Optimalisasi Pemberdayaan Yatim Dhuafa Melalui Pendayagunaan Zis Program Sanggar Lestari Laz Saku Yatim Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan pengoptimalan dalam memberdayakan yatim dhuafa melalui pendayagunaan dana ZIS pada program Sanggar Lestari di LAZ Saku Yatim Indonesia serta menganalisis faktor pendorong dan penghambat dari pelaksanaan program Sanggar Lestari di LAZ Saku Yatim Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif yang dianalisis menggunakan reduksi data dan berdasarkan triangulasi sebagai uji validitas data serta menggunakan analisis SWOT. Data dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung yaitu bersumber dari hasil wawancara dengan para informan serta melalui observasi langsung di lokasi objek penelitian. data sekunder pada penelitian ini diperoleh secara tidak langsung yaitu bersumber dari pencatatan dan studi kepustakaan, seperti buku, jurnal penulisan, artikel terkait serta dokumen administratif lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan pemberdayaan yatim dhuafa melalui program Sanggar Lestari telah optimal dari segi materi pembelajaran terutama siswa binaan setingkat SD berdasarkan peningkatan kemampuan dan nilai akademik, namun untuk setingkat SMA materi pembelajaran belum optimal. Untuk bantuan beasiswa sekolah telah optimal dari segi kepuasan mustahik yang terbantu dalam pembiayaan sekolah. Terdapat faktor pendorong dan penghambat dari pemberdayaan Sanggar Lestari sehingga dapat memaksimalkan strategi terutama menggunakan strategi SO (Strength Opportunities) untuk pengoptimalan program pemberdayaan secara maksimal.
References
Daftar Pustaka
Buku:
Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. Makassar: CV. Nas Media Pustaka.
Al-Sheikh, D. A. bin M. bin A. bin I. (2004). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 8. Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Hafidhuddin, D. J. A. (2006). Membangun Peradaban Zakat Meniti Jalan Kegemilangan Zakat. Jakarta: Institut Manajemen Zakat.
Kemenag. (2019). Quran Terjemahan
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru (T. R. Rohidi (ed.)). Jakarta: UIP.
Muksin M.K. (2004). Menyayangi Dhuafa. Jakarta: Gema Insani Press.
Rangkuti. (2001). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ryandono, M. N. H. (2008). Ekonomi ZISWAQ (Zakat, Infaq, Shadaqah dan Waqaf). IFDI dan Cenforis.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widiastuti, T., Herianingrum, S., & Zulaikha, S. (2022). Ekonomi dan Manajemen ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf). Surabaya: Airlangga University Press.
Jurnal Online:
Arafat, S., & Fahrullah, A. (2019). Implementasi Pendistribusian Dana Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS) Pada Bidang Pendidikan Untuk Pemberdayaan Pendidikan di BAZNAS Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Islam.
Firmansyah, R. R., & Indrarini, R. (2022). Dampak Program Rumah Gemilang Indonesia Oleh Laz Al-Azhar Jawa Timur Dalam Mengurangi Jumlah Pengangguran Di Kota Surabaya. Sibatik Journal.
Hidayat, M. N., & Wiranata, R. R. S. (2021). Pemberdayaan dan Peningkatan Kesejahteraan Anak Yatim dan Dhuafa di Yogyakarta. Qulubana: Jurnal Manajemen Dakwah.
Irawan, H., & Fitriani, A. (2019). Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sinjai Tinjauan Ekonomi Islam. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 39-49.
Maizunati, N. A. (2018). Optimalisasi Peran Pendidikan Dasar Dalam Mengentaskan Kemiskinan Di Kabupaten Klaten. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan).
Mubarok, M., & Yustafad, M. (2022). Pemberdayaan Anak Yatim Melalui Pengelolaan Dana Zakat; Studi Kasus di Yayasan Yatim Mandiri Cabang Kota Kediri. Legitima : Jurnal Hukum Keluarga Islam.
Munir, A., Zaenab, & Saputra, S. (2022). Efektifitas Pemberdayaan Program Pendidikan pada Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Hidayatullah Kota Makassar. Al-Azhar Journal of Islamic Economics.
Pramestuty, D. K., & Suryaningsih, S. A. (2022). Pendayagunaan Zakat Untuk Pemberdayaan Pendidikan Melalui Program Genpres Pada Laz Nurul Hayat Gresik. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam.
Prawiro, A. B. M. (2013). Pendidikan Berkarakter Islami Bagi Anak Yatim. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam.
Pagalung, G., Kara, M., & Irawan, H. (2022). FILOSOFI DAN MANAJEMEN EKONOMI ZAKAT DAN WAKAF DI INDONESIA. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(2), 210-226.
Ramadhan, A. S., & Huda, M. (2022). Optimalisasi Pendayagunaan Dana Zakat, Infak, dan Sedekah Melalui Program Pendidikan (Studi Pada Laz Baitul Maal Hidayatullah Gerai Samarinda). JESM: Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman.
Zetira, A., & Fatwa, N. (2021). Optimalisasi Penghimpunan Zakat Digital Di Masa Pandemi. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Dokumen dari internet:
Sakuyatim. (2022). Prosentase Penyaluran Dana Donasi Tahun 2021. LAZ Saku Yatim Indonesia. https://sakuyatim.com/
Satu Data Lumajang. (2022). Jumlah Siswa Putus Sekolah SD dan SMP Negeri di Kabupaten Lumajang Tahun 2018. https://data.lumajangkab.go.id/min/lihat_file/aGtu