Analisis Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan Subsidi Liquified Peteoleum Gas (LPG) 3 Kilogram Menurut Persfektif Ekonomi Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan akan menganalisis perilaku konsumen dalam penggunaan subsidi LPG 3 kg dari perspektif ekonomi Islam. Dalam pelaksanaannya, masih ditemukan permasalahan pendistribusian yang dilakukan secara terbuka sehingga semua golongan masyarakat masih dapat mengonsumsi subsidi tersebut. Hal ini menyebabkan golongan masyarakat yang seharusnya tidak mendapat subsidi juga ikut menikmatinya, sehingga mendorong ketimpangan dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam penggunaan subsidi LPG 3 kg dipengaruhi oleh faktor sosial, ekonomi, dan budaya. Terdapat dua tipe konsumen, yaitu konsumen yang menggunakan subsidi secara tepat dan konsumen yang menyalahgunakan subsidi yang merupakan konsumen golongan menengah ke atas yang banyak menggunakannya. Dalam perspektif ekonomi Islam, program ini dapat dianggap efektif jika tepat sasaran dan memberikan manfaat yang adil bagi masyarakat yang membutuhkan. Namun, dengan adanya permasalahan pendistribusian yang masih dilakukan secara terbuka, maka program subsidi tersebut belum dapat dikatakan efektif dan tepat sasaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi dan peningkatan dalam mekanisme pendistribusian agar subsidi ini benar-benar tepat sasaran. Selain itu, perlu dilakukan edukasi pada masyarakat tentang pemahaman ekonomi Islam, termasuk konsep keadilan dan kesejahteraan bersama.
References
Daftar Pustaka
Ahmad, M. S. (2017). Pengelolaan Keuangan Pemerintah Berdasarkan Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 4(8), 689-704.
Ali, A., & Raza, S. A. (2019). The Impact Of LPG Subsidy On The Consumption Behavior Of Pakistani Households. Journal of Cleaner Production, 233, 819-828.
Ansar. (2019). ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN PERDAGANGAN USAHA BERAS PADA U.D REZQI ILAHI DI KAB. BONE. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2), 7–20. https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v1i2.336
Asyhari, A., & Astuti, A. D. (2018). Analisis kebijakan subsidi elpiji 3 kg di Indonesia dengan pendekatan perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(2), 177-186.
Bappenas. (2019). Evaluasi Program Subsidi Bahan Bakar Minyak. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.
Chapra, U. (2000). The Future Of Economics: An Islamic Perspective. The Islamic Foundation.
Farhan Junio Andesy, F. (2019). Efektivitas Pemberian Subsidi Gas Lpg 3 Kg Di Kenagarian Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Hadiyati, E., Wulandari, A., & Widodo, T. (2018). Analysis Of Lpg (Liquefied Petroleum Gas) Consumption Pattern In Indonesia. Energy Procedia, 142, 2528-2533. doi: 10.1016/j.egypro.2017.12.389
Hawkins, D. I., Best, R. J., & Coney, K. A. (2018). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy (14th ed.). McGraw-Hill Education.
Husna, A., & Fadlilah, N. (2018). The Influence Of Subsidy Policy On The Use Of Lpg Gas 3 Kg. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(6), 374-379.
Islahi, A. A. (2010). Economic concepts of Ibn Taimiyah. Jeddah: Islamic Economics Research Centre, King Abdulaziz University.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks
Mankiw, N. Gregory. (2014). Principles of Economics. Boston: Cengage Learning.
Mulyana, U., & Kurniawati, E. (2020). The Influence of Islamic Economic Values on Consumer Decision Making Process. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 987(1), 012062.
Nopirin. (2008). Pengantar Ilmu Ekonomi : Makro & Mikro. Yogyakarta, BPFE.
Rahman, A. & Nurfadillah. (2019). IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA USAHA JUAL BELI CABAI (STUDI KASUS PETANI DI KELURAHAN ALEHANUAE KECAMATAN SINJAI UTARA). Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(1), 12–22. https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v2i1.341
Sadono, Sukirno. (2016). Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Siddiqi, M. N. (2002). Islamic Economics: An Introduction. Islamic Economics Research Center, King Abdulaziz University.
Soeharno. (2009). Teori Mikro Ekonomi. Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Uzair, M. (2008). The Islamic Concept Of Economic Life: An Introduction. Leicester: