International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 9(1), pp. 37–47. doi: 10.11113/umran2022.9n1.546.

Hasan, H.A, Pagalung. G., Kara M., (2022). Determinan Rate Of Return Pada Perbankan Syariah. Jurnal Adz Zahab, Vol 7 No 2

Hasibuan, F. U. & Wahyuni, R. (2020) ‘Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa)’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), pp. 22–33. doi: 10.29040/jiei.v6i1.790.

Inayah, AU 2021, 'Faktor Pelayanan, Promosi Dan Reputasi Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Pada Bri Syariah Kantor Cabang Pembantu Magelang, Al-Bayan: Jurnal Hukum Dan Ekonomi, stainwsamawa.ac.id.

Kosnia, T.E dan Canggih C. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Re Ligiusitas, Motivasi Serta Persepsi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Bank Syariah (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Islam Jawa Timur), Jurnal Adz Zahab, Vol 7 No 2

Padmaninggar, A. (2016) ‘Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Jumlah Uang Saku Terhadap Minat Menabung Di Bank Umum Syariah (Studi Pada Mahasiswa S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2), pp. 1–134.

Rahmayanti, A. (2018) ‘Relevansi Promosi terhadap Minat Nasabah dalam Melakukan Transaksi di Bank Syariah Mandiri KC Kepanjen’, Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), pp. 72–85.

Ramadhani, N. Ik., Susyanti, J. & ABS, M. K. (2019) ‘Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Kota Malang’, e-Jurnal Riset Manajemen, Available at: www.fe.unisma.ac.idemail:e.jrm.feunisma@gmail.com.

Saad, A. Y. Q. & Alshehri, A. M. A. (2021) ‘Measurements of service quality of Islamic banking in Malaysia: A non-malaysian customers’ perspective’, The Journal of Asian Finance …, 8(5), pp. 413–420. doi: 10.13106/jafeb.2021.vol8.no5.0413.

Triyanti, D., Kaban, R. F. & Iqbal, M. (2021) ‘Peran Layanan Mobile Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah’, Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), p. 51. doi: 10.24853/jmmb.2.1.51- 62.

Ulfa, A. (2021) ‘Dampak Penggabungan Tiga Bank Syariah di Indonesia’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), pp. 1101–1106. doi: 10.29040/jiei.v7i2.2680.

Yulianto, D., (2020). Hubungan antara Religiusitas dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja Madya yang Tinggal di Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Uin Sultan Syarif Kasim Riau).

Zouari, G. & Abdelhedi, M. (2021) ‘Customer satisfaction in the digital era: evidence from Islamic banking’, Journal of Innovation and Entrepreneurship, 10(1). doi: 10.1186/s13731-021-00151-x

Published
2023-11-02