Pengaruh Pengetahuan, Religiusias Dan Akses Media Informasi Terhadap Minat Masyarakat Berwakaf Pada Cash Waqf Linked Sukuk
Abstract
Melihat pada era modern saat ini, praktik perwakafan mengalami perkembangan yang signifikan berkat adanya inovasi terbaru, yaitu wakaf uang salah satunya Cash Waqf linked Sukuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai dampak pengetahuan, religiusitas, dan akses terhadap media informasi terhadap kemauan masyarakat untuk berwakaf melalui Cash Waqf Linked Sukuk. Penelitian ini bersifat kuantitatif, di mana data dikumpulkan melalui penggunaan data primer yang diperoleh langsung dari lapanganlalu dikelola menggunakan (SPSS) versi 21 for windows, dimana dalam penelitian data awal menggunakan data sekunder. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus heir dengan melihat jumlah indikator dari variabel independen dan variabel dependen. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hipotesis pertama diterima, dimana pengetahuan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap mina masyarakat berwakaf pada cash waqf linked sukuk. Hipotesis kedua diterima, dimana religiusitas berpengaruh secara postif dan signifikan terhadap mina masyarakat berwakaf pada cash waqf linked sukuk. Hipotesis ketiga tidak diterima, dimana akses media informasi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat masyarakat berwakaf pada cash waqf linked sukuk. Hipotesis keempat diterima, Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan religiusias dan Akses Media Informasi Secara simultan atau secara bersama-sama berpengaruh Tehadap Minat berwakaf Pada Cash Waqf Linked Sukuk.
References
Aliawati Deti. (2020). Pengaruh Pendapatan, Tingkat Pendidikan, Dan Akses Media Informasi Terhadap Minat Masyarakat Muslim Dalam Berwakaf Uang Di Kota Jakarta Timur. 30.
Annisa Maulydia Nasution. (2022). Pengaruh Literasi Dan Religiusitas Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Desa Laut Tadorumtuk Berwakaf Tunai. 38.
Bank Indonesia (2021). Laporan Tahunan Cash Waqf Linked Sukuk 2021. 54. Https://Www.Bi.Go.Id/Id/Edukasi/Pages/Laporan-Tahunan-Cash-Waqf-Linked-Sukuk-2021.Aspx
Cupian, & Najmi, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Persepsi Masyarakat Terhadap Wakaf Uang Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 151–162.
Deby Purwati. (2016). Pengaruh Variasi Rasa Dan Desain Kemasan Mie Instan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Mie). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Burneo Tarakan.
Direktorat Pembiayaan Syariah. (2022). Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Www.Djppr.Kemenkeu.Go.Id
Fajar, A. Fauzan. (2020). Penerbitan Sukuk Sebagai Pembiayaan Infastrktur Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Eonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 1–13.
Faquita, E. (2022). Pengaruh Literasi Dan Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Muslim Dalam Berwakaf Pada Cash Waqf Linked Sukuk. 8.5.2017, 2003–2005.
Fauzy. (2019). Metode Sampling. Universitas Terbuka, 76.
Handayani, R. P., & Kurnia, T. (2015). Analisis Persepsi Masyarakat Kota Bogor Terhadap Wakaf Tunai Bogor People Perception Analysis To The Cash Waqf. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 1(2), 2.
Hida, H. (2020). Pengaruh Literasi Dan Religiusitas Terhadap Intensi Berwakaf Pada Cash Waqf Linked Sukuk (Cwls). Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), Vol 4.
Ilman, M. Z. (N.D.). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Religiusitas, Akses Media Informasi Dan Pengetahuan Wakaf Uang Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Wakaf.
Ilman, M. Z. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Religiusitas, Akses Media Informasi, Dan Pengetahuan Wakaf Uang Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Wakaf Uang (Studi Pada Jamaah Masjid Al-Ghifari, Masjid Muhajirin, Dan Masjid Ramadan Griya Shanta Kota Malang). Jurnal Ilmiah, 5(1), 6.
Ismawati, Y., & Anwar, M. K. (2019). Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Wakaf Uang Terhadap Minat Berwakaf Uang Di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 3.
Kamariah, Sukman, & Nirwana. (2021). Problema Wakaf Di Indonesia. Ats-Tsarwah, 1(1), 1.
Kementrian Keuangan Republik Indonesia (2020). Cash Waqf Linked Sukuk Seri Swr001. Cwls-Final-New_Jan-2021.
Maulana Syarif Hidayatullah, & Mujakir. (2022). Pengaruh Literasi Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Minat Berwakaf Uang (Studi Kasus: Masyarakat Kabupaten Bima). Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam, 15(2), 1.
Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288.
Nisa, D. H. (2021). Analisis Pengaruh Pengetahuan, Pendapatan, Religiusitas, Dan Akses Media Informasi Terhadap Minat Berwakaf Pada Cash Waqf Linked Sukuk (Cwls). 30.
Octaviana Dila, R. Reza. (2021). Hakikat Manusia: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. Jurnal Tawadhu, 5(2), 6.
Oftafiana, T. (N.D.). The Effect Of Religiosity, Perception, Income, And Media Access To Infor-Mation On Public Waqf Intentions In Cash Waqf Linked Sukuk Incity Of Sura-Baya. 3(1), 1–20.
Rachma, A., & Mardiana. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas Dan Akses Media Informasi Terhadap Minat Berwakaf Sukuk Wakaf. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (Ekuitas), 4(1), 2.
Rasela, F. (2022). Pengaruh Literasi Wakaf Terhadap Minat Mahasiswa Berwakaf Pada Forum Wakaf Mahasiswa Indonesia. Jurnal Riset Perbankan Syariah, 69–76.
Rizky, M. F. (2022). Meningkatkan Minat Wakaf Uang Melalui Pengetahuan Dan Religiusitas: Studi Kasus Lembaga Wakaf Unisia. Abhats: Jurnal Islam Ulil Albab, 3(2), 52.
Saptono, I. T. (2019). Peluang Dan Tantangan Wakaf Di Era 4.0. Komite Nasional Keuangan Syariah, Iv(9), 15.
Septiani, A. T., Fauzi, A., Mardi, & Kismayanti Respati, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Terhadap Wakaf Uang Di Kabupaten Bogor: Muslim Society Perspective. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, Dan Akuntansi, 7(4), 120–128.
System Informasi Wakaf (Siwak. (2021). `. Https://Siwak.Kemenag.Go.Id/
Wahidin, A., Effendi, R., & Shaleh, K. (2014). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Religiusitas Mahasiswa Universitas Islam Bandung. Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba (Sosial Dan sHumaniora), 3.