Konsep Jual Beli Online Dalam Al-Qur’an

  • Hardiyanti Ridwan iaim sinjai
  • Achmad Abubakar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Sadiq Sabri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muh. Arafah
  • Rahmat Ali
Keywords: Jual, Beli, Online

Abstract

Di era digital yang perkembangannya semakin pesat, telah banyak mengubah cara masyarakat dalam melakukan jual beli yang sebelumnya dijalankan secara tatap muka, akan tetapi sekarang ini lebih banyak dilakukan secara online yang menjadi salah satu life style (gaya hidup) manusia dimuka bumi ini. Cara jual beli online dilakukan dengan memanfaatkan situs belanja online (Shopee, Lazada, Tik-Tok) untuk mencari atau melihat gambar atau tampilan produk yang diinginkan. Namun, sering terjadi berbagai macam masalah baru seperti terjadinya penipuan, produk tidak sampai atau tidak sesuai dengan pesanan, sehingga mengakibatkan salah satunya mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep jual beli online dalam Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian ilmu tafsir dan  kepustakaan dengan mengumpulkan referensi dari Al-Qur’an dan terjemahannya, berbagai sumber buku ataupun jurnal. Adapun hasil dari penelitian ini adalah jual beli secara offline dan online memiliki kesamaan rukun dan syarat, serta jual beli online dapat dinyatakan sah ketika rukun dan syarat jual beli telah terpenuhi yang sebgaimana telah dijelaskan dalam surah Al-Baqarah, 2: 275 dan surah An-Nisa, 4:29, dalam melakukan jual beli online tidak terjadi unsur penipuan, saling ridho, barang yang ditawarkan harus jelas.

References

Daftar Pustaka

Al-munir, T., & Setiawahyu, M. D. (2022). Kecurangan dalam Jual Beli Menurut Al-Qur ’ a n Perspektif. Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis Dan Filologi, 1(1).

Ali, Z. M. (n.d.). Online Business Ethics in Islam ملاسلإا يف تنرتنلإا ربع ءارشلا تايقلاخأ أ ا : لةالدا تماكللا ملاسإلا ، تنترنإلا ، ءاشرلاو عيبلا ، قلاخ ل. Stiudarulhikmah. p-issn: 2442-6520 https://ojs.stiudarulhikmah.ac.id/

Fadhilah, N. (2022). Praktik Jual Beli Online Dan Relevansinya Dengan Petunjuk Alquran Di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh.

Fairuz, D. S., Sahri, & Moh.Huzaini. (2022). Etika Bisnis Dan Kesejahteraan Pedagang Pakaian Bekas Di Pasar Tradisional Masbagik Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(2), 173–187. https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v7i2.1273

Kasmawati. (2018). Sumber Daya Manusia Sebagai Sumber Keunggulan Kompetitif. Idaarah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, II(36), 229–242.

Kemenag. (2019). Quran Terjemahan.

Malik, A. (2019). Fiqih Ekonomi Qur’ani An-Nisa 29 (Representasi Qur’an bagi Ekonomi Keumatan) (Vol. 4, Issue 1). Pustaka Pranala Yogyakarta.

Mardani. (2015). Fiqh Ekonomi Syariah. Pramedia Grup.

Mujahidin, A. (n.d.). Praktik Pembayaran Jual Beli dengan Hafalan Al-Qur’an di Kedai Mie Ayam Organik Majalengka dalam tinjauan hukum ekonomi syariah. 1, 1–21.

Napitupulu, R. M. (2015). Pandangan Islam Terhadap Jual Beli Online Rodame Monitorir Napitupulu Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. At-Tijaroh, 1(2), 122–140.

Parni. (2016). Konsep Jual Beli dalam Pandangan Al-Qur’an (Studi Kasus Sawerigading Scooter Club). Skripsi Prodi AL-Qur’an Dan Tafsir IAIN Palopo.

Pratama, D. A. (2018). Transaksi Jual Beli Secara Online Dalam Pandangan Hukum Islam.

Safira, D., & Fatriansyah, alif ilham A. (2020). Bisnis Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam. AL YASINI: Jurnal Hasil Kajian Dan Penelitian Dalam Bidang Keislaman Dan Pendidikan Terakreditasi Kemenristekdikti No.36/E/KPT/2019,ISSN: 2527-6603(e), 2527-3175(p) Vol., 5(1), 57–68. https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2125

Sahrullah, Abubakar, A., & Khalid, R. (2022). Analisis Penerapan Prinsip Akuntansi Berdasarkan Surah Al-Baqarah Ayat 282. SEIKO: Journal of …, 5(c), 325–336. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/2024%0Ahttps://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/download/2024/1331

Shobirin, O. (2015). JUAL BELI DALAM Pandangan Islam. JJurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, Vol.3(2).

Subha, R., Nisrina, D. N., Nurwahida, & Muh.Rifai. (2020). Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Online (Suatu Kajian Uupk, Etika Bisnis Islam Dan Hukum Islam). Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 98–109. https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v5i2.452

Tafsir web. (n.d.). Surat AL-Baqarah Ayat 188 Referensi : https://tafsirweb.com/699-surat-al-baqarah-ayat-188.html.

Tilawati, A. (2020). Jual Beli Online: Perspektif Maqasid Tafsir Jasser Auda. Jurnal Al-Fath, 14(1), 25–52.

Wahbah az-Zuhaili. (2016). Tafsir Munir: Akidah-Syariah-Manhaj Jilid 3. Gema Instani. https://ia904603.us.archive.org/8/items/terjemah-tafsir-al-munir-mktbhazzaen/Terjemah Tafsir Al Munir - 3.pdf

Wahidin, A. (2018). Prinsip Saling Rela Dalam Transaksi Ekonomi Islam (Tafsir Analitis Surat An-Nisa’ [4] Ayat 29). Ad Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(02), 110. https://doi.org/10.30868/ad.v2i02.352

Zainuddin. (2020). Tafsir Al- Qur ’ an tentang Jual Beli. Jurnal Ilmiah Al Mu’Ahirah, 17(2).

Zurohman, A., & Rahayu, E. (2019). Jual beli online dalam perspekktif islam. Iqtishodiyah, 5, 21–32.

Published
2023-05-30